Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Memilih Hosting Secara Tepat Untuk Website Perusahaan

Tips membeli hosting website perusahaan

Berbagai fasilitas hosting
Berbagai fasilitas hosting/cc/geralt

Memilih hosting website perusahaan memang tak kalah pentingnya dengan mencari nama domain web. Sebagai sarana menyimpan berbagai data perusahaan pada server, hosting memiliki peran penting agar seluruh data yang telah diupload mudah diakses di internet oleh publik.

Seiring dengan meningkatnya pengguna internet saat ini, semakin banyak pula jasa penyedia domain dan hosting yang memberikan berbagai penawaran menarik pada pelanggannya. Masing-masing penyedia layanan ini memberi berbagai tawaran yang beragam, bahkan janji-janji manis yang seringkali justru dapat menjebak pelanggan baru. (Baca juga : Membuat Website Untuk Usaha Itu Penting! Ini Alasannya)

Memilih hosting pada perusahaan yang tepat memang sangat dibutuhkan, oleh karena itu ada baiknya saat memilih hosting Anda telah memastikan dengan cara yang benar dan juga telah meneliti dengan saksama sebelum memutuskan untuk memilih hosting di perusahaan tersebut.

Berikut ini kami sajikan beberapa hal penting sebagai bahan pertimbangan saat memilih hosting :

1. Status dan keberadaan perusahaan penyedia hosting

memilih hosting pada perusahaan yang jelas keberadaanya
Membeli domain dan memilih hosting pada perusahaan yang jelas keberadaanya/CC/FirmBee

Seperti yang telah disebutkan diatas, saat ini penyedia layanan hosting memang semakin banyak, baik yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Memilih hosting yang tepat memang sangat diperlukan, mengingat sudah banyak kejadian buruk menimpa para pengguna jasa ini. Mulai dari layanan yang buruk, server yang sering down, bahkan ditinggalkan begitu saja oleh perusahaan penyedia hosting karena bangkrut.

Membeli domain dan memilih hosting pada satu perusahaan penyedia layanan hosting memang sangat membutuhkan kejelian, mengingat hingga saat ini banyak penyedia layanan hosting yang terkadang tidak jelas status dan keberadaanya. Misalnya tidak berbadan usaha, tidak punya lokasi kantor yang jelas, bahkan banyak bermunculan pendatang baru yang hanya coba-coba menekuni usaha penyedia jasa domain hosting.

Agar dalam memilih hosting tidak salah, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek atau melakukan riset online. Beberapa data yang dibutuhkan misalnya apakah penyedia layanan hosting tersebut memiliki alamat yang jelas, seberapa banyak jumlah pelanggan yang telah mereka layani, semakin banyak jumlah pelanggan maka bisa dipastikan semakin baik pelayanan dan kualitasnya. Dari sekian banyak pelanggan yang dilayani, pastikan ada beberapa website terpercaya dan terkenal yang ia layani.

Selain dengan cara diatas, bisa juga dengan melihat trafik kunjungan pada web penyedia hosting tersebut. Cara paling sederhana untuk mengetahui seberapa besar trafik pengunjung bisa di cek melalui site info di alexa.com. Semakin sedikit angka Alexa Traffic Ranks, maka kemungkinan besar situs penyedia web tersebut memiliki banyak pengunjung sehingga dapat diasumsikan juga banyak yang menggunakan jasanya. (baca juga : Membeli Domain Website Untuk Perusahaan, Ini Tipsnya)

2. Server dan jaringan stabil

memilih hosting yang memiliki server dan jaringan stabil
Memilih hosting yang memiliki server dan jaringan stabil/CC/BlickPixel

Penyedia layanan hosting yang bagus biasanya akan selalu menjaga stabilitas server dan uptime. Uptime adalah lamanya waktu aktif server, untuk itu carilah penyedia hosting yang jarang nonaktif, agar situs bisa selalu diakses dengan baik. Server yang sering non aktif akan berdampak buruk pada pengunjung web.

Stabilitas, keamanan dan uptime dari sebuah server web memang sangat penting. Hal-hal yang dapat mempengaruhi stabilitas server/uptime ini diantaranya adalah mesin dan jaringan pada server, software, serta keamanan server itu sendiri. Server yang memiliki tingkat keamanan yang rendah biasanya akan lebih rentan untuk dih4ck orang, dampaknya server sering down bahkan dapat menghilangkan data-data yang ada.

3. Security jaringan harus kuat

memiliki keamanan tinggi
Server memiliki keamanan tinggi/cc/pixelcreatures

Keamanan memang harus menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan secara matang jika akan menggunakan layanan hosting. Dengan memilih hosting yang memiliki tingkat keamanan yang baik, ini untuk meminimalisir kemungkinan web diserang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagi penyedia hosting yang profesional, mereka akan mempersiapkan berbagai pengamanan untuk melindungi server dan situs dari berbagai kerusakan dari faktor luar. Dengan memiliki keamanan yang tinggi maka bisa dipastikan pelanggannya akan semakin banyak.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui keamanan sebuah server adalah dengan menanyakan secara langsung pada penyedia hosting, apakah mereka menyediakan orang-orang yang kompeten dalam bidang keamanan web. Jika tidak menyediakan, segeralah pindah tempat dengan memilih hosting yang memberi keamanan tinggi.

