Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Tips Sukses Bisnis Online Bagi Pemula

Tips Sukses Bisnis Online
Tips Sukses Bisnis Online

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, kini semakin banyak pula orang yang mencoba peruntungannya untuk bisa sukses bisnis online. Mulai dari yang berjualan melalui media sosial, membuat toko online hingga membuat pasar online.

Menekuni bisnis online, meskipun terlihat sepele dan mudah, namun pada prakteknya tetap membutuhkan berbagai strategi agar produk bisa dilirik pembeli, menarik minat mereka, sehingga pembeli tersebut bisa mengambil keputusannya untuk membeli produk yang dijual. Tak hanya itu, menjaga konsumen agar tetap setia juga menjadi kunci sukses bisnis online.

Memang, banyak cerita tentang orang yang bisa sukses bisnis online, namun juga tak sedikit kisah orang-orang yang harus gulung tikar karena bisnis di dunia “gaib” ini. Bagi Anda yang tertantang untuk menggeluti bisnis ini, berikut ini kami sajikan tips sukses bisnis online :

1. Fokus

Ada sebuah kata bijak yang cukup menarik; “mengejar dua kelinci sekaligus akan membuat kita kehilangan keduanya”. Begitupun dengan dunia bisnis, apabila terlalu banyak dan beragam target yang ingin dicapai, biasanya justru sasaran yang diperoleh tidak akan maksimal. Fokus dengan salah satu bidang dan tujuan dalam menjalankan bisnis, menjadi salah satu faktor utama dalam menggapai sukses bisnis online.

Godaan terberat bagi para pemula yang mulai mengenal bisnis online, biasanya semua hal ingin dilakukan, semua barang ingin dijual, semua pasar ingin dikuasai. Padahal dijaman yang persaingannya semakin ketat saat ini, produk yang unik, sasaran yang jelas, target pasar spesifik, justru seringkali yang mampu mendatangkan keuntungan besar.

Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis online, cobalah untuk fokus memenuhi satu kebutuhan pasar, meskipun masyarakat membutuhkan banyak kebutuhan dalam kehidupannya. Contohnya, fokus di bidang fesyen bisa saja dipilih yang lebih spesifik lagi yaitu jualan baju anak, busana muslim, atau bahkan memilih salah satu elemen saja tentang jilbab.

2. Pemasaran yang optimal

Bisnis Online Bagi Pemula
Bisnis Online Bagi Pemula/pixabay.com

Pemasaran juga menjadi satu hal yang penting untuk bisa sukses bisnis online. Pemasaran bukan hanya masalah promosi, namun juga terkait dengan ketersediaan produk yang ada, penetapan harga yang sesuai dengan terget pasarnya, dan bagaimana proses pengiriman produk yang dijual ke konsumen. (Baca juga : Mengenal Bauran Pemasaran)

Maksimalkan jumlah Channel Marketing untuk produk yang akan dijual. Ada banyak cara agar produk bisa dikenal dan dibeli konsumen. Langkah paling mudah, buatlah akun media sosial yang khusus mencari pertemanan sesuai target konsumen, perkenalkan produk ke tetangga dan teman terdekat, dan buat website apabila stok produk sudah cukup banyak.

Untuk hasil promosi yang optimal, buatlah Gambar Produk yang terbaik beserta kelengkapan informasinya. Apabila Anda menjalankan bisnis onlineshop, maka gambar produk serta informasi produk yang lengkap berperan penting mendorong calon pelanggan untuk membeli produk yang dijual. Hal tersebut akan sangat membantu pelanggan Anda untuk mendapatkan gambaran mengenai kualitas produk yang dijual meskipun mereka tidak memeriksa produk tersebut secara langsung. (Baca juga : Tips Membuat Kemasan Produk Yang Baik)

3. Cepat tanggap merespon Pelanggan

Bekerja di dunia online bagi pemula, upayakan untuk bisa merespon pelanggan selama 24 Jam, karena hal ini yang yang akan bisa menjadi kelebihan jika dibanding dengan bisnis yang dijalankan secara offline. Respon yang cepat merupakan salah satu hal yang harus anda lakukan, karena apabila Anda tidak merespon pelanggan Anda dengan cepat, maka bukan tidak mungkin mereka akan beralih ke pesaing Anda yang lebih cepat merespon pelanggannya.

4. Jaga hubungan dengan Pelanggan

Produk yang berkualitas tidak cukup untuk bisa sukses bisnis online. Pelayanan yang prima serta selalu dapat menjaga hubungan dengan para pelanggan bisa menjadi modal menggapai sukses. Loyalitas pelanggan memang sangat dibutuhkan dalam rangka untuk melanjutkan keberlangsungan usaha. Dengan membangun kedekatan dengan mereka, maka secara tidak langsung Anda juga telah menjaga uang Anda tetap mengalir.

Demikianlah beberapa tips sukses bisnis online yang dapat kami sajikan. Jangan lupa untuk segera ACTION, karena rencana tanpa aksi sama saja mimpi… Semoga sukses.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*