Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Panduan Lengkap Membuat Kopi Hitam yang Nikmat

Kopi hitam adalah biji kopi kering yang diolah melalui beberapa tahap hingga akhirnya menjadi secangkir kopi. Selain nikmat, jenis kopi ini juga memiliki manfaat bagi tubuh, yaitu dapat meningkatkan stamina.

Manfaat Minum Kopi

Kopi mencegah penyakit batu empedu
Para peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria.

Kopi dapat mencegah depresi
Perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi, dan mereka yang minum empat cangkir memiliki resiko 20 persen lebih rendah, menurut laporan 2011 dalam “Archives of Internal Medicine.”

Kopi dapat meningkatan memori
Kopi dapat membantu meningkatkan memori, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam sebuah studi tahun 2005 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.

Yang lebih menarik lagi, sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa wanita berusia 65 atau lebih yang rutin minum 3 gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki performa lebih baik dalam tes memori dan kurang mungkin untuk menunjukkan penurunan memori dibanding mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

Kopi mengurangi resiko diabetes

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Sebuah laporan pada Januari 2012 dalam ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ kemudian menjelaskan alasannya: yaitu karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

Kopi menurunkan resiko kanker
Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

Namun tidak hanya wanita yang mendapatkan keuntungan. Sebuah studi yang baru-baru ini keluar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi –baik yang biasa ataupun tanpa kafein– mengakibatkan penurunan risiko kanker prostat.

Kopi meningkatkan metabolisme tubuh
Kopi dapat membantu Anda mempertahankan – atau bahkan menurunkan- berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

Kopi menurunkan resiko penyakit Parkinson
“Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dan kopi akan menghasilkan risiko lebih rendah menderita Parkinson. Sebuah studi 2010 juga menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari menjadikan seseorang memiliki peluang 25 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit tersebut.

Kopi mengandung antioksidan tinggi
Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan.

Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam unrutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

Kopi meningkatkan kinerja dan performa
Kopi – dan kafein di dalamnya – telah ditunjukkan dalam beberapa studi dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah penelitian di tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan tampak dalam endurance (ketahanan), momen stop-and-go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang.

Hal ini juga dapat membantu atlet tampil baik selama latihan kekuatan – bahkan ketika kurang tidur – jika dikonsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.

Kopi dapat mencegah encok
Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat.

Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberikan dampak positif, dan mereka yang minum enam cangkir sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

Mungkin cara membuat kopi jenis ini sangat mudah. Namun jika menginginkan cita rasa yang aduhai, membuat kopi hitam tidak bisa dilakukan dengan sederhana. Tak heran jika kedai kopi yang menyajikan banyak pilihan kopi hitam mematok harga sangat mahal karena bahan dan alat yang digunakan kualitasnya berbeda dengan bahan dan alat yang kita gunakan dirumah.

Cara Terbaik Membuat Kopi Hitam

Membuat secangkir kopi hitam yang nikmat memiliki tahapan-tahapan penting yang sangat mempengaruhi cita rasa. Berikut ini cara membuat kopi hitam yang nikmat secara lengkap dengan tahapan-tahapan yang harus dilalui:

Pertama, kualitas air untuk menyeduh kopi hitam harus benar-benar diperhatikan. Jika menggunakan air keran sebaiknya disaring dahulu. Kemudian perhatikan suhu saat proses perebusan air. Janga sampai air mendidih bergolak jika menggunakan coffee maker.

baca juga;

Cara Meracik Kopi dengan Coffee Maker

5 Alat Pembuat Kopi Agar Ngopi Lebih Oke

Langkah kedua, sebaiknya membeli biji kopi yang belum digiling karena akan mendapatkan rasa lebih nikmat. Jika membeli kopi hitam yang sudah digiling akan kehilangan rasa dan kesegarannya. Kemudian seduh kopi hitam pada coffeemaker atau langsung di dalam cangkir atau mug sebagai kopi tubruk. Jika ingin rasa pahit pada kopi hilang, taburi sedikit garam pada cangkir untuk memberikan rasa lebih baik pada kopi hitam Anda. Sajikan dan nikmati kopi selagi hangat agar tak kehilangan rasa dan aromanya.

Ingat, jangan menyimpan kopi di dalam freezer atau lemari es. Namun simpan pada suhu ruang. Rasa kopi juga ditentukan oleh tempat penyimpanan. Suhu ruang bisa membuat rasa kopi menjadi enak dan kopi dapat bertahan selama seminggu atau lebih.

Setelah merebus air, diamkan air selama 30 detik sebelum menambahkan atau dicampurkan dengan kopi.

Kopi hitam tidak hanya sekedar kopi pahit yang selama ini anda pikir. Ada seni tersendiri dalam proses pembuatan kopi hitam yang benar-benar enak. Seni ini dapat dipelajari dengan cukup mudah, berikut ini adalah cara-caranya.

Lebih lengkapnya, ikuti tips membuat kopi hitam di bawah ini:

  • Pilih merek kopi hitam premium, jangan pilih kopi yang paling murah jika ingin kualitas kopi yang baik.
  • Pilih jenis kopi hitam sesuai dengan selera Anda. Kopi robusta memiliki rasa yang berbeda dengan kopi arabika. Kopi robusta memiliki rasa pahit, sedangkan arabika memiliki rasa yang lebih manis dan bervariasi. Selain itu, kopi arabika masih dibagi menjadi beberapa jenis lagi seperti arabika java, arabika gayo, dan masih banyak lagi.
  • Gunakan air putih yang bersih dan higenis
  • Gunakan peralatan yang tepat
  • Jika anda meracik kopi menggunakan French Press, Moka Pot, Syphon Filter ataupun yang lain, pastikan alat yang anda gunakan memenuhi standar. Sebab jika alat yang anda gunakan abal-abal, teksktur permukaan dari alat yang digunakan akan bercampur dengan kopi dan pada akhirnya akan mempengaruhi rasa dari kopi itu sendiri.
  • Perbanyak takaran kopi hitam dibandingkan gula
  • Jika anda biasanya menuangkan 1 sendok bubuk kopi hitam, maka jika ingin membuat kopi yang lebih enak tuangkan 2 sendok bubuk kopi.
  • Minum selagi hangat dan segar
  • Jangan membuat kopi terlalu panas, seorang peracik kopi yang baik memanaskan kopi sekitar 200 derajat celcius selama 45 detik. Jika anda bingung, intinya jangan biarkan kopi terlalu panas.

Bahan Membuat Kopi Hitam

  • Bubuk kopi hitam secukupnya sesuai dengan kekentalan yang diinginkan kami menyarankan 1 sendok makan
  • Gula sesuai dengan selera
  • Coklat Bubuk 1/2 sdt

Cara Membuat Kopi Hitam

  • Panaskan dua cangkir air dengan api sedang jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.
  • Jika air sudah panas atau hampir matang masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk hingga air mendidih kemudian masukkan bubuk coklat.
  • Siapkan saringan kopi hitam dari kain halus, dan dua buah mug sedang.
  • Tuang kopi hitam panas ke salah satu mug sedang kemudian mulailah menyaring kopi hitam ke mug yang lain angkat tinggi-tinggi mug ketika menyaring dan lakukan berkali-kali sampai kopi hitam mengeluarkan busa.
  • Siapkan cangkir dengan gula kemudian saring lagi untuk terakhir kali ke dalam cangkir gula yang telah disiapkan. Hias Kopi dengan grande sesuka anda. Rasa akan berbeda tergantung dengan bubuk kopi hitam yang anda gunakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*