Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Pentingnya Menentukan Saluran Distribusi Produk

saluran distribusi

Salam Sukses, Menentukan saluran distribusi produk bagi perusahaan merupakan sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan secara matang, karena ini merupakan salah satu ujung tombak dimana produk akan langsung berhubungan dengan konsumen.

Dalam dunia pemasaran saluran distribusi ini sering dikenal dengan Place , dan komponen ini terdapat dalam Bauran Pemasaran (Marketing Mix). (baca juga : Tempat (Place) Dalam Marketing Mix)

Mengambil keputusan dalam menentukan saluran distribusi haruslah dilakukan secara tepat dan akurat, karena hal ini akan sangat berdampak pada seluruh keputusan pemasaran yang lainnya.

Perusahaan harus benar-benar memilih atau menyeleksi saluran distribusi/distributor yang akan digunakan, sebab kesalahan dalam pemilihan saluran distribusi ini dapat menghambat usaha dalam menyalurkan barang atau jasa.

Adapun pentingnya menentukan saluran distribusi produk bagi perusahaan diantaranya adalah :
  1. Saluran distribusi merupakan jalur yang dipakai oleh produsen untuk memindahkan produk mereka melalui suatu lembaga yang mereka pilih.
  2. Saluran mengalihkan kepemilikan produk baik secara langsung maupun tidak langsung dari produsen kepada konsumen.
  3. Saluran distribusi bertujuan untuk mencapai pasar tertentu. Jadi pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran.
  4. Saluran distribusi merupakan suatu kesatuan dan melaksanakan sistem kegiatan (fungsi) yang lengkap dalam menyalurkan produk.

Saluran distribusi selain berfungsi sebagai agen untuk memindahkan produk dari produsen dan konsumen, para anggota saluran distribusi ini  secara langsung maupun tak langsung  juga melaksanakan sejumlah fungsi utama lainnya yakni :

Sebagai agen informasi;

Informasi tentang pelanggan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi produsen/perusahaan. Dengan adanya penyalur yang handal, pihak perusahaan dapat melakukan pengurnpulan dan penyebaran informasi yang dibutuhkan perusahaan.

Melalui distributor, riset pemasaran dapat dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mengetahui berbagai informasi mengenai pelanggan, pesaing, pelaku lain, dan kekuatan dalam lingkungan pemasaran yang potensial pada saat ini.

Media Promosi;

Salah satu strategi untuk menekan biaya promosi adalah dengan memanfaatkan penyalur. Melalui penyalur ini perusahaan atau tim marketing dapat melakukan pengembangan dan penyebaran komunikasi persuasif mengenai penawaran yang dirancang untuk menarik pelanggan.

Banyak contoh perusahaan memanfaatkan agen atau penyalur sebagai media promosi, misalnya dengan memasang spanduk produk di tempat penyalur, memasang logo perusahaan di kendaraan penyalur dan berbagai cara lainnya.

Secara tidak langsung, kegiatan promosi menjadi juga merupakan kewajiban dari distributor. Dengan kegiatan promosi inilah perusahaan maupun distributor akan diuntungkan dengan meningkatnya pembeli yang melakukan transaksi.

Negosiasi;

Bagi banyak perusahaan, distributor bisa dijadikan “tangan kanan” marketing perusahaan untuk melakukan negosisasi dengan pelanggan. Melalui penyalur biasanya untuk hal-hal tertentu, dapat dicapai persetujuan akhir mengenai harga, dan syarat lain sehingga transfer kepemilikan dapat dilakukan.

Pemesanan;

Tak selamanya konsumen dapat berhubungan langsung dengan perusahaan untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Dengan melakukan komunikasi pada distributor, konsumen akan mendapatkan pelayanan terbaik dari distributor tersebut mengenai minatnya untuk membeli barang yang diinginkan.

Trend bisnis online yang semakin marak saat ini, seringkali konsumen justru bisa memesan/mendapatkan barang yang diinginkan melalui para distributor.

Sumber Pembiayaan;

Membangun saluran distribusi seringkali membutuhkan biaya yang besar bagi perusahaan. Namun dengan adanya distributor-distributor yang sudah berjalan dengan baik, perusahaan dapat mengajukan pembiayaan di perbankkan untuk memperluas saluran distribusinya. Perolehan dan alokasi dana yang dibutuhkan bisa digunakan untuk membiayai persediaan pada tingkat saluran pemasaran yang berbeda.

Pengambilan resiko;

Distributor merupakan salah satu organ pemasaran diluar perusahaan yang biasanya juga menanggung resiko terhadap semua barang yang didistribusikan kepada konsumen. Barang/produk yang sudah ditangannya secara otomatis sudah menjadi tanggung jawabnya.

Pemilikan fisik;

Produk yang telah sampai pada distributor adalah milik distributor tersebut. Seringkali mereka melakukan penyimpanan hasil produksi di gudang-gudang milikinya yang selanjutnya dapat didistribusikan kepada para konsumennya.

Pembayaran;

Distributor adalah pihak yang melakukan pembayaran langsung kepada perusahaan. Sedangkan konsumen membayar tagihannya kepada distributor lewat bank dan institusi keuangan lainnya.

Baca juga : Aneka Jenis Saluran Distribusi Produk

 



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*