Categories: Pemasaran

7 Strategi Meningkatkan Penjualan Produk

Mampu meningkatkan penjualan produk dari waktu ke waktu, tak dapat dipungkiri, merupakan salah satu tujuan setiap pengusaha. Tak hanya pengusaha besar saja, mereka yang baru punya cita-cita menjadi pengusahapun juga demikian, apalagi bagi mereka yang saat ini memiliki omzet yang stagnan dan tidak meningkat, hasrat untuk mendongkrak penjualan produk pasti kian menjadi-jadi.

Menjual adalah sesuatu yang sulit bagi banyak orang, untuk itulah dibutuhkan tim pemasar yang tangguh dan juga strategi jitu untuk dapat mengalahkan persaingan usaha yang semakin keras saat ini. Semakin menurunya penjualan produk, bagi pengusaha bisa dibilang mimpi buruk. Untuk itulah berbagai upaya harus dilakukan, termasuk mengoptimalkan strategi-strategi untuk meningkatkan penjualan.

Keberadaan produk merupakan salah satu bagian yang penting dalam bisnis. Produk yang memiliki kualitas terbaik, merupakan modal utama untuk bisa mengoptimalkan program penjualan. Ditambah berbagai strategi yang jitu, maka pasar potensial bisa berada dalam genggaman.

Komunikasi adalah kunci, semakin intens Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen maka peluang untuk menjual lebih banyak produk akan semakin besar. Tak hanya lewat penawaran tatap muka, melalui jagat maya pun juga bisa.

Berikut ini 9 strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk, bisa dilakukan secara online maupun offline :

1. Memberikan sample product

Memberikan Sample menjadi satu cara meningkatkan keyakinan konsumen

Memberi “pengalaman” langsung kepada konsumen akan keberadaan produk, bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Dengan cara ini, konsumen yang ragu akan kualitas produk yang ditawarkan akan hilang seketika saat mereka bisa merasakan dan menikmati produk yang mereka coba. Suka atau tidak suka, respon konsumen akan dapat terlihat.

Memberikan sample produk, memberi waktu mereka untuk mencoba menggunakan produk, terbukti bisa meningkatkan keyakinan mereka dalam memilih produk. Jika mereka puas, tidak menutup kemungkinan mereka akan membeli, bahkan menjadi pelanggan setia produk Anda.

2. Jangan ragu menjelaskan detail fitur unggulan

Meningkatkan keyakinan konsumen dengan menjelaskan secara rinci produk yang ditawarkan

Banyak konsumen yang sebenarnya tidak begitu peduli pada produk-produk baru. Sebagai pemasar, Anda harus bisa menarik perhatian mereka untuk mau mendengarkan penjelasan detil produk yang ditawarkan. Ceritakan apa keunggulan produk yang Anda tawarkan, manfaat yang bisa diperoleh, dan berbagai fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Mampu menjelaskan kelebihan produk yang Anda tawarkan dibanding milik pesaing, merupakan langkah tepat untuk bisa meyakinkan konsumen. Dengan menjelaskan setiap detail produk, mereka akan mengerti kenapa harus membeli produk Anda. Fokuslah pada kelebihan produk Anda, bukan kekurangan produk lain.

3. Beri kejutan dengan memberi hadiah

Memberi hadiah bisa meningkatkan loyalitas pelanggan/pixabay.com

Siapa yang tidak suka mendapatkan hadiah? Bisa dipastikan setiap orang akan sangat senang dengan hadiah yang menarik, sekecil apapun.

Memberikan Gimmick atau hadiah kepada konsumen bisa menjadi satu cara mendekatkan produk kepada meraka, dampaknya mereka bisa loyal dan mampu meningkatkan penjualan produk Anda.

Hadiah bisa berbentuk barang yang masih terkait ataupun tidak terkait dengan produk yang Anda jual. Dengan hadiah, biasanya akan mampu meningkatkan nilai tambah dan menciptakan penawaran yang menarik.

