Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Mengganti Template Blog di Blogger, Ini Caranya

Salam Sukses. Setelah kita bahas bagaimana Menggunakan Akun Gmail Untuk Membuat Blog, kali ini saya ingin berbagi tentang cara untuk mengganti template blog di Bloger, yakni merubah tema tampilan wajah blog.  Mengubah tema blog ini secara otomatis juga akan mengubah semua tampilan halaman, baik warna, jenis font yang digunakan, struktur data, tampilan di beranda, halaman dalam postingan, dan lain sebagainya.

Untuk mengganti template pada blogger ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni dengan merubah template dasar yang sudah disediakan mesin blogger dan dengan menggunakan template eksternal yang dibuat dengan cara mengganti script HTML pada blog.

A. Merubah template dasar pada blogger

Mengganti template blogger dengan cara merubah template dasar bawaan blog memang lebih mudah dilakukan. Pihak blogger sudah menyediakan berbagai macam pilihan template yang bisa digunakan. Keuntungan mengganti dengan cara merubah template dasar ini adalah hampir semua template yang tersedia  merupakan template responsif, yaitu template yang kompatibel terhadap semua media penayangan, baik di dekstop komputer, tablet, android, hanphone dan lain-lain. Untuk merubah template dasar pada bloger berikut langkah-langkahnya :

1. Masuklah ke dasbor blogger dan  pilih menu “Template”

pilihlah menu template

2. Pilih menu “Sesuaikan” untuk merubah template dasar pada blog

pilih sesuaikan

3. Setelah Anda masuk pada halam ini, Anda akan diberi banyak pilihan untuk merubah tampilan blog yang dibuat. Menu-menu yang terdapat dalam kotak hitam bagian atas merupakan beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mengantur tampilan blog, sedang dibagian bawah merupakan preview blog yang akan diatur.

halaman sesuaikan pada blog

4. Aturlah perancangan blog tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Mulai dari bentuk templatenya, latar belakang, kesesuaian lebar blog, tata letak dan setingan tingkat lanjut lainnya.

6. Jika pengaturan sudah sesuai dengan keinginan, maka simpan dengan cara menekan tombol “Terapkan ke Blog” yang terletak di sudut kanan atas.

B. Mengganti template dengan menggunakan template eksternal

Ada banyak sekali situs yang menyediakan template blogger dengan beragam bentuk visualnya, baik yang berbayar maupun yang disediakan secara cuma-cuma alias gratis. Untuk mencarinya juga cukup mudah, tinggal masukkan kata kunci “Template Blogger” di mesin pencari google,maka akan muncul banyak situs yang menyediakan template-template tersebut.

Template yang disediakan oleh berbagai situs tersebut biasanya pengunjung juga akan diberi banyak sekali pilihan. Masing-masing template biasanya juga diberi fasilitas tombol “Demo” ataupun tombol “Preview” untuk melihat kinerja template secara langsung. Jika Anda sudah cocok dengan templatenya silahkan Download saja. Untuk memasang di blog, begini caranya :

1.  Setelah kita mendownload template blog, biasanya file yang didownload tersebut masih dalam bentuk file kompresi yang berekstensi .zip, untuk itu extract dulu file tersebut di salah satu folder komputer Anda.

2. Masuklah ke halaman Template dan pilihlah menu “Edit HTML”

pilih menu edit html

3. Hapus semua script HTML pada halaman blog yang ada.

hapus semua script

4. Bukalah file theme yang sudah di-download, file ini biasanya berekstensi .xml dan bisa dibuka dengan notepad. Copy semua script HTML yang ada kemudian paste-kan pada pada halaman blog yang sebelumnya telah dihapus.

5. Tekan tombol “Simpan Template” pada bagian atas script untuk menyimpan perubahan template.

simpan template

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka dalam mengganti template blog di blogger sudah selesai. Silahkan cek tampilan blog baru Anda sekarang. Semoga Sukses..

Wajib Baca : Cara Bikin Blog di Blogspot untuk Pemula. Lengkap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*