Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Syarat Mendaftar Google Adsense Agar Diterima

Salam Sukses. Untuk bisa menjadi seorang Publisher Adsense tentu langkah yang harus dilakukan adalah dengan mendaftar Google Adsense terlebih dahulu, hal itu cukup mudah dilakukan oleh siapapun, namun yang tidak mudah adalah untuk bisa diterima sehingga kita bisa memiliki akun Google Adsense yang bisa memberi penghasilan.

Saat saya menulis artikel ini saya sudah mendaftarkan akun ke Google Adsense. Peninjauan web pertama bisa lolos, dan pihak google telah memberikan kesempatan pada saya untuk membuat kode iklan yang harus dipasang pada situs Triknya.com ini. Namun sayang di sayang ternyata web ini juga belum diterima karena beberapa hal.

Setelah curhat dengan kawan-kawan yang telah berhasil mengumpulkan pundi-pundi dolar dari Adsense, ternyata ada banyak hal yang harus dilakukan agar akun yang didaftarkan bisa diterima dengan lancar (dan beberapa hal tersebut sudah saya lakukan). Menurut mereka secara garis besar beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

1. Memiliki Account di Google

Memiliki akun di Google menjadi salah satu syarat yang MUTLAK harus dilakukan agar bisa mendaftar di Google Adsense. Caranya-pun cukup mudah yakni dengan membuat email di Gmail. (baca juga : Ini Caranya Membuat Email Dengan Gmail)

2. Memiliki media tayang iklan

Setelah memiliki akun di Google berupa email, langkah selanjutnya adalah memiliki media tayang iklan. Media tayang tersebut bisa berupa artikel di blog/website maupun video di youtube.

Blog ataupun website sendiri merupakan media online yang mempunyai berbagai fungsi seperti catatan harian, artikel tips-trik, media publikasi seperti info event, berita, dan lain sebagainya. Blog ataupun website ini bisa dikelola oleh perseorangan ataupun kelompok, bahkan perusahaan. Situs yang Anda baca ini merupakan salah satu website yang bisa dijadikan sebagai media tayang iklan. Jika ingin membuat web dengan nama domain dan hosting sendiri tentu harus berbayar, jika suka gratisan bisa menggunakan Blogger.com

Selain dapat memanfaatkan blog atau website sebagai media tayang iklan, Google juga menyediakan sebuah ruang tak terbatas secara GRATIS untuk mereka yang suka membuat video. Youtube adalah salah satu produk Google yang bisa diakses dan dimanfaatkan untuk mendaftar Google Adsense. Bagi yang sudah memiliki akun Gmail, biasanya secara otomatis akan memiliki akun Youtube, bagi yang hobi membuat video unik silahkan dimanfaatkan peluang ini untuk mendaftar Google Adsense.

3. Membuat kontent yang original

Membuat kontent yang original menjadi salah satu hal penting jika ingin segera diterima saat mendaftar Google Adsense. Artikel bukan hanya copy paste dari web lain, namun harus ada hal-hal baru yang memperkaya informasi yang sudah ada. Dalam membuat artikel, materi tulisan bisa saja sama ataupun hampir sama dengan web lain, namun sebisa mungkin bisa menggunakan cara bertutur yang berbeda.

Membuat kontent yang benar-benar original memang bukan perkara mudah, saya sendiri biasanya menulis juga hasil dari berburu dan meramu. Sumber-sumber informasi yang ditulis bisa dari buku-buku, internet dan dicampur aduk dengan pengalaman pribadi, pengalaman tetangga dan lain-lain sehingga bisa menjadi sesuatu yang berbeda. Originalitas kontent tak hanya terbatas pada artikel saja, namun juga dalam membuat video di Youtube. Penggunaan audio dan elemen visual haruslah diperhatikan secara seksama, jangan sampai melanggar hak cipta orang lain.

4. Informasi Situs Lengkap 

Memberi informasi yang lengkap pada website maupun blog bisa menjadi penilaian tersendiri saat ingin mendaftar Google Adsense. Sebisa mungkin dalam web/blog tersebut memiliki halaman tentang situs, halaman Privacy Policy, halaman Disclaimer dan halaman Kontak.

5. Menyetujui Persyaratan dan Kebijakan Adsense

Menyetujui serta mematuhi berbagai syarat dan ketentuan dalam mendaftar Google Adsense memiliki variasi yang berbeda di tiap negara. Untuk mengetahui secara lengkap berbagai persyaratan dan kebijakannya silahkan buka link google ini : https://www.google.com/adsense/localized-terms?hl=in_ID

6. Memiliki uniq visitor yang stabil

Nah, hal inilah yang menjadi PR terbesar yang harus segera ditingkatkan agar web segera diterima dalam mendaftar Google Adsense. Memiliki uniq visitor web yang banyak menjadi faktor penting, karena hal ini sangat tergantung dari banyak hal, mulai dari jumlah artikel di web/blog yang dibuat (jumlah video di youtube), dan termasuk usia web dan blog tersebut dibuat.

Memiliki uniq visitor yang stabil biasanya bisa tercapai apabila para pengunjung tersebut datang dari mesin pencari, bukan visitor halaman web yang kita klik sendiri. Agar visitor bisa datang dari mesin pencari tentu tiap-tiap halaman di web kita harus ter-index di mesin pencari dahulu, kalau bisa kata kunci tiap halaman web optimal sehingga bisa berada di halaman pertama Google. untuk itu butuh optimasi web agar web/blog SEO (Search Engine Optimization) Friendly.

****

Demikianlah artikel curhat saya yang mengulas sedikit pengalaman dalam mendaftar Google Adsense. Silahkan ikut mencoba, Semoga sukses…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*