4. Membuat paket produk

Contoh membuat paket untuk penjualan buku

Buatlah beberapa paket produk yang bisa dijual dengan harga yang terjangkau. Paket produk bisa diklasifikasi berdasarkan harga dan jenis paket yang ditawarkan. Pilihlah momentum yang tepat untuk membuat paket ini, misalnya pada saat hari raya, acara ulang tahun, ataupun hari-hari tertentu yang spesial bagi pelanggan.

Membuat paket produk bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen agar mereka bisa melakukan pembelian dalam jumlah besar. Mereka bisa membeli lebih dari satu produk sehingga akan dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

5. Membuat produk Limited Edition

Membuat produk limited edition untuk menarik perhatian konsumen/pixabay.com

Setiap orang menginginkan dirinya berbeda dengan orang lain. Alasan inilah kenapa ada banyak orang yang suka dengan produk-produk yang terbatas atau limited edition. Produk-produk yang tidak umum ini seringkali justru menjadi buronan bagi banyak pelanggan.

Buatlah sesuatu yang limited edition pada produk Anda. Bisa dengan membuat produk terbatas ini dalam jumlah tertentu atau produk yang memiliki value added dalam jumlah tertentu, atau bisa jumlah tertentu mendapatkan harga tertentu.

6. Mengadakan demo produk

Demo produk untuk meyakinkan konsumen/pixabay.com

Demo produk merupakan salah satu cara menarik perhatian konsumen agar mereka tahu berbagai fungsi dari fitur yang ada dalam produk yang Anda jual. Dengan memperagakan kegunaan produk, tentu konsumen akan dapat memahami apa yang telah Anda tampilkan kepada mereka.

Demo produk bisa dilakukan secara mandiri (hanya produk Anda yang ditunjukkan), dan juga bisa membuat perbandingan dengan menggunakan produk lain. Dengan perbandingan ini konsumen akan mampu membedakan dan yakin akan keunggulan produk yang Anda tawarkan.

7. Tunjukkan prestasi

Tunjukkan prestasi yang pernah dicapai untuk meningkatkan keyakinan konsumen

Prestasi merupakan salah satu bentuk “investasi” paling berharga bagi perusahaan. Jika perusahaan ataupun produk Anda pernah memenangkan kompetisi ataupun mendapatkan penghargaan tertentu, jangan ragu untuk mununjukkan hal itu pada konsumen.

Menampilkan bukti prestasi melalui foto, video, maupun piagam penghargaan kepada calon konsumen tentu akan mampu mempengaruhi keyakinan mereka terhadap produk yang Anda tawarkan.

Share
Published by
webbisnis
Tags: penjualan produkpromosi penjualanstrategi promosi

Recent Posts

Membuat Toko Online Agar Optimal, Ini Caranya

Kemudahan dalam mengakses teknologi informasi, saat ini membuat Toko Online telah menjadi orientasi bisnis yang digandrungi oleh banyak orang. Dengan…

3 bulan ago

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan

Perusahaan menciptakan produk untuk menusia, mesin-mesin dibuat oleh manusia, produk dibuat oleh manusia, dan dikelola oleh manusia. Sumber Daya Manusia…

5 bulan ago

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di Tempat Kerja

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah pertolongan dan perawatan sementara yang dilakukan kepada korban kecelakaan di tempat kerja menggunakan peralatan…

5 bulan ago

Alat Pelindung Diri dan Perlengkapan Kerja

Alat Pelindung Diri atau yang sering disebut APD adalah alat yang digunakan oleh pekerja untuk melindungi diri dalam menjalankan pekerjaan.…

5 bulan ago

Keselamatan Kerja Itu Penting. Pengusaha Harus Tahu!

Keselamatan kerja bagi para pekerja merupakan satu hal yang tidak kalah penting dari semua urusan pekerjaan yang dilakukan. Sebagai pengusaha,…

5 bulan ago

Merintis Usaha Sendiri, Ini Modal yang Harus Dimiliki

Menjadi pribadi yang sukses dan merdeka secara finansial merupakan satu hal yang selalu menjadi dambaan setiap orang. Oleh karena itulah,…

5 bulan ago