Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Menggunakan Akun Gmail Untuk Membuat Blog

Salam Sukses. Memiliki akun email di Gmail memang memiliki banyak keuntungan, salah satunya misalnya bisa dimanfaatkan untuk membuat blog.  Ngeblog selain dapat digunakan sebagai media curhat, berbagi informasi, dan berjualan produk, blog juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mencari penghasilan dengan mendaftar ke Google Adsense.

Apapun tujuannya dalam membuat blog, yang pasti Google telah memberikan layanan ini secara cuma-cuma alias GRATIS. Jika kawan-kawan ingin memanfaatkan layanan ini juga tidaklah terlalu rumit, cukup dengan mendaftar dengan akun gmail yang sudah dibuat, kawan-kawan semua dapat menulis apapun dengan leluasa. (buat yang belum memiliki akun gmail silahkan baca di : Ini Caranya Membuat Email Dengan Gmail)

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah untuk membuat blog :

1. Masuklah ke akun blogger dengan alamat http://blogger.com, maka akan muncul penampakan halaman seperti di bawah ini.

membuat blog dengan gmail
Halaman depan di blogger.com

2. Setelah masuk di halaman yang seperti di atas maka masukkan sandi. Kata sandi ini sama persis dengan sandi saat mendaftar email di Gmail. Jika kata sandi sudah yakin benar, klik tombol “masuk” dan teman-teman akan melihat tampilan gambar di bawah ini. Silahkan memilih bahasa yang akan digunakan di blog pada menu dropdown di sebelah kanan atas halaman, kemudian Klik tombol warna oranya di sebelah kiri bawah.

halaman depan blogger

3. Di halaman ini akan muncul beberapa menu, salah satunya yaitu menu “Blog Baru” yang letaknya sebelah kiri atas, menu inilah yang harus dipilih untuk membuat blog baru.

membuat blog baru

4. Dalam membuat blog baru, langkah pertama kali yang harus disiapkan adalah nama blog yang unik yang akan digunakan sebagai judul blog. Judul blog yang baik adalah mudah diingat, penggunaan kata yang lebih pendek, dan keseusuaian judul blog dengan tema/kontent yang akan diangkat. Dalam menentukan tema semakin fokus pada satu permasalahan tertentu biasanya akan semakin baik.

5. Jika nama sudah ditentukan pastikan juga alamat blog belum digunakan oleh orang lain, karena jika nama tersebut sudah digunakan maka kita tidak bisa lagi menggunakan kata tersebut sebagai alamat blog kita.

daftar blog - buat blog baru

6. Pilihlah template sesuai kebutuhan sebagai sebuah “wajah” yang akan tampil ketika akan dibaca oleh pengunjung. Mantabkan pada satu pilihan, karena dengan bergonta-ganti template blog akan berdampak buruk pada SEO (Search Engine Optimization).

lihat blog baru

7. Untuk melihat tampilan blog baru yang telah selesai dibuat silahkan klikk tombol “Lihat Blog” di bagian atas, maka tampilan akan sesuai dengan template yang dipilih.

halaman depan blogspot

Selamat, Anda punya blog baru…! Memang tidak sulit membuat blog, bagi sebagian besar blogger pemula kesulitan utama justru biasanya terletak pada intensitas untuk menulis. Semakin sering menulis tentu akan semakin banyakk pengunjung yang mampir di blog yang telah dibuat. Selamat menulis, Semoga Sukses selalu…

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*