Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Pilih Printer Laser Atau Ink Jet? Ini Perbedaanya

Memilih printer untuk kebutuhan kantor meski sepele memang perlu dipertimbangkan juga, hal ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan kantor tersebut. Kedua printer ini, baik printer laser maupun ink-jet memiliki beberapa kekurangan dan kelebihannya masing-masin. Beikut beberapa hal yang bisa digunakan pertimbangan dalam memilih printer :

1. Bahan tinta printer

Dari segi bahan antara printer Inkjet dan printer Laser jauh berbeda. Jika printer Injket untuk menghasilkan cetakan, printer ini menggunakan tinta cair  sebagai bahan bakunya, tinta cair tersebut disemprotkan melalui cartridge microscopic nozzles di atas kertas. Tinta cair printer Inkjet biasanya terbuat dari bahan jenis pigmen yang memiliki karakteristik mudah luntur jika terkena air dan warna cepat pudar tergerus cuaca. Bahan tinta printer Inkjet yang beredar dipasaran biasanya memiliki 4 jenis warna primer yakni warna Cyan, Magenta, Yelow dan Black/Key (CMYK).  Keempat warna inilah yang akan menghasilankan ribuan jenis warna dalam hasil cetakan.

warna tinta printer
warna tinta printer

Berbeda dengan printer Laserjet, dalam menghasilkan cetakan printer ini biasanya menggunakan bahan baku tinta toner berupa serbuk, untuk menghasilkan cetakan printer laser menggunakan toner cartridge dan pemanas. Warna yang dihasilkan dari printer Laser-Jet cenderung lebih pekat dan jelas ketimbang menggunakan printer yang menggunakan bahan baku tinta pigmen. Selain memiliki kelebihan warna yang lebih tajam, menggunakan printer Laser Jet ini juga lebih tahan terhadap cuaca. Dari kepekatan warna yang dihasilkan oleh printer ini biasanya para desainer lebih cenderung memilih menggunakan printer Laser Jet, apalagi bagi mereka yang bergerak di pekerjaan cetak sablon, printer jenis ini bisa digunakan untuk membuat film sebelum diaplikasikan diatas screen sablon.

2. Kecepatan Printer dalam mencetak

Secara default, untuk masalah kecepatan dalam proses mencetak printer Laser bisa dibilang lebih cepat jika dibandingkan dengan printer Ink Jet. Untuk printer Inkjet yang murah memiliki kecepatan 16/12 (BW/Color) ppm.

Printer laser dengan harga 0.8 – 2 jutaan memiliki print speed sekitar 20 – 25 ppm, artinya printer dapat mencetak sekitar 20 – 25 per menit. Bahkan saat ini beberapa merek mesin printer laser memiliki cara kerja yang kecepatannya mirip dengan mesin fotocopy dalam mencetak.

gambar printer laser vs printer inkjet
gambar printer laser vs printer inkjet

Kecepatan mencetak kedua printer ini juga bisa disetting melalui komputer, apabila ingin menghasilkan gambar cetakan yang lebih detil dan pekat printer akan bekerja lebih lambat, apalagi untuk printer InkJet yang memerlukan waktu agak lama, khususnya untuk memproses cetakan seperti foto maupun gambar.

3. Teknologi printer laser dan ink jet

Fitur printer laser jet umumnya lebih baik dari inkjet, kelebihannya terletak di beberapa poin seperti memory dan processor. Kelebihan inilah yang membuat printer laser lebih jarang eror dan awet. Printer laser lebih unggul karena memiliki waktu penggantian cartridge lebih lama. Sedangkan untuk printer inkjet harus lebih sering mengganti cartridge atau isi ulang tinta. Untuk penggunaan jangka panjang, printer laser jauh lebih hemat dari printer inkjet.

4. Perbedaan Harga Printer Laser dibanding Ink jet

Dengan segala kelebihan yang dimiliki printer laser, menjadikan printer ini memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan printer InkJet. Harga printer inkjet relatif lebih murah, hanya dengan harga mulai 400.000-an kita sudah bisa mendapatkan printer inkjet ini di toko-toko perlengkapan komputer. Maka tak heran apabila printer InkJet lebih mampu menguasai pasar jika dibandingkan dengan printer Laser.

Printer laser memiliki kisaran harga sekitar Rp. 2.000.000-an (dua jutaan) untuk printer fullcolour, sedangkan yang hitam putih paling rendah seharga Rp. 800.000-an. Printer Laser biasanya hanya digunakan oleh orang-orang tertentu yang memang membutuhkan hasil cetakan yang lebih bagus, misalnya para desainer, mereka yang yang bekerja di wilayah percetakan dan juga perusahaan. (Baca juga : Aneka Jenis Printer Untuk Kantor Menurut Fungsinya)

Demikianlah ulasan singkat mengenai printer laser dan Inkjet. Jika Anda memiliki kebutuhan kualitas cetak yang lebih bagus bisa menggunakan printer laser, namun jika kebutuhannya hanya berkisar untuk mencetak proposal, surat-menyurat, dan kebutuhan administrasi biasa, Anda bisa memilih printer Ink Jet yang memiliki harga yang lebih murah.

Untuk kebutuhan printer di kantor yang mempunyai mobilitas tinggi, tentu akan lebih baik jika memiliki keduanya dengan penggunaan yang berbeda. Artinya kita bisa menggunakan printer laser khusus hitam putih untuk mencetak dokumen hitam putih karena printer laser memiliki kemampuan mencetak lebih banyak. Sedangkan apabila ingin mencetak berwarna, bisa menggunakan printer inkjet agar biaya lebih murah.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*