Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Mendirikan Usaha Kecil Bagi Pemula, Ini Tipsnya

Bagi seorang pemula yang ingin menekuni dunia bisnis, mendirikan usaha kecil bisa menjadi satu langkah untuk bisa memiliki usaha yang besar. Dari bisnis kecil ini, jika bisa dikelola dengan baik maka lambat laun akan dapat berkembang sesuai yang diharapkan.

Mengelola usaha kecil agar dapat selalu berkembang memang membutuhkan berbagai strategi jitu dengan didukung oleh pengelolaan usaha yang baik. Strategi dan pengelolaan yang baik ini bisa dimulai sejak gagasan mendirikan usaha tersebut muncul.

Mendirikan usaha kecil pada dasarnya adalah mengelola kepentingan pribadi dengan cara memenuhi kepentingan orang lain yang ada. Dalam hal ini kepentingan pribadi bisa berupa keinginan mendapatkan uang, sedangkan kepentingan orang lain adalah mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginannya.

Semakin besar kebutuhan orang lain terhadap produk yang ditawarkan, maka semakin baik pula usaha kecil tersebut didirikan. Untuk itulah, sebelum mendirikan usaha kecil ada baiknya melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan para calon konsumen.

Secara rinci, berikut ini kami sajikan 7 kunci sukses untuk mendirikan usaha kecil bagi pemula :

1.Temukan ide bisnis

Menemukan ide bisnis Mendirikan Usaha Kecil
Menemukan ide bisnis/Ilustrasi

Mendapatkan ide bisnis merupakan satu langkah awal yang harus dilakukan untuk dapat mendirikan usaha kecil. Ide bisnis ini bisa didapatkan dari mana saja, mulai dari media masa atau surat kabar, melihat pameran usaha, berbincang dengan orang lain, dan lain sebagainya.

Cara sederhana untuk mendapatkan ide bisnis misalnya dengan melihat produk apa saja yang saat ini sudah ada, kemudian buatlah produk yang bisa melengkapi atau menyempurnakan dari produk yang sudah ada tersebut. (Baca juga : 7 Cara Ampuh Mendapatkan Ide Bisnis)

Ada banyak factor yang perlu dipertimbangkan agar ide bisnis tersebut bisa disebut sebagai ide bisnis yag baik, beberapa factor tersebut diantarnya; ada produk yang dijual, ada pasarnya, bisa diproduksi Karena ada alat dan SDMnya, serta tersedia bahan baku untuk membuatnya. (Baca juga : Jangan Salah Pilih, Ini Ciri Peluang Bisnis Yang Bagus)

2.Miliki hasrat tinggi dalam mendirikan usaha kecil

Miliki hasrat tinggi dalam mendirikan usaha kecil
Miliki hasrat tinggi dalam mendirikan usaha kecil/Ilustrasi

Hasrat atau passion merupakan hal penting untuk dimiliki oleh seorang wirausaha. Dengan hasrat tinggi inilah pengusaha akan mendapatkan energy untuk menjalankan bisnisnya secara berkesinambungan.

Ada banyak sebab kenapa seseorang bisa memiliki hasrat tinggi dalam berbisnis, beberapa sebab ini misalnya karena memang bisnis tersebut memiliki prospek keuntungan yang besar, bisa karena bagian dari hobi yang sudah dilakukan sehari-hari, atau karena adanya keinginan untuk meraih cita-cita seperti membangun rumah, naik haji, atau harapan untuk bisa merdeka secara finansial. (baca juga : Ingin Merdeka Secara Finansial? Ikuti 7 Langkah Ini)

Bisnis yang dijalankan dengan penuh hasrat, biasanya akan memiliki hasil yang lebih maksimal. Kekuatan yang terlahir dari dalam diri sendiri ini bisa menjadi semacam “api” untuk terus memajukan usaha. Hasrat bisa menjadi kekuatan saat usaha mengalami berbagai kendala, ia bisa membangkitkan ketika terjatuh dan menjaga semangat untuk selalu bekerja dengan sungguh-sungguh.

