Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Toko Online Sepi Pembeli? Mungkin Ini Sebabnya

Toko Online Sepi Pembeli
Toko Online Sepi Pembeli/pixabay.com

Ada banyak sebab kenapa toko online sepi pembeli, permasalahan ini menjadi sangat menyedihkan, saat harapan penjualan bisa laris manis namun pada kenyataanya toko online jarang terjadi transaksi. Butuh strategi jitu untuk memperbaiki keadaan ini, berbagai aspek mungkin butuh dievaluasi dan pembenahan agar tingkat penjualan produk bisa meningkat.

Tak dapat dipungkiri, saat ini kompetitor bisnis online semakin menjamur. Mulai dari produk yang dijual hanya melalui sosial media, melalui marketplace, maupun toko online sejenis. Banyaknya pesaing yang setiap hari bermunculan, ada baiknya Anda melakukan “revolusi” toko online yang saat ini Anda kelola.

Toko Online Sepi Pembeli
Sepi Pembeli/pixabay.com

Beberapa penyebab toko online Anda sepi pembeli ini bisa Anda evaluasi, perbaiki dan tingkatkan performanya. Berikut diantaranya :

1. Harga produk

Hingga saat ini, harga sebuah produk masih menjadi bahan pertimbangan bagi banyak konsumen Indonesia untuk mengambil keputusan membeli, baik konsumen online maupun offline. Jika harga barang-barang dagangan terlalu mahal dan tidak kompetitif, bisa dipastikan pembeli akan beralih ke toko online kompetitor. Untuk itu pastikan harga jual di toko online Anda adalah yang terbaik. (Baca juga : Strategi Penetapan Harga Produk)

2. Fitur toko online

Fitur-fitur yang tersedia di toko online perlu dievaluasi lagi, apakah sudah nyaman digunakan pengunjung atau justru mempersulit mereka untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Fitur yang tidak menarik dan sulit digunakan akan menyebabkan banyak pembeli meninggalkan situs toko online. Khusus untuk fitur keranjang belanja, buatlah sesederhana mungkin dan tidak berbelit-belit. Kemudahan bertransaksi adalah kunci untuk mengumpulkan pundi.

3. Navigasi situs

Navigasi situs ini terkait dengan menu dan pengklasifikasian produk yang ada pada website toko online. Usahakan navigasi situs cukup jelas dan gampang untuk mengoperasikannya. Hal ini bertujuan agar pengunjung toko online tidak kebingungan ketika akan membeli beberapa produk dengan merek berbeda. Pastikan penggunaan label mudah dipahami, cantumkan kanal yang mudah dipahami termasuk sub kanal situs.

4. Tampilan Gambar Produk

Salah satu cara mengemas produk di dunia maya agar menarik perhatian adalah dengan menyajikan gambar yang bagus. Usahakan gambar produk yang disajikan menggunakan resolusi yang bagus namun tidak memperlambat loading website. Berilah beberapa ilustrasi gambar/foto yang jernih, jelas, dan fokus pada produk. Jika diperlukan carilah model yang menarik dan menyertakan detil gambar produk.

5. Deskripsi Produk

Memberikan deskripsi produk secara lengkap akan membantu memahami calon pembeli untuk memilih barang yang mereka butuhkan. Untuk itu buatlah deskripsi produk selengkap mungkin, mulai dari ukuran panjang-lebar, berat, bahan baku yang digunakan, manfaat produk, produk dari mana, dan jika perlu cara-cara penggunaanya.

6. Loading web lambat

Mempercepat loading tampilan halaman pada website juga menjadi salah satu strategi untuk mendapatkan visitor di jagat maya. Dengan loading web yang cepat, para pengunjung juga akan lebih nyaman untuk memilih dan memilah produk yang mereka inginkan. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan loading website, mulai dari penggunaan gambar yang tidak terlalu besar, dan juga mengolah java scrip dan css pada web.

Dengan loading web yang cepat, selain akan memberi kenyamanan pada pengunjung, sisi positifnya lagi adalah website akan semakin diprioritaskan oleh mesin pencari untuk diindex di halaman pertama mereka.

7. Diskon dan Harga Khusus

Mampu mencuri perhatian konsumen di dunia maya memang ada banyak cara. Memberi diskon dan harga promo bisa menjadi solusi untuk menggaet pelanggan baru di toko online. Berikan harga diskon di setiap produk tertentu, juga harga promo untuk produk-produk baru yang sedang diluncurkan.

Upayakan fitur diskon didesain yang bagus agar mampu menarik perhatian pengunjung. Harga khusus bisa diberikan bagi konsumen yang telah melakukan transaksi sesuai keinginan kita, misalnya harga khusus akan diberikan kepada mereka yang akan membeli dua atau tiga produk sekaligus.

8. Kurang Promosi

Promosi merupakan ujung tombak di semua lini bisnis, termasuk bisnis online. Kurangnya aktivitas promosi bisa menjadi salah satu sebab sepinya toko online Anda. Jika toko online sepi pembeli, upayakan  untuk kembali melakukan promosi secara masif dan berkesinambungan, baik di dunia nyata maupun dunia maya. (Baca juga : 6 Langkah Membuat Program Promosi Penjualan)



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*