Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

5 Alasan Utama Usaha Gagal Secara Finansial

Usaha Gagal Secara Finansial

Sebagai pelaku usaha maka otak Anda akan terus berpikir. Secara konstan mendatangkan ide bagaimana Anda bisa menolong semua orang. Meskipun ide “menolong” merupakan awal yang baik untuk sebuah usaha namun terkadang hal ini bisa membawa Anda melakukan kesalahan. Sebuah kesalahan yang tidak pernah terpikirkan sampai Anda terlambat melakukan perubahan.

Sebenarnya, Anda bisa melakukan perubahan itu. Anda bisa melakukan sesuatu yang berarti untuk menghindarkan usaha Anda dari kehancuran finansial. Berdasarkan pengalaman banyak pengusaha maka dapat disimpulkan dalam 5 sebab utama kegagalan usaha secara finansial ini. Kelima sebab ini kerap terlupakan hanya karena kesukaan Anda terhadap usaha yang dijalankan dan rasa optimis berlebihan akan meraih sukses. Anda perlu ingat bahwa sebuah usaha yang sukses memerlukan sebuah perencanaan dan persiapan sebagai pondasi yang baik dengan kerja keras, tangisan kesabaran dan keringat. Kesuksesan bukanlah hal yang instan. Para pengusaha sukses susah payah merencanakan semuanya dan melakukan rencana mereka.

Agar usaha Anda terhindar dari kegagalan finansial, perhatikanlah kelima sebab berikut ini agar Anda dapat segera melakukan perubahan sebelum terlambat.

Tidak menyisihkan uang untuk tabungan. Sebenarnya inilah penyebab paling berbahaya untuk menciptakan kegagalan finansial pada sebuah usaha. Hal ini bisa terjadi karena pada umumnya Anda terlalu senang atas apa yang dihasilkan usaha Anda dalam jangka pendek. Untuk menjamin kelangsungan usaha Anda harus memiliki dana yang memadai. Untuk bisa mewujudkannya Anda membutuhkan tabungan. Darimanapun sumber tabungan itu hal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Ingatlah bahwa perlu waktu untuk membangun sebuah bisnis. Jadi pastikan Anda menyesuaikan gaya hidup Anda selagi membangun usaha menuju kesuksesan dengan menyisihkan sejumlah uang untuk tabungan.

Tidak memiliki rencana usaha. Aspek ini merupakan bagian yang paling dihindari banyak orang meskipun semua tahu faktor ini sangatlah penting. Anda membutuhkan rencana usaha untuk membantu Anda memahami apa yang diperlukan usaha Anda untuk bisa sukses. Rencana usaha ini akan menjadi panduan sekaligus penasehat untuk menjaga usaha Anda berada dijalur yang seharusnya menghadapi berbagai cobaan.

Tidak ada konsumen. Satu hal ini sudah pasti. Meskipun tidak perlu dipertanyakan bahwa konsumen sangatlah penting untuk usaha namun hal ini penting dibahas dalam postingan ini karena usaha bukanlah melulu soal mendapat konsumen baru tapi menjaga konsumen setia. Tujuan harian usaha Anda seharusnya bukan sekedar mencari konsumen yang banyak melainkan bagaimana cara menjaga konsumen lama agar menjadi konsumen setia. Penting untuk diingat bahwa sebuah usaha memerlukan konsumen setia yang selalu kembali kepada Anda membeli produk atau jasa Anda sekaligus merekomendasikan usaha Anda kepada teman-teman mereka.

Tidak ada sistem yang jelas. Tahukah Anda bahwa setiap usaha sukses memiliki sistem dalam mekanisme usaha mereka? Sebuah sistem yang diikuti mulai dari pemiliki sampai tingkatan terendah dalam usaha yang dijalankan sangatlah penting. Banyak pengusaha yang tidak mau meluangkan waktu memiikirkan hal ini. Sistem yang baik dapat menciptakan energi positif yang membawa pada efektivitas dan efisiensi usaha. Contoh mudah dalam sistem usaha ini adalah McDonalds dan Starbucks. Dimanapun Anda menemukan kedua usaha itu di penjuru dunia, akan sangat terasa ada sistem kerja yang dijalankan.

Tidak memahami angka dengan baik. Penyebab usaha gagal secara finansial yang satu ini mungkin satu yang paling tidak dikenal. Banyak pemilik usaha memulai usaha mereka tanpa pernah memahami usaha itu sendiri dengan baik. Mereka bisa saja mengendalikan usaha tiap hari, namun saat ditanya “berapa margin keuntungan usaha Anda? “Mereka akan menjawab … hah? Saat ditanya “Bagaimana tren usaha Anda dibandingkan beberapa tahun lalu?” mereka balik tanya “Tren apa ya?” Memahami angka-angka yang berkaitan dengan usaha Anda dapat member gambaran tentang berapa besar keuntungan yang didapatkan. Angka tersebut juga dapat memberi gambaran berapa besar uang yang sudah dihabiskan dan bagaimana usaha Anda dibiayai secara finansial. Pada akhirnya hal ini akan membantu Anda menyusun strategi usaha untuk mengetahui dimana dan bagaimana melakukan perbaikan.

Itulah sebab utama usaha gagal secara finansial. Setelah Anda mengetahuinya tentu Anda tahu penyebabnya dan mengetahui dengan baik bagaimana cara melakukan perubahan agar kesuksesan tetap berada pada jalur usaha Anda.

Baca juga : Mendirikan Usaha Kecil Bagi Pemula, Ini Kunci Suksesnya


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*