Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Tips Usaha Sampingan Jasa Cetak Undangan Pernikahan

Jasa Cetak Undangan Pernikahan

merintis usaha sampingan undangan pernikahan
merintis usaha sampingan undangan pernikahan

Memiliki usaha sampingan hingga saat ini masih banyak diminati oleh siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, baik bagi mereka yang telah memiliki usaha sendiri maupun sebagai karyawan. Usaha sampingan biasa dilakukan untuk memanfaatkan waktu luang di sela-sela rutinitas pekerjaan ataupun sebagai sarana investasi bisnis untuk jangka panjang.

Membuka jasa cetak undangan pernikahan bisa menjadi satu pilihan yang bisa dilakukan sebagai kegiatan usaha sampingan. Selain caranya yang mudah, merintis jasa cetak undangan juga tidak membutuhkan modal besar, bahkan hanya bermodal “mulut” saja duit bisa mengalir di kantong kita, oleh karena itu kepercayaan dari banyak orang menjadi salah satu bekal kunci sukses dalam menjalankan usaha ini.

Perlu diketahui juga, dalam membuat usaha sampingan jasa cetak undangan pernikahan ini tidaklah membuat usaha percetakan yang harus membeli berbagai mesin cetak. Namun seseorang hanya cukup mencari pelanggan, dan proses cetak undangan pernikahan dilakukan oleh orang lain atau percetakan.

Meski terbilang sepele, menjalankan usaha sampingan ini juga perlu kesungguhan dan persiapan matang agar semua proses dapat berjalan lancar. Beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

1. Mengoleksi Contoh Undangan Pernikahan

Langkah pertama paling mudah untuk memulai usaha sampingan ini adalah dengan mengumpulkan berbagai macam koleksi kartu undangan pernikahan. Masing-masing koleksi harus berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan ini bisa dari desain kartu undangan, bahan yang digunakan, ukuran kartu undangan, teknik cetak, pengemasan dan lain sebagainya. Dari semua perbedaan yang ada ini tentu akan mempengaruhi perbedaan harganya.

contoh-koleksi-kartu-undangan-pernikahan
Contoh koleksi kartu undangan pernikahan / doc:yudhihendros.wordpress.com

Untuk mengumpulkan koleksi undangan pernikahan, bisa didapatkan dari orang-orang di sekitar kita, dari tetangga, dari teman dekat, dari rekan bisnis ataupun datang ke toko kertas yang khusus menjual kartu undangan. Adapun bentuk koleksi ini bisa disusun dalam folder buku ataupun dibuatkan wadah khusus. Masing-masing kartu undangan pernikahan bisa diberi label harga jual dan juga spesifikasinya.

Koleksi undangan pernikahan selain disajikan dalam bentuk nyata (offline), usahakan juga bisa dilihat orang lain dalam bentuk online, misalnya ditampilkan di blog ataupun website, jejaring sosial dan juga bentuk soft file yang bisa dikirim via email. Hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah calon pelanggan yang ingin mengetahui produk kartu undangan yang akan ditawarkan.

2. Mencari Toko Kertas Termurah dan Lengkap

Bisa mendapatkan toko kertas yang lengkap dan memiliki harga termurah mutlak diperlukan agar keuntungan yang didapatkan bisa maksimal dan bisa melayani konsumen secara optimal. Toko kertas yang menyediakan berbagai macam jenis kertas tentu akan mempermudah kita untuk melayani keinginan konsumen, mengingat selera setiap konsumen terhadap bahan kartu undangan pernikahan sangat bervariasi.

Di beberapa kota besar, biasanya ada beberapa toko kertas yang memiliki pelayanan khusus, misalnya toko kertas yang khusus menjual kertas kebutuhan kantor, toko kertas yang khusus menjual lembaran kertas ukuran besar (biasanya ukuran plano), dan juga ada toko kertas yang khusus menjual aneka macam bentuk kertas kosong undangan pernikahan.

contoh template undangan pernikahan
Contoh template undangan pernikahan

Di toko kertas yang khusus menjual kartu undangan pernikahan biasanya sudah memiliki berbagai macam template undangan pernikahan dengan bentuk potongan kertas beserta elemen hiasnya. Selain itu di toko tersebut biasanya juga menyediakan kemasan undangan pernikahan berupa plastik dengan berbagai ukuran.

