Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Peralatan Dapur Dan Fungsinya Dalam Usaha Catering

Peralatan dapur menjadi satu sarana penting yang harus dimiliki oleh siapapun yang akan mendirikan usaha catering. Berbagai peralatan ini biasanya terdiri dari alat-alat untuk meracik masakan, alat untuk memasak, dan juga alat untuk menyimpan makanan.

Berbicara tentang peralatan dapur untuk usaha katering, memang akan membutuhkan banyak modal untuk memilikinya. Jika dana pas-pasan peralatan bisa didapatkan dengan menyewa, bisa juga dengan membeli peralatan dapur yang masih tradisional. Namun jika anggaran belanja peralatan cukup, akan lebih baik jika membeli peralatan dapur moderen.

Peralatan dapur modern secara fungsi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan alat dapur konvensional. Perbedaannya hanya terletak pada teknologi yang digunakan pada alat dapur tersebut. Semakin moderen teknologi yang digunakan, biasanya juga akan mempermudah dalam penggunaanya. (Baca juga : Kiat Sukses Merintis Usaha Katering Pernikahan)

Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa peralatan dapur yang harus dimiliki untuk merintis usaha catering :

1. Peralatan Meracik Masakan

Peralatan dapur yang digunakan untuk meracik makanan terdiri dari berbagai peralatan yang berfungsi untuk memotong, mengiris, menghaluskan, dan juga melumatkan berbagai macam bahan makanan yang akan dimasak.

Berbagai alat dapur untuk meracik masakan ini ada yang dikerjakan secara manual ataupun dengan teknologi modern menggunakan mesin. Beberapa alat ini misalnya telenan, pisau, penyaring, gelas ukur, timbangan, pemarut, penggiling, cetakan kue dan lain-lain. (Baca juga : Alat Makan Usaha Katering Yang Perlu Anda Miliki)

peralatan dapur berupa-talenan-dari-kayu-dan-pisau-stainless
Peralatan dapur berupa talenan dari kayu dan pisau stainless/inacookies.co.id

Talenan adalah sebuah papan yang biasa digunakan untuk memotong daging atau bahan makanan lain, alat ini kebanyakan terbuat dari bahan plastik atau kayu. Bahan telenan tidak terbuat dari bahan logam karena jika digunakan untuk memotong bahan makanan, pisau yang digunakan akan tertap terjaga ketajamannya atau tidak cepat tumpul. Usahakan dalam membeli telenan ini dibedakan antara telenan untuk memotong daging dan telenan yang digunakan untuk memotong sayuran.

pisau merupakan peralatan memotong yang keberadaanya sangat vital dalam kegiatan masak-memasak. Pisau yang bagus untuk digunakan sebagai peralatan masak ini tentu yang tajam sehingga bisa lebih cepat, ringan, dan mudah dalam memotong berbagai bahan makanan. Selain pisau pemotong, usahakan juga memiliki pisau pengupas yang khusus digunakan untuk menguliti bahan-bahan makanan berkulit tipis seperti tomat dan wortel.

alat-dapur-berupa-penyaring-id-aliexpresscom
Contoh alat dapur penyaring/id.aliexpress.com

Penyaring merupakan alat dapur yang digunakan untuk berbagai kebutuhan menyaring bahan makanan. Alat saring ini bisa digunakan untuk memisahkan sayuran mentah setelah dicuci dengan air, menyaring air spaghetti, atau juga bisa digunakan untuk menyaring mie instan yang telah dimasak dari dalam panci. Ada bnayak bentuk dan jenis saringan ini, untuk kualitas terbaik biasanya terbuat dari bahan stainless stell, dan ada juga yang terbuat dari alumunium yang berlubang.

gelas ukur untuk meracik makanan/indonesian.alibaba.com

Gelas ukur dalam usaha katering dibutuhkan untuk menakar berbagai bahan makanan, bumbu-bumbu dan juga air agar sesuai dengan porsi resep yang dibutuhkan. Dengan alat ini tentu akan sangat membantu dalam menjaga kualitas masakan dengan rasa yang lebih stabil. Selain gelas ukur, peralatan untuk menakar bahan-bahan makanan juga bisa menggunakan timbangan kecil.