3.Buat Rencana Bisnis dengan matang

Buatlah Rencana Bisnis dengan matang sebelum mendirikan usaha kecil
Buatlah Rencana Bisnis/Ilustrasi

Ide bisnis yang baik dan hasrat yang tinggi belumlah cukup untuk bisa mendirikan usaha kecil agar dapat berjalan dengan sukses. Salah satu syarat yang tidak kalah penting adalah dengan membuat rencana bisnis secara matang. Rencana bisnis atau yang sering disebut sebagai business plan ini merupakan dokumen tertulis yang dibuat sebagai acuan dalam menjalankan usaha.

Rencana bisnis selain berfungsi sebagai acuan untuk menjalankan usaha, juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mencari investor dan melakukan berbagai kerjasama dengan banyak pihak. Dengan membuat rencana bisnis yang matang maka akan semakin jelas gambaran usaha yang akan dilaksanakan. (Baca juga : Membuat Business Plan Untuk Menarik Investor, Ini Caranya)

4.Lakukan diskusi dengan calon konsumen

Lakukan diskusi dengan calon konsumen sebelum mendirikan usaha kecil
Lakukan diskusi dengan calon konsumen /Ilustrasi

Ketika semua gagasan mendirikan usaha kecil sudah tersusun dalam rencana bisnis, ada baiknya pengusaha juga melakukan diskusi dengan calon konsumen. Tanyakan tentang produk-produk yang akan dibuat, manfaatnya bagi mereka, kesesuaian harganya, dan lain sebagainya.

Melakukan diskusi produk dengan calon konsumen memang perlu, hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peluang yang ada di pasaran dan potensi keuntungan di dalamnya. Untuk itulah dengarkan apapun tanggapan mereka. Setelah itu sempurnakan rencana bisnis yang telah dibuat.

5.Berikan bukti, bukan hanya janji

Dalam mendirikan usaha kecil, jangan takut memberikan sampel produk secara gratis
Dalam mendirikan usaha kecil, jangan takut memberikan sampel produk/Ilustrasi

Setelah dilakukan penyempurnaan rencana bisnis, langkah selanjutnya adalah membuat sample produk yang kemudian dapat diuji di pasaran. Pengujian ini dapat diterapkan pada beberapa calon konsumen potensial dan kembali tangkap apa komentar mereka.

Untuk tahap awal dalam mendirikan usaha kecil, jangan takut memberikan sampel produk secara gratis pada calon konsumen. Dengan memberikan produk gratis tersebut, diharapkan setidaknya 50%nya akan bisa menjadi pelanggan setia nantinya.

Komentar berupa pujian, cacian, ataupun kritik dari calon konsumen adalah informasi yang berharga bagi wirausahawan. Untuk itu terbukalah terhadap berbagai masukan yang diberikan orang lain, jadilah pendengar yang baik. Ambil masukan yang positif, jika perlu lakukan sedikit perubahan agar produk bisa lebih baik untuk jangka panjang.

6.Lakukan sekarang juga..!!

Setelah semua proses di atas sudah dilakukan semua, satu hal paling penting untuk dilakukan dalam mendirikan usaha kecil adalah “ACTION”. Tak ada artinya punya segudang rencana bisnis jika tanpa aksi, oleh karena itu segera lakukan semua yang sudah direncanakan sesuai dengan business plan yang sudah dibuat.

Jangan enggan menggaet investor untuk mengembangkan usaha agar lebih besar, ciptakan produk dengan kualitas terbaik, harga yang terjangkau, buka saluran distribusinya, dan lakukan promosi semaksimal mungkin agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. (Baca juga : Bauran Promosi (Promotion Mix) Dalam Pemasaran)

7. Selalu Inovatif

Bisa mendirikan usaha kecil merupakan satu kebanggaan yang tak terkira. Untuk bisa bersaing dalam dunia usaha yang semakin kompetitif, jangan enggan untuk selalu melakukan eksplorasi dalam mengembangkan usaha. Inovatif menjadi salah satu kunci sukses untuk mengembangkan usaha kecil agar bisa menjadi usaha besar.

Mendirikan usaha kecil agar selalu berkembang dan meraih kesuksesan memang bukan perkara mudah, namun dengan kesungguhan dalam memanfaatkan waktu yang ada, bisa menjadi satu cara untuk menggapai semua cita-cita.

Selamat berjuang..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*