Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Tips Agar Produk Baru Siap Bersaing di Pasaran

Salam Sukses, Memiliki produk baru bagi seorang pengusaha merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, didalamnya terdapat sebuah impian dan harapan besar untuk bisa sukses merajai pasar. Meski demikian tak sedikit pula perasaan kawatir dan was-was muncul dalam pikiran, apalagi saat produk akan diluncurkan ke pasaran. Produk ini bisa berupa barang, jasa, event, badan usaha, atau yang lainnya.

Optimisme adalah kunci, mampu membuat dan menyajikan produk baru sebaik mungkin untuk dibeli konsumen merupakan cara paling tepat agar semua mimpi dan harapan dapat tercapai.

Produk Baru Siap Bersaing
Produk Baru /Ilustrasi

Ada banyak cara dan strategi agar produk baru siap bersaing di pasaran, beberapa langkah yang bisa ditempuh diantaranya adalah :

1. Membuat produk baru sebaik mungkin

Produk yang baik biasanya akan mampu menjual dirinya sendiri, artinya tanpa banyak koar-koar memuji produk secara berlebihan, apabila mutunya bagus dan mampu memuaskan konsumen tentu produk tersebut akan menjadi bahan perbincangan banyak orang dan dicari dimanapun keberadaannya.

Membuat produk baru dengan kualitas terbaik, tentu akan menguntungkan banyak pihak, baik untuk perusahaan maupun konsumen yang menggunakannya. Jika konsumen merasa puas dengan produk baru ataupun layanan yang diberikan perusahaan, maka mereka akan berbicara dan menceritakan pengalamannya pada orang-orang disekitarnya. Komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang dilakukan konsumen ini merupakan cara promosi paling hemat dan efektif.

2. Buat tampilan yang unik pada produk baru

Mutu produk baru yang baik bisa lebih baik lagi jika disajikan dengan penampilan yang menarik. Tampilan fisik produk seringkali bisa menarik perhatian para calon konsumen yang melihatnya. Tampilan fisik produk baru bisa disesuaikan dengan target konsumennya. Contohnya pada produk baru makanan cokelat, tampilan fisik produk baru untuk konsumsi anak-anak bisa dibedakan dengan orang dewasa.

Meski tampilan fisik produk bukan yang utama, namun hal ini akan mampu mendongkrak persepsi konsumen. Tampilan fisik yang unik bisa dibuat dari permainan warna, bentuk, tekstur, atau yang lainnya. Ada banyak produk-produk yang dibuat unik bisa terjual dengan laris manis di pasaran. Dari dunia pertanian misalnya semangka berbentuk kotak, roti untuk balita dibuat berbentuk boneka, dan lain sebagainya. (baca juga : 20 Contoh Desain Kaos Unik Inspiratif)

3. Jangan Sepelekan Kemasan Pada Produk Baru

Kemasan Produk Baru
Kemasan Produk Baru/Ilustrasi

Selain tampilan fisik yang menarik, bagi produsen yang kreatif biasanya juga akan mempertimbangkan masalah kemasan. Kemasan produk akan menjadi sesuatu yang dilihat pertama kali oleh konsumen sebelum ia melihat isi didalamnya. Oleh karenanya kemasan untuk produk baru bisa didesain semenarik mungkin dan disesuaikan dengan target marketnya. Produk untuk anak-anak yang biasanya memiliki warna cerah dan ceria, harus dibedakan dengan produk untuk orang dewasa.

Ditengah-tengah kuatnya persaingan bisnis yang ada saat ini, para penggusaha berlomba-lomba untuk membuat kemasan yang unik untuk mencuri perhatian konsumen. Kemasan yang unik selain dapat menarik perhatian juga berguna sebagai faktor pembeda (diferensiasi) dengan produk sejenis yang beredar di pasaran.

Kemasan pada produk baru selain berfungsi sebagai pembungkus biasanya juga digunakan sebagai media informasi bagi konsumen. Informasi ini bisa berupa nama merek, ukuran berat ataupun dimensi, petunjuk pemakaian produk, komposisi, tanggal kadaluwarsa, efek samping dan sebagainya.

Selain terdapat pada kemasan, beberapa perusahaan ada juga yang melampirkan berbagai informasi bagi konsumen dengan selembar kertas dalam kemasan ataupun dalam bentuk buku panduan yang lengkap. (baca juga : Tips Membuat Kemasan Produk Yang Baik)

4. Selalu ada untuk konsumen

Pelayanan kepada konsumen merupakan tujuan utama bagi perusahaan, tak sedikit jaminan mutu diberikan kepada konsumen. Apabila produk baru adalah barang, maka perusahaan siap memberi garansi jika terjadi kerusakan dalam waktu dan kondisi tertentu.

Selain jaminan berupa garansi, perusahaan dapat memberikan layanan lain misalnya jasa konsultasi produk. Memberikan nomor kontak pada kemasan produk, pihak perusahaan bisa menampung berbagai keluhan konsumen sekaligus memberi solusi atas produk yang telah dibeli.

5. Siap berinovasi

inovasi produk baru
inovasi produk/Ilustrasi

Selalu siap berinovasi merupakan satu syarat mutlak untuk bisa mempertahankan diri dari gempuran persaingan di pasaran. Meskipun produk baru belum diluncurkan, rancangan inovasi sudah harus ada di benak para pengusaha agar mampu mengikti perkembangan zaman. Berbagai inovasi bisa dirancang untuk memberikan manfaat lebih bagi para konsumen. Bentuk inovasi tersebut misalnya bisa berupa penambahan aksessoris-aksesoris pada produk baru.

Produk baru handphone misalnya, kini semakin canggih dengan berbagai fasilitas seperti kamera, tambahan lensa, akses WiFi, dan lain sebagainya. Apapun akan dilakukan oleh produsen untuk mengalahkan kompetitornya, dari Hp yang dulunya hanya digunakan sebagai telepon dan sms, kini hp bisa semakin cerdas hingga muncul produk baru SmartPhone.

6. Buat lini produk

Tak berhenti pada rencana penambahan aksesoris pada produk baru, jika perusahaan sudah cukup kuat pengusaha bisa menambahkan lini produk untuk dilempar ke pasaran. Penambahan lini produk ini bisa didasarkan atas segmen pasar yang dituju ataupun lainnya. Hal ini bisa dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar yang dituju ataupun menyasar pasar yang sama dengan produk yang berbeda.

Perluasan lini produk misalnya produk susu, ada yang diproduksi khusus untuk balita, untuk perkembangan anak, untuk ibu hamil dan untuk para manula. Perluasan lini produk dengan segmen pasar yang sama misalnya produsen sabun cuci kemudian dikembangkan dengan memproduksi sabun mandi, pasta gigi, sampo, dan lain-lain.

7. Jangan lupa beri merek

Hal terakhir untuk memaksimalkan produk agar bisa memasuki pasar dengan sempurna adalah pemberian merek. Hal ini penting untuk dilakukan guna mengikat konsumen agar mudah mengingat dan tetap loyal pada produk yang dibelinya. Merek ini bisa dibuat semenarik mungkin, mulai dari pemilihan nama, bentuk, warna, dan berbagai elemen desain lainnya. Merek inilah yang akan dijadikan sebagai ujung tombak saat melakukan promosi. (baca juga : Cara Membuat Logo Untuk Brand Perusahaan)

***

Banyak cara dan banyak jalan agar produk baru mampu bersaing di pasaran, tulisan ini mungkin hanya secuil dari sekian banyak strategi yang ada. Selalu optimis, dan semoga sukses…!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*