Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Membuat Visi Misi Perusahaan, Ini Caranya

Membuat visi misi perusahaan merupakan satu hal penting untuk dilakukan bagi siapapun yang akan merintis usaha. Visi Misi ini, bagi perusahaan akan berperan sebagai “peta harta karun” yang akan memandu jalannya usaha hingga sampai ke tujuan yang diinginkan.

Membuat Visi Misi Perusahaan

Visi adalah gambaran tentang masa depan (future) yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi adalah pernyataan yang diucapkan atau ditulis hari ini, yang merupakan proses manajemen saat ini yang menjangkau masa yang akan datang (Akdon, 2006:94).

Sedangkan misi adalah pernyataan mengenai hal-hal yang harus dicapai organisasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan di masa datang (Akdon, 2006: 97). Pernyataan misi mencerminkan tentang penjelasan produk atau pelayanan yang ditawarkan.

Visi bagi perusahaan berfungsi sebagai tujuan umum yang bisa dijadikan sebagai landasan utama untuk jalannya usaha. Sedangkan Misi merupakan rencana tindakan untuk mewujudkan Visi.

Dalam membuat Visi Misi Perusahaan, pengusaha akan menjabarkan visinya dalam bentuk misi. Penjabaran ini bisa dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban, maupun berupa rancangan tindakan-tindakan nyata yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Membuat Visi Misi Perusahaan
Ilustrasi /pixabay.com

Visi Perusahaan yang baik

Sebagai landasan utama perusahaan, membuat visi perusahaan seharusnya tidak dilakukan secara serampangan dan asal-asalan. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat visi perusahaan diantaranya adalah :

  • Visi harus berorientasi ke masa depan (future), untuk jangka waktu yang lama.
  • Visi harus bisa meyakinkan semua elemn tentang masa depan yang lebih baik.
  • Visi harus mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai.
  • Visi harus menginspirasi, mampu mengorbarkan semangat dan komitmen semua elemen perusahaan.
  • Visi harus mampu mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan ke arah yang lebih baik.
  • Visi harus menjadi dasar perumusan misi dan tujuan organisasi.
  • Visi harus seharusnya tidak multi tafsir agar bisa dijadikan sebagai acuan yang mempersatukan semua pihak dalam perusahaan.

Merumuskan visi perusahaan dengan baik, tentu akan mampu memberikan gambaran yang realistik dan kredibel akan masa depan yang lebih baik. Dengan visi, perusahaan juga akan mampu menjembatani masa kini dan masa yang akan datang.

Misi Perusahaan yang baik

Sebagai sebuah penjabaran dari Visi, merumuskan Misi perusahaan juga harus memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini :

  • Pernyataan misi harus menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh perusahaan.
  • Rumusan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan “tindakan” dan bukan kalimat yang menunjukkan “keadaan” sebagaimana pada rumusan visi.
  • Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi. Antara indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan atau terdapat benang merahnya secara jelas.
  • Misi menggambarkan tentang produk atau pelayanan yang akan diberikan pada masyarakat
  • Kualitas produk atau layanan yang ditawarkan harus memiliki daya saing yang tinggi, namun disesuaikan dengan kondisi organisasi.

Baca juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*