Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Begini cara memunculkan bias api fire opal Wonogiri

fire opal wonogiri

Batu akik Fire Opal atau yang juga disebut batu Barjad Api asal Wonogiri begitu populer dalam beberapa bulan terakhir. Tak heran jika batu fire opal menjadi buruan kolektor dan pencinta batu akik. Keindahan batu ini konon mengalahkan batu sejenis asal Meksiko dan Tanzania.

Harganya pun kini semakin melambung, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta  rupiah. Popularitas fire opal Wonogiri ini menandingi batu-batu terkenal lainnya seperti black opal kalimaya, batu bacan, giok dan lainnya.

Wajib baca : Kandungan dan manfaat giok Aceh menurut pakar Feng Shui, lengkap!!

Selama ini fire opal identik dengan batu asal Meksiko dan Tanzania, bahkan Meksiko pernah mengklaim sebagai satu-satunya negara yang menghasilkan batu fire opal terbaik di dunia. Belakangan diketahui fire opal ternyata juga ditemukan di Wonogiri, Indonesia, dengan kualitas jauh lebih bagus dibandingkan dengan fire opal Meksiko.

Batu fire opal merupakan batu asli Wonogiri dan banyak ditemukan di wilayah kecamatan Tirtomoyo tepatnya di wilayah atau bukit manggal dan dan wilayah Kecamatan Kismantoro Jateng.

Pada umumnya batu itu banyak ditemukan di Daerah pegunungan seperti di Gunung Muser Kecamatan Kismantoro terutama pegunungan yang masih alami dengan struktur tanah yang masih dalam kondisi bagus, tidak mengalami kerusakan (erosi) atau masih dalam formasi utuh.

Material fire opal terdiri dari silika dan H2O dengan tingkat kekerasan batu antara 5,2 -5,7 skala Mohs. Para penambang banyak menemukan batu ini ditebing-tebing yang sulit di jangkau.

Pada musim hujan harga fire opal semakin mahal karena terbatasnya stok di pasaran. Para  pencari batu tidak memungkin untuk melakukan menambang batu opal dengan kondisi alam yang licin dan curam.

opal wonogiri

Cara memunculkan api Fire Opal

Batu ini juga memiliki ciri khas tersendiri sekaligus menjadi keunikan, antara lain kemampuannya memantulkan cahaya atau bias sinar dari dalam batu yang menyerupai nyala api sehingga batu ini juga dikenal dengan nama fire (api) atau barjad api.

Batu ini juga memiliki beberapa varian warna antara lain warna kuning teh, putih, biru, hijau cincau, dan merah cerah atau warna paling mahal.

Cara memunculkan bias api pada batu akik fire opal sehingga tampilan lebih indah dan mempesona.

Bahan:

Siapkan bahan batu fire opal yang  telah di olah, beberapa amplas dengan tipe atau ukuran 600, 800, 2000 dan bambu hitam.

Treatment :

Langkah pertama amplas batu fire opal dengan amplas tipe 600, jangan lupa gunakan air, selanjutnya gosok dengan amplas tipe 800 dan di akhiri dengan amplas ukuran 2000. Terakhir untuk menambah makin mengkilap dan kinclong, gosok dengan sebilah bambu hitam, ulangi terus hingga efek bias api muncul.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*