3. Kerja Sama Dengan Jasa Desain Undangan

Kerja sama dengan seseorang yang memiliki kemampuan desain grafis perlu dilakukan jika Anda tidak bisa mengerjakan desain undangan sendiri. Jasa desain inilah yang akan merancang undangan pernikahan ini, mulai dari menyusun tata letak, penyesuaian warna, pemilihan font, dan juga memecah semua warna menjadi standar warna cetak.

Jasa desain undangan pernikahan biasanya bisa ditemukan di beberapa biro desain, biro iklan, mahasiswa desain, di tempat usaha percetakan, maupun jasa desain online yang saat ini semakin mudah ditemukan. Masing-masing penyedia jasa tersebut biasanya juga akan mematok harga yang berbeda. Besar kecilnya harga ini biasa ditentukan berdasar kualitas desain, pengalaman, dan juga reputasi yang dimiliki. Untuk itulah pilihlah jasa desain yang sesuai kebutuhan.

4. Mencari Percetakan Offset Paling Murah

Setelah mendapatkan toko kertas untuk belanja bahan baku dan melakukan kerjasama dengan jasa desain undangan, langkah berikutnya adalah mencari percetakan yang palig murah di daerah Anda. Silahkan berkeliling mencari beberapa usaha percetakan offset yang ada, kemudian bandingkan sehingga bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan kebutuhan.

mesin cetak undangan pernikahan
mesin cetak undangan pernikahan /pict : chabelita.biz

Untuk menentukan percetakan mana yang akan dipilih, gunakan pertimbangan kualitas dan kecepatan proses mencetak. Masing-masing percetakan biasanya memiliki mesin cetak dan SDM yang berbeda sehingga akan mempengaruhi hasil yang berbeda pula. Melakukan kerjasama dengan beberapa percetakan sekaligus juga tidak masalah, hal ini untuk memenuhi kebutuhan beberapa segmen pasar yang dilayani dan juga sebagai alternatif tempat jika Anda sedang kebanjiran order yang memiliki deadline bersamaan.

Untuk mendapatkan harga yang lebih baik, usahakan dalam membuat usaha sampingan jasa cetak undangan pernikahan Anda sudah memiliki nama usaha, sehingga bisa menjadi agen yang layak mendapatkan potongan harga saat melakukan transaksi cetak. (baca juga : Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Bagus)

5. Survey Harga Undangan Pernikahan

Lakukan survey harga undangan pernikahan di pasaran, hal ini dilakukan untuk menentukan harga jual kartu undangan yang kita buat. Untuk awal-awal dalam melakukan usaha sampingan ini usahakan memberikan harga yang sama atau bahkan lebih murah. Memberi harga murah pada kartu undangan ini bisa dikatakan sebagai harga promosi, sehingga lambat laun harga bisa dinaikkan.

Meski memberi harga dibawah rata-rata itu penting dilakukan, namun bagaimanapun juga harus mempertimbangkan biaya produksi yang dilakukan. Jangan sampai ketika memberi harga murah namun justru usaha merugi. Laba sedikit tidak masalah asal untuk kedepannya bisa memperluas pasar dan mendapatkan banyak pelanggan. (baca juga : Tips Agar Produk Baru Siap Bersaing di Pasaran)

6. Melakukan Promosi

Usaha apapun selalu butuh promosi untuk meningkatkan penjualan. Promosi usaha sampingan jasa cetak undangan juga perlu dilakukan. Promosi bisa dilakukan dari cara paling sederhana yakni dengan bercerita pada sanak famili, tetangga, sahabat, rekan kerja atau siapapun yang dikenal. (baca juga : Kartu Nama, Sarana Promosi Murah Dalam Usaha)

Ada banyak strategi promosi yang sebenarnya bisa dilakukan, namun lakukan promosi yang paling mudah terlebih dahulu. Lakukan promosi sesuai dengan kemampuan yang ada dan pilih media yang paling tepat sehingga bisa efektif dan efisien. (baca Juga : Bauran Promosi (Promotion Mix) Dalam Pemasaran)

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.