Categories: Bisnis Online

Membuat Toko Online Agar Optimal, Ini Caranya

Kemudahan dalam mengakses teknologi informasi, saat ini membuat Toko Online telah menjadi orientasi bisnis yang digandrungi oleh banyak orang. Dengan berbagai fasilitas dan fitur yang ada, para pembeli lebih mudah untuk mendapatkan baerbagai barang kebutuhan mereka melalui toko online.

Strategi bisnis memang akan selalu berubah, termasuk dalam hal cara bertransaksi jual beli. Dengan semakin maraknya toko online yang ada saat ini, membuktikan bahwa kesadaran memanfaatkan media internet untuk mencari uang telah mewabah dimana-mana. Tak hanya mereka yang fokus di bisnis online, bagi banyak toko yang semula hanya menjual barang secara fisik, saat ini sudah ikut melayani jual-beli dengan membuat toko online.

Jika membaca banyak kisah tentang kesuksesan seseorang dalam memanfaatkan toko online, kebanyakan mereka juga tidak serta-merta langsung berhasil dalam penjualannya. Berbagai kendala pasti dialami, khususnya dalam hal mendatangkan visitor ke toko onlinenya, maupun menarik pembeli untuk bersedia berbelanja di toko online mereka. Bagi penjual online pemula, permasalahan sepi pengunjung dan produk yang tak laku menjadi ujian pertama akan perjalanan bisnisnya.

membuat toko online / Pixabay.com

Mengoptimalkan kinerja toko online yang dibuat menjadi sebuah keharusan agar ramai pembeli. Berikut beberapa tips-tips dalam mengoptimalkan toko online :

1. Saat akan membuat toko online, cari nama domain yang unik

Nama domain menjadi salah satu penentu kesuksesan seseorang dalam membuat toko online. Nama domain inilah yang akan menentukan mudah-tidaknya seseorang dalam mengingat toko online yang akan dibuat. Semakin mudah diingat, semakin banyak orang mengingat, maka dampaknya juga akan semakin mudah mendapatkan pengunjung ke toko online. (Baca juga : Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Bagus)

Secara sederhana, cara mencari nama domain yang unik adalah sebagai berikut :

a. Memilih kata yang pendek, semakin pendek semakin baik.

b. Nama yang dipilih adalah nama yang mudah ditulis dan mudah diingat.

c. Sesuaikan nama domain dengan nama usaha

d. Cek nama domain tersebut di penyedia layanan domain niagahoster.co.id.

e. Buatlah beberapa alternatif nama toko online sehingga nama yang Anda harapkan benar-benar tersedia domainnya.

Jika nama toko online Anda benar-benar tersedia, segera beli domain tersebut sebelum dibeli oleh orang lain. Nama domain yang unik biasanya menjadi rebutan banyak orang. Agar toko online Anda memperoleh kepercayaan pelanggan, jangan menggunakan domain gratis. Usahakan untuk menggunakan nama domain yang berbayar seperti .com, .co.id, web.id, dan lain lain.

2. Pilih Web Hosting yang punya akses cepat

Setelah nama domain ditentukan dan dibeli, satu hal yang tidak kalah penting dalam membuat situs toko online adalah masalah kecepatan akses. Dengan akses yang cepat maka calon pembeli tidak akan berlama-lama menunggu loading halaman web.

Hingga saat ini, Niagahoster telah menjadi salah satu penyedia layanan hosting Indonesia yang rekomended, memiliki harga terjangkau, cukup cepat dalam merespon keluhan pelanggan dan telah dipercaya oleh ribuan Developer.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati dari layanan hosting di Niagahoster diantaranya adalah Akses tercepat dengan server web hosting IIX terbaik, Garansi uptime 99.9% dengan bandwidth unlimited, Garansi uang kembali 30 hari tanpa syarat, Gratis domain selamanya – full akses Domain Manager, dan juga Gratis SSL/HTTPS untuk keamanan & SEO toko online Anda.

Anda tidak ingin ribet instalasi? Di Niagahoster juga melayani penjualan dua paket Hosting WordPress. Hingga artikel ini diposting, telah 15.936 Pengguna Terdaftar untuk Paket Personal dan 6.066 Pengguna Terdaftar Paket Bisnis.

Untuk melakukan pemesanan hosting di niagahoster, silakan kunjungi tautan ini https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia. Selanjutnya silahkan pilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan Toko Online Anda, mulai dari paket Bayi, Paket Pelajar, Paket Personal dan Paket Bisnis :

3. Instal Toko Online dengan CMS yang tepat.

CMS (Content Management System) adalah perangkat lunak yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan atau mengubah isi dari suatu situs web. Ada banyak CMS yang bisa Anda instal di hosting yang sudah dibeli, untuk membuat toko online Anda bisa menginstal Worpress (+plugin WooCommerce), bisa dengan CMS OpenCart, PrestaShop, Magento, dan masih banyak lagi.

Masing-masing CMS biasannya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk memulai membuat toko online bagi pemula, Anda bisa gunakan CMS WordPress.

4. Template toko online yang ringan, responsif, dan mudah diakses.

Ada banyak pilihan template yang bisa dipilih saat Anda membuat toko online, baik yang gratis maupun berbayar. Dari banyaknya pilihan tersebut, upayakan untuk menggunakan template yang baik, yakni template yang ringan, menu-menu mudah dipahami dan diakses, serta bentuk toko online responsif. Template web yang baik akan membuat pengunjung betah berlama-lama dan mau membeli produk di toko online Anda.

