X
    Categories: Pemasaran

Strategi Pemasaran itu Penting untuk UKM, Ini Alasannya

Berbicara tentang strategi pemasaran, sebenarnya hingga kini masih banyak pelaku UKM yang belum benar-benar tau akan pentingnya sebuah strategi pemasaran. Bagi kebanyakan pelaku UKM baru, pemasaran banyak dimaknai sebagai jualan, ada juga yang memaknai sebagai promosi saja. Padahal pemasaran cakupannya bisa lebih luas, bukan hanya jualan dan promosi saja.

Minimnya pengetahuan tentang pemasaran bagi para pelaku UKM pemula, menyebabkan usaha yang dijalankan juga minim strategi, sehingga tak sedikit pengusaha  kecil yang mengalami kerugian bahkan gagal dalam menjalankan usahanya. Padahal di luar sana persaingan usaha semakin sengit dan produk sejenis yang baru banyak bermunculan. (Baca juga : Mengenal Bauran Pemasaran)

strategi pemasaran/Ilustrasi

Mengatur strategi dalam pemasaran memang penting, karena strategi pemasaran bukan hanya berbicara tentang jualan saja, namun menyangkut banyak hal. Berikut ini beberapa hal penting tentang strategi pemasaran bagi usaha kecil menengah :

1. Pemasaran adalah alat komunikasi

Sebagai alat komunikasi, pemasaran dapat difungsikan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan berbagai informasi mengenai produk yang akan dijual kepada konsumen. Beragam informasi produk tersebut diantaranya seperti keunggulan produk dibanding pesaing yang ada, beragam fitur produk yang ditawarkan dan berbagai informasi yang lebih rinci tentang produk-produk yang akan dijual di pasaran.

2. Pemasaran adalah senjata untuk menghadapi persaingan

Pemasaran yang dirancang dengan strategi jitu, akan lebih mudah untuk mengalahkan persaingan bisnis yang semakin hari semakin kuat. Strategi pemasaran akan menjadi kendaraan yang tangguh untuk bergerak lebih cepat, bisa menjadi senjata untuk menyerang keberadaan produk kompetitor, dan memenangkan persaingan usaha.

3. Marketing is a blood of company

Pemasaran adalah darah perusahaan, untuk itu strategi pemasaran perlu dilakukan dengan baik, untuk mempermudah penjualan produk. Dengan strategi yang baik maka juga akan mempermudah pencapaian hasil penjualan secara maksimal. (Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Produk UKM)

4. Strategi Pemasaran untuk membangun merek

Diakui ataupun tidak, saat ini konsumen bersedia membelanjakan uangnya untuk membeli produk salah satu faktornya adalah karena adanya merek. Merek yang mampu berada di benak konsumen adala merek yang berhasil dibangun. Membangun merek agar kuat dan dapat dipercaya salah satunya adalah dengan merancang strategi pemasaran yang baik.

5. Strategi Pemasaran untuk membangun hubungan dengan konsumen

Promosi sebagai salah satu bagian dari bauran pemasaran merupakan satu jalan untuk membangun hubungan dengan konsumen. Adapun bauran promosi sendiri terdiri dari Advertising (Periklanan), Sales Promotion (Promosi penjualan), Public Relation (Hubungan Masa), Personal Selling (Penjualan Perseorangan), dan Direct Marketing (Pemasaran langsung). Dengan menerapkan strategi bauran promosi ini, pelaku usaha bisa membangun hubungan dan meningkatkan loyalitas konsumennya. (Baca juga : Bauran Promosi)

6. Pemasaran untuk mengetahui keinginan konsumen.

Berbicara tentang pemasaran, maka tak kan bisa dilepaskan dengan riset pasar. Dari riset pasar inilah seorang marketer akan dapat mengetahui perilaku pasar yang ditargetkan. Dari sinilah bisa diketahui apa tingkah laku konsumen, kegemarannya, dan juga keinginan konsumen. Dari riset pasar inilah maka pelaku usaha UKM dapat menentukan produk yang dijualnya.

7. Strategi Pemasaran untuk menjaga pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang.

Bisnis dalam jangka panjang akan sangat ditentukan oleh kekuatan merek, kualitas produk, serta komunikasi pemasaran yang berkelanjutan.

Baca juga : Proposal Usaha, Begini Cara Membuatnya

Diolah dari : portalpengusaha.com