Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Pentingnya Membuat Dan Memasang Favicon di Blogger

Salam Sukses. Membuat dan memasang favicon di Blogger ataupun situs web meski merupakan hal sepele namun penting dilakukan. Hal ini bisa dijadikan sebagai alat pembeda antara web satu dengan yang lainnya saat pengunjung membuka situs kita. Perbedaan tersebut akan tampak di bagian tab-tab pada browser yang digunakan.

Favicon sendiri merupakan singkatan dari Favorite Icon, pada dasarnya favicon merupakan sebuah identitas yang digunakan pada website. Identitas ini bisa berupa logo web, logo perusahaa, logo lembaga ataupun lainnya.

Faficon memiliki bentuk segi empat sama sisi yang biasanya berupa file yang berektensi .ico. Adapun ukuran favicon pada umumnya 16x16px, 32x32px, 64x64px, 128x128px dan lain-lain. Untuk membuatnya juga cukup mudah, jika gambar sudah ada tinggal merubahnya di situs iconmaker seperti di icoconvert.com, xiconeditor.com dan masih banyak lagi.

Ada banyak manfaat dengan membuat Favicon, selain bisa digunakan dalam web ataupun blog, favicon juga bisa dipakai untuk memberi tanda pada folder-folder di windows explorer komputer kita. Banyak orang memasang favicon di website mereka karena hal ini bisa menjadi satu cara untuk memperkuat brand image perusahaan ataupun lembaga melalui situs web yang dibuat. Jika web atau blog tersebut milik perseorangan, favicon ini bisa dijadikan sebagai alat untuk memperkuat citra web tersebut.

Membuat Favicon pada Blogger 

(Buat yang belum punya blog, bisa baca artikel ini : Menggunakan Akun Gmail Untuk Membuat Blog)

Ketika kawan-kawan sudah memilki blog di bogger, memasang favicon cukuplah mudah, karena file yang dibutuhkan tidak harus berekstensi .ICO namun cukup menggunakan file JPEG ataupun PNG. Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan gambar icon yang akan dipasang. File icon tersebut usahakan memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama dan besarnya file gambar tidak lebih dari 100KB.

icon-triknya-kecil

2. Masuklah ke Dasboard blogger.com dan pilihlah tata letak.

menu tata letak blogger

3. Anda akan masuk ke halaman tata letak, kemudian pilihlah menu “EDIT” di kotak favicon yang terletak di bagian kiri atas.

4. Pilih file ikon yang sudah disiapkan dan upload, kemudian simpan.

5. Langkah terakhir simpan setingan tata letak blog dengan menekan tombol “Simpan Setelan” di sebelah kanan atas dasboard.

Lihatlah hasil favicon yang telah diupload dengan mengunjungi halaman beranda blog ataupun di salah satu postingan. Selamat mencoba, semoga sukses…

Wajib  Baca : Cara Bikin Blog di Blogspot untuk Pemula. Lengkap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*