Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

4 Faktor untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan
Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan/pixabay.com

Salah satu hal yang perlu dibangun oleh setiap pengusaha yang ingin memajukan usahanya adalah membangun loyalitas pelanggan. Dengan menjadikan pelanggan yang loyal dampaknya adalah dapat mengurangi biaya promosi dan biaya akuisisi pelanggan baru yang seringkali jauh lebih besar.

Tak dapat dipungkiri bahwa usaha yang maju dan berkembang biasanya memiliki biaya promosi yang cukup besar, apalagi saat penetrasi pasar baru, proses edukasi tentang produk kepada konsumen menjadi menu wajib yang harus dilakukan. Hal ini berguna untuk meyakinkan mereka untuk mau bertindak membeli produk yang ditawarkan. Mendidik dan memberi informasi tentang produk yang dilakukan secara berulang-ulang tentu akan meningkatkan biaya pengeluaran untuk kegiatan promosi.

Membangun loyalitas pelangan bisa menjadi satu cara untuk menekan biaya promosi perusahaan. Dengan adanya pelanggan yang loyal terhadap produk, maka tugas sebagai pengusaha hanya menjaga hubungan bisnis yang sudah tercipta.

Empat faktor yang bisa menciptakan loyalitas pelanggan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Adanya Perhatian dari Merek (Caring)

Membangun Loyalitas Pelanggan dengan memberi perhatian
Membangun Loyalitas Pelanggan dengan selalu memberi perhatian/Pixabay.com

Pelanggan merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah bisnis. Menjaga dan memberi perhatian kepada pelanggan merupakan satu bentuk upaya untuk membangun loyalitas pelanggan. Mendengarkan keluhkesahnya, mengakomodir setiap ide/masukan dari pelanggan merupakan salah satu bentuk perhatian untuk yang dapat dijadikan sebagai modal  untuk pengembangan bisnis. Sebagai pemilik bisnis, sebisa mungkin juga harus dapat menjadikan produknya sebagai solusi atas semua harapan dari permasalahan pelanggan.

Jangan enggan untuk terus menggali insight (masukan) dari pelanggan terkait produk yang telah mereka gunakan. Lakukan riset secara kontinyu mengenai kebutuhan mereka akan layanan atau produk yang kita berikan. Lengkapi produk dengan fitur-fitur terbaru dan evaluasi secara berkesinambungan agar apa yang Anda buat sesuai dengan apa yang pelanggan mau.

2. Terciptanya Kepercayaan Terhadap Merek (Trust)

Loyalitas Pelanggan ditandai dengan Kepercayaan Terhadap Merek
Pelanggan yang loyal adalah mereka yang percayaan terhadap Merek/pixabay.com

Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Kepercayaan datang dari sebuah keyakinan atas janji yang ditunaikan, jadilah produk-produk yang memberi lebih “delivery over promise” terhadap harapan pelanggan Anda.

Beri lebih, itu kuncinya. Lebih yang dimaksud tidak perlu muluk-muluk. Salah satunya beri pelanggan tambahan porsi atau bonus pada item produk yang diminta. Atau sekedar mengupgrade paket pengiriman sehingga pelanggan mendapat kejutan ketika barang yang dipesan sampai lebih cepat.

3. Merek Sebagai Pelindung (Protect )

loyalitas pelanggan adalah tentang mereka yang ketergantungan pada satu produk
loyalitas pelanggan adalah tentang mereka yang ketergantungan pada satu produk

Pada bagian ini, pelanggan merasa bahwa layanan atau produk yang Anda berikan adalah bagian melekat yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Tingkat ketergantungan yang dirasakan mereka terhadap produk Anda sangat tinggi. Di bagian ini, mereka merasa Anda sudah cukup untuk menjadi pemenuh kebutuhan mereka.

Jalin komunikasi antara merek dengan pelanggan, bangun kedekatan dan ciptakan ketergantungan yang membuat pelanggan menjadikan Anda sebagai pelindung. Jadilah yang terbaik dan bangun kehandalan sehingga tidak ada niatan dari pelanggan untuk berpaling ke produk lain.

4. Memberikan Kepuasan Terus Menerus (Continous Satisfaction)

membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan kepuasan terhadap mereka
Mereka yang puas, adalah mereka yang loyal/pixabay.com

Kualitas produk murni harus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Rekomendasi dan kesetiaan akan otomatis muncul jika Anda bisa memberikan kualitas yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Bagaimana cara menciptakan kepuasan yang terus menerus? Salah satu caranya bisa dengan membuat standardisasi yang sama di setiap produk yang dibuat. Untuk Anda di bisnis kuliner, racikan masakan yang dirasakan di setiap kesempatan dan tempat haruslah sama. Baik komposisi maupun sambalnya.

Untuk para penyedia layanan jasa, kualitas kerja dan layanan yang diberikan haruslah semakin baik dan selalu up-to-date, sehingga kualitas yang kita berikan kepada pelanggan tetap terjaga. (Baca juga : Branding Usaha Kecil, Cara Jitu Memenangkan Persaingan)

Sumber : portalpengusaha.com


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.