Peralatan dapur berupa cobek-batu/baltyra.com

Penggiling, merupakan peralatan yang digunakan untuk menggiling dan mencampur berbagai bumbu masakan sehingga bisa lebih lembut dan halus. Untuk alat penggiling bumbu tradisional biasanya ibu-ibu menggunakan “cobek”, untuk yang moderen biasanya menggunakan magic blender. Selain kedua alat tersebut, khusus untuk melembutkan kelapa dan bahan umbi-umbian biasanya menggunakan peralatan pemarut dan juga mesin penggiling khusus.

contoh-cetakan-kue-bisagrosircom
contoh cetakan kue /bisagrosir.com

Cetakan kue, merupakan peralatan dapur yang digunakan khusus untuk mencetak kue sebelum dimasak. Cetakan kue ini biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, tergantung dari jenis kue apa yang akan dibuat. Selain itu, penggunaan cetakan kue juga beraneka ragam, ada kue yang dicetak sebelum dimasak, ada yang dicetak saat dimasak, dan ada juga yang dicetak setelah kue dimasak.

2. Peralatan Dapur untuk Memasak

gambar kompor masak untuk usaha katering /tokopedia.com
gambar kompor masak untuk usaha katering /tokopedia.com

Kompor masak, menjadi salah satu peralatan dapur yang penting untuk dimiliki. Jika secara tradisional masyarakat dulu memasak menggunakan tungku ataupun kompor minyak tanah, untuk lebih praktis Anda bisa memilih menggunakan kompor modern seperti kompor gas atau listrik.

alat-dapur-berupa-penyaring-id-aliexpresscom
Wajan penggorengan /indonetwork.co.id

Wajan penggorengan, digunakan untuk menggoreng berbagai makanan yang akan digunakan untuk hidangan catering. Ada banyak merek, jenis bahan dan ukuran wajan penggorengan ini, sesuaikan saja dengan kebutuhan usaha catering. Untuk mendapatkan hasil gorengan yang terbaik, pilihlah wajan modern anti lengket.

gambar wajan pemanggang untuk usaha catering
gambar wajan pemanggang untuk usaha catering

Wajan pemanggang, digunakan untuk memanggang berbagai jenis makanan seperti sate, aneka kue dan lain sebagainya. Alat pemanggang juga memiliki banyak variasi, ukuran, dan bahan baku yang digunakan. Untuk itu sesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

aneka-macam-bentuk-panci-untuk-memasak-lazadacoid
aneka macam bentuk panci untuk memasak /lazada.co.id

Panci, memiliki berbagai macam bentuk, ukuran dan fungsi yang berbeda. Peralatan dapur ini banyak dipergunakan untuk merebus berbagai makanan. Ada panci yang khusus untuk memasak makanan berkuah, ada yang khusus digunakan untuk merebus makanan dalam jangka waktu lama, dan ada juga panci yang khusus digunakan untuk memasak air minum dalam jumlah banyak.

gambar-Oven-microwave-sudut-rumahcom
Oven microwave /sudut-rumah.com

Oven microwave. merupakan alat dapur yang digunakan untuk membuat makanan seperti kue, roti atau yang lainnya. Jika jaman dulu oven masih menggunakan kompor api, saat ini telah banyak beredar oven microwave yang bertenaga listrik maupun gas elpiji.

peralatan-dapur-berupa-Teko-Bunyi-gupasacom
Ketel atau Teko Bunyi/gupasa.com

Ketel pemasak air, merupakan peralatan dapur yang digunakan untuk memasak air minum, ada beragam ukuran dan bahan yang bisa dipilih. Untuk usaha catering biasanya menggunakan ketel ukuran besar atau bahkan menggunakan panci besar agar proses memasak air minum bisa dilakukan dengan cepat dalam ukuran yang banyak. (Baca juga : Macam-Macam Sendok Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Katering)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*