Template yang ringan diakses biasanya struktur kode htmlnya sederhana, tidak terlalu banyak gambar berukuran besar, dan banyak file yang telah dikompressi. Sedangkan template toko online yang responsif adalah bentuk website bisa menyesuaikan di berbagai media, baik di laptop, tablet, maupun di smartphone.

5. Tampilan toko online yang menarik.

Untuk membuat tampilan toko online yang menarik ada banyak cara. Beberapa diantaranya adalah tampilan web yang terstruktur, rapi dan mudah dipahami. Tata letak tombol beli, berbagai kategori produk yang disajikan, keranjang belanja, serta penjelasan produk harus berada di posisi yang tepat.

Selain tentang tata letak, membuat toko online agar lebih menarik adalah dengan menggunakan warna yang sesuai dengan karakter prosuknya. Kesesuaian warna ini juga akan mempengaruhi tingkat pembelian dan kunjungan. Contoh penggunaan warna yang sesuai misalnya; jika Anda menjual produk produk fashion wanita, gunakan warna-warna yang disukai wanita seperti pink, merah dan oranye. Jika yang dijual produk anak-anak, gunakan warna terang.

6. Membuat artikel di Toko Online

Salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung toko online dari mesin pencari adalah dengan membuat kolom artikel di toko online. Kolom artikel ini bisa dimanfaatkan sebagai media edukasi kepada para pengunjung website. Artinya, dengan artikel ini Anda bisa menjelaskan secara gamblang tentang produk yang dijual sehingga pengunjung mau membeli produk yang Anda jual.

Artikel yang dibuat dengan baik, biasanya sedikit banyak akan mempengaruhi tingkat kepercayaan calon konsumen. Pembeli akan mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat sehingga akan benar-benar paham manfaat produk yang Anda jual.

7. Terkoneksi ke Media Sosial,

Media sosial hingga saat ini masih sangat efektif untuk mempromosikan berbagai aktifitas seseorang, tak terkecuali untuk mempromosikan toko online yang Anda buat. Manfaatkan semua media sosial yang ada untuk membuat toko online anda dikenal dan terkenal.

Menurut survey yang diselenggarakan salah satu organisasi di Indonesia, pengguna Facebook dan Twitter saat ini telah mencapai hingga 60% pengguna Internet di Indonesia. Sebagian pengguna social media memanfaatkan Facebook dan Twitter untuk mempromosikan produk mereka untuk jualan.

Sebagai salah satu media promosi, pasanglah widget social media di toko online Anda. Ada beberapa manfaat kenapa Anda harus memasang widget Facebook dan Twitter di toko online yang Anda miliki. Widget media sosial ini berfungsi untuk menunjukkan interaksi yang Anda lakukan dengan konsumen. Media sosial yang selalu aktif juga akan mempermudah memberikan pelayanan pada pengunjung, sehingga secara tidak langsung juga akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap toko online Anda.

8. Chat dan Contact Person

Berinteraksi langsung dengan pengunjung, selain bisa memanfaatkan media sosial juga bisa dilakukan dengan memasang kolom chat dan kontak yang bisa dihubungi. Kontak informasi ini bisa dengan memberikan alamat email, nomor telepon dan hp, whatsap, PIN BBM dan lain lain. Dengan memiliki banyak akses untuk berkomunikasi dengan Anda, maka toko online yang Anda punya akan semakin dipercaya.

9. Meningkatkan SEO Toko Online

Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi mengoptimalkan keberadaan situs toko online di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Fungsi SEO dalam bisnis online salah satunya tentu dapat meningkatkan kunjungan secara organik sehingga secara tidak langsung juga dapat mendatangkan omzet penjualan.

Adapun keuntungan menggunakan SEO saat membuat toko online diantaranya dapat meningkatkan kunjungan ke Website, Meningkatkan Penjualan, meningkatkan kepercayaan publik, dan bisa menjadikan Toko Online sebagai tempat yang Strategis untuk berjualan.

Share
Published by
webbisnis
Tags: jualan onlineonline shopoptimasi websitetoko onlinewebsite

Recent Posts

  • Manajemen

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan

Perusahaan menciptakan produk untuk menusia, mesin-mesin dibuat oleh manusia, produk dibuat oleh manusia, dan dikelola oleh manusia. Sumber Daya Manusia…

11 bulan ago
  • Manajemen

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di Tempat Kerja

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah pertolongan dan perawatan sementara yang dilakukan kepada korban kecelakaan di tempat kerja menggunakan peralatan…

11 bulan ago
  • Manajemen

Alat Pelindung Diri dan Perlengkapan Kerja

Alat Pelindung Diri atau yang sering disebut APD adalah alat yang digunakan oleh pekerja untuk melindungi diri dalam menjalankan pekerjaan.…

11 bulan ago
  • Manajemen

Keselamatan Kerja Itu Penting. Pengusaha Harus Tahu!

Keselamatan kerja bagi para pekerja merupakan satu hal yang tidak kalah penting dari semua urusan pekerjaan yang dilakukan. Sebagai pengusaha,…

11 bulan ago
  • Motivasi

Merintis Usaha Sendiri, Ini Modal yang Harus Dimiliki

Menjadi pribadi yang sukses dan merdeka secara finansial merupakan satu hal yang selalu menjadi dambaan setiap orang. Oleh karena itulah,…

11 bulan ago
  • Pemasaran

7 Strategi Meningkatkan Penjualan Produk

Mampu meningkatkan penjualan produk dari waktu ke waktu, tak dapat dipungkiri, merupakan salah satu tujuan setiap pengusaha. Tak hanya pengusaha…

11 bulan ago