Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Tips Mengatur Permalink Wordpres Agar SEO Friendly

Mengatur Permalink Wordpres
Mengatur Permalink Wordpres

Mengatur permalink wordpress merupakan satu hal yang harus dilakukan sebelum kita membuat postingan di website. Pengaturan permalink ini bertujuan agar dalam website yang dibuat memiliki URL (Uniform Resource Locator) yang sesuai dengan judul postingan beserta dengan kata kunci yang disasar. (Baca juga : Cara mengatur General Setting Pada WordPress Yang Baru Diinstal)

Secara default permalink yang ada di wordpress terdiri dari rangkaian angka-angka yang sebenarnya kurang ramah terhadap mesin pencari (Search Engine). Maksudnya, permalink default WordPress yang terdiri dari angka-angka tersebut tidak dapat menjelaskan hirarki dokumentasi dan direktori postingan.

Struktur default permalink pada WordPress sbenarnya hanya menunjukkan nomer ID dari halaman postingan, untuk itu akan lebih baik jika struktur permalink tersebut dirubah dengan Struktur Permalink yang SEO Friendly.

Permalink yang dibuat dengan struktur yang SEO Friendly, akan dapat meningkatkan peringkat yang tinggi dari hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing atau mesin lainnya. Trafik website yang baik pada dasarnya adalah website yang bisa mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari. Google sendiri memberikan nilai ekstra kepada halaman-halaman situs yang memiliki struktur permalink yang baik.

Ini cara mengatur permalink yang Baik untuk WordPress :

1. Masuk ke dalam Dahsboard area, pilih tab Settings -> Permalinks

mengatur-permalink-wordpress

 

2. Di halaman permalink, akan tampak lima pilihan struktur permalink yang bisa Anda pilih.

memilih-permalink-wordpress-terbaik

  • Pilihan Plain adalah permalink default wordpress yang terdiri dari angka-angka ID halaman.
  • Pilihan Day and name berarti  URL akan terdiri dari susunan hari, tanggal, tahun dan judul artikel,
  • Pilihan Mounth and name artinya URL akan terdiri dari bulan, tahun dan judul postingan.
  • Pilihan Numeric berarti URL akan terdiri dari arsip dan nomor urut.
  • Pilihan Post Name berarti URL akan terdiri dari judul artikel saja.

Anda bisa memilih salah satu dari kelima pilihan tersebut, atau juga bisa membuat struktur permalink sendiri dengan cara menambahkan pada kolom Costum Structur yang terletak di bagian paling bawah. Jika Anda memilih dari salah satu template permalink, maka secara otomatis costum structur akan terisi dengan kode permalink.

Pada situs webbisnis.com sendiri struktur permalink menggunakan pilihan yang Post Name, selain karena dapat menyingkat URL, struktur ini terdiri dari judul artikel yang bisa dimasuki kata kunci postingan.

3. Atur permalink untuk Category dan Tag

Selain mengatur permalink pada postingan, untuk mengoptimalkan SEO pada URL jang lupa untuk mengatur permalink pada Category dan Tag.

mengatur-permalink-category-dan-Tag-base-wordpress

Secara default, permalink kategori pada wordpress adalah “namaweb/category/nama kategori”, untuk mengubahnya isikan kolom Cayegory Base, misalnya diisi kata : topik, berita, info, ulasan, artikel atau yang lainnya.

Setelah semua proses selesai, jangan lupa tekan tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan permalink pada wordpress.

Untuk tutorial wordpress lebih lengkap, silahkan kunjungi : Tutorial Membuat Website Dengan CMS WordPress

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.