Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Membuat Website Untuk Usaha Itu Penting! Ini Alasannya

Membuat website perusahaan

membuat website sebagai media promosi perusahaan
membuat website sebagai media promosi perusahaan/CC/StartupStockPhotos

Di era teknologi informasi yang semakin canggih saat ini, membuat website bisa dibilang sudah harus menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Selain bisa dijadikan sebagai media informasi perusahaan, website juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan usaha, misalnya untuk promosi, meningkatkan citra perusahaan dan lain-lain.

Tidak bisa dipungkiri, masyarakat era sekarang semakin banyak yang menggunakan media internet untuk mencari berbagai informasi. Tak terkecuali untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, seperti berinteraksi dengan orang lain, mencari referensi produk, hingga melakukan belanja online.

Bagi sebuah perusahaan, membuat website memiliki banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan fungsi website bagi perusahaan :

1. Website sebagai media informasi

Website sebagai media informasi perusahaan
Website sebagai media informasi perusahaan/CC/ransomtech

Membuat website bagi perusahaan memiliki keuntungan cukup besar, salah satunya adalah untuk mempermudah dalam memberi informasi kepada publik yang lebih luas. Informasi ini bisa tentang produk dan layanan yang ditawarkan, bisa berupa pengumuman-pengumuman, profil perusahaan, kontak yang bisa dihubungi (email, nomor telepon, ataupun alamat surat yang jelas) dan lain sebagainya.

Website bagi perusahaan bisa dijadikan sebagai media untuk menyampaikan informasi yang benar-benar akurat, tepat dan bisa menjadi cara cukup praktis. Apalagi didukung dengan penggunaan berbagai media sosial yang saat ini bisa diakses secara gratis. Dengan media sosial inilah informasi dapat disebar secara luas dan cepat, sehingga bisa menjadi viral yang semakin lama informasi semakin mudah untuk diketahui banyak orang.

2. Website untuk berinteraksi dengan pelanggan

Membuat website untuk berkomunikasi dan berinteraksi
Membuat website untuk berkomunikasi dan berinteraksi/cc/ransomtech

Selain digunakan sebagai media komunikasi, membuat website juga bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggan atupun pengunjung situs. Beberapa perusahaan yang terbuka biasanya akan melengkapi websitenya dengan fasilitas chating, bisa menggunakan yahoo messenger atau aplikasi lainnya.

Fasilitas berupa aplikasi chating ini biasanya akan dimanfaatkan dengan baik oleh para pelanggan untuk berkomunikasi secara langsung dengan perusahaan. Mereka bisa saja menanyakan berbagai hal mengenai produk yang ditawarkan, ingin menjalin kerjasama, ingin memesan produk, dan juga melayangkan komplain jika pelanggan merasa tidak puas dengan layanan perusahaan.

3. Membuat website untuk meningkatkan pendapatan perusahaan

mencari dolar di internet melalui bisnis online
Meingkatkan pendapatan melalui bisnis online/cc/Brett_Hondow

Bisnis online saat ini memang bisa dibilang semakin menjamur. Banyak perusahaan yang sebelumnya hanya melayani jual beli secara offline, kini telah meningkatkan layanannya dengan menjual produknya secara online. Dengan membuat website inilah, bisa dijadikan sebagai media untuk menjalankan bisnis online perusahaan.

Dengan menjalankan bisnis online ini, pengunjung akan bisa merasakan kemudahan untuk mengakses produk-produk perusahaan. Hanya dengan bertransaksi online, pelanggan akan dengan mudah membeli produk yang dijual hanya dengan melakukan beberapa sentuhan pada tombol keyboard mereka.

Tak hanya sebatas pada transaksi jual beli produk perusahaan, bagi web perusahaan yang telah memiliki trafik tinggi web tersebut juga bisa dipasang iklan yang relevan dengan bisnis yang dijalankan. Iklan ini bisa mendatangkan keuntungan tersendiri diluar kegiatan jual beli produk hasil perusahaan.

4. Membuat website untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan 

mencari uang lewat internet
Mencari banyak pelanggan lewat internet (ilustrasi)/cc/dawnfu

Internet memang telah menjadi sarana penyebaran informasi yang tak mengenal batas ruang dan waktu. Bagi perusahaan yang memiliki segmen pasar cukup luas hal ini menjadi keuntungan tersendiri jika membuat website. Dengan adanya website, bisa saja perusahaan akan mendapatkan pelanggan-pelanggan baru yang tak terduga asal-muasalnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar web semakin mudah dikenal dan memiliki pengunjung yang banyak. Selain dilakukan dengan menyebarkan lewat jejaring sosial dan promosi offline, website juga bisa dioptimasi agar dapat terindex di halaman google dengan kata kunci tertentu.

5. Website sebagai sarana promosi yang efektif

membuat website sebagai media promosi perusahaan
Website sebagai media promosi perusahaan/CC/StartupStockPhotos

Melakukan promosi perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satnya dengan membuat website. Dengan desain web yang menarik dan didukung dengan kemudahan untuk diakses, maka informasi perusahaan akan semakin mudah ditemukan di desktop dan seluler yang terkoneksi dengan internet.

Website bagi banyak perusahaan bisa dijadikan sebagai katalog produk online, brosur maupun iklan sebagaimana yang ada di media cetak. Melalui web inilah publik akan mengetahui berbagai produk-produk baru dan jasa perusahaan secara realtime.

6. Website untuk meningkatkan citra perusahaan 

membuat website meningkatkan citra perusahaan
membuat website meningkatkan citra perusahaan/CC/FirmBee

Selain berbagai fungsi yang telah disebutkan diatas, membuat website perusahaan juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan citra perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang sadar akan pentingnya branding usaha, biasanya akan menyematkan alaman web ke semua media promosi yang mereka buat. Dengan adanya website disetiap media promosi, maka perusahaan akan lebih mudah memunculkan kesan positif, lebih profesional dan lebih bermutu jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.