4. Backup data secara berkala

Backup data secara berkala
Backup data secara berkala/cc/Paulina101

Memilih hosting yang secara berkala membackup data website pelanggannya juga menjadi salah satu faktor penting. Perusahaan penyedia hosting yang sudah terpecaya biasanya mereka akan melakukan backup data secara rutin, bahkan bisa secara harian.

Backup data yang dilakukan secara berkala oleh penyedia hosting akan memberi rasa aman pada para blogger atau pembuat web. Apabila suatu saat situs terjadi kesalahan (misalnya data terhapus) atau karena database hilang, maka data-data website akan tetap bisa terselamatkan karena pihak penyedia hosting memiliki copy-nya.

Sebelum memutuskan untuk memilih hosting di penyedia layanan hosting, ada baiknya Anda bertanya dulu, apakah penyedia hosting tersebut melakukan backup data. Jika melakukan seberapa sering ia melakukan, pastikan jika mereka melakukannya setiap hari. Jangan memilih hosting yang tidak jelas aturan backup datanya, termasuk jika hanya melakukan dalam seminggu sekali atau sebulan sekali.

5. Berbagai fasilitas hosting

Berbagai fasilitas hosting
Berbagai fasilitas hosting/cc/geralt

Jika Anda telah membeli hosting, biasanya pihak provider akan mengirimkan email yang berisi informasi tentang hosting yang telah dipesan. Pada umunya mereka akan memberikan akses control panel (Cpanel) beserta passwordnya guna mengelola situs yang akan dibuat.

Control panel ini biasanya berisi berbagai informasi dan aplikasi standar yang dibutuhkan untuk membangun situs. Dari masing-masing penyedia layanan biasanya juga berbeda-beda fasilitasnya, oleh karena itu tanyakan pada mereka fasilitas apa saja yang terdapat pada Cpanel jika membeli hosting di tempatnya.

Beberapa aplikasi yang sering disediakan oleh penyedia hosting ini misalnya PHP, MySQL, Perl, antivirus, antispam di server SMTP, akses mailbox melalui webmail, POP3, forwarding, dan IMAP4, dan lain sebagainya.

Selain berbagai aplikasi diatas, beberapa hal yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah tentang kapasitas hardisc dalam hosting, besarnya bandwidth, jumlah addon domain, jumlah maksimal mailing list, dan juga FTP account.

Penyedia layanan hosting biasanya juga telah membuat berbagai paket yang mereka jual. Untuk itu sesuaikan kebutuhan hosting Anda dengan beberapa paket yang mereka sediakan. Semakin besar paket data dan bandwidth yang ditawarkan biasanya juga semakin mahal harganya.

6. Kepemilikan dan Pengaturan Domain

Kepemilikan dan Pengaturan Domain
Kepemilikan dan Pengaturan Domain/cc/Life of Pix

Jika Anda telah memutuskan untuk memilih hosting di salah satu penyedia layanan ini, akan lebih baik jika nama domoain juga dibeli di tempat yang sama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konfigurasi domain dan hosting sehingga website bisa diakses.

Apabila domain dan hosting dibeli di tempat yang sama, biasanya Anda akan mendapatkan dua macam pengaturan, yakni berupa domain manager dan control panel. Domain manager berguna untuk mengelola domain sedangkan cpanel berguna untuk mengelola hosting.

Apabila Anda tidak diberikan control panel dan domain manager, maka Anda akan mengalami kesulitan jika suatu saat ingin memindahkan hosting, pengaturan nameserver, dan transfer domain.

7. Support pelanggan cepat

support terhadap pelanggan hosting cepat
Support terhadap pelanggan/cc/bssmadeit

Perusahaan penyedia hosting yang ada di Indonesia saat ini pada dasarnya adalah penyedia jasa support. Support inilah yang sebenarnya akan kita bayar pada penyedia hosting, semakin baik support mereka kepada pelanggan, maka bisa dipastikan penyedia hosting ini memang memiliki nilai yang lebih baik.

Penyedia hosting yang bagus mereka akan selalu memonitor aktifitas di jaringan selama 24 jam penuh, siap melayani berbagai keluhan sepanjang waktu, dan mampu mendeteksi aktifitas yang tidak wajar pada hosting yang kita sewa. Jika ada sesuatu yang tidak beres pada situs, penyedia layanan hosting biasanya akan memberi solusi yang baik untuk menyelesaikan berbagai masalah dengan cepat.

8. Pertimbangkan harga saat memilih hosting

Pertimbangkan harga saat memilih hosting

Dari sekian banyak perusahaan penyedia hosting biasanya mereka mematok harga yang beragam dari setiap jenis layanan yang ditawarkan. Dari masing-masing layanan, harga yang sama belum tentu memiliki tingkat layanan yang sama. Bisa saja dalam dua penyedia hosting menawarkan resource space dan traffic limit yang sama namun dengan harga berbeda. Perbadaan harga tersebut bisa saja karena memang jenis pelayanannya yang berbeda.

Untuk masalah harga, pada intinya jangan mudah terjebak pada penawaran fasilitas yang fantastis. Hal terpenting yang harus dipikirkan dalam memilih hosting adalah kembali lagi pada 7 point yang telah disebutkan diatas. Harga sedikit agak mahal tidak masalah, yang terpenting situs akan selalu aman dan mudah diakses.

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.