Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Membuat Kemasan Produk Itu Penting, Jangan Sepelekan

membuat kemasan produk
membuat kemasan produk

Kemasan produk atau yang populer disebut packaging dalam penggunaannya sebagai pembungkus produk berupa barang menjadi satu hal yang tidak kalah penting dengan produk itu sendiri. Bagi perusahaan yang telah sadar akan pentingnya kemasan, ia menjadikan pembungkus produk bukan hanya sebagai pelindung produk barang yang akan dijual saja, namun juga difungsikan sebagai sarana promosi dan komunikasi dengan konsumennya.

Tak sedikit konsumen pertama kali memutuskan membeli produk karena faktor kemasannya yang menarik, meski produk didalamnya sebenarnya hampir sama dengan produk-produk sejenis yang ada di pasaran. Peran kemasan disini secara tidak langsung juga telah menjadi pemicu sekaligus media promosi yang cukup efektif untuk menarik hati calon konsumennya.

Membuat kemasan produk yang lebih baik memang akan sedikit menambah beban ongkos produksinya. Oleh karenanya bagi sebagian orang yang saat ini bergelut di usaha rumahan, industri kecil, atupun UMKM, kemasan produk masih dipandang sebelah mata. Kemasan masih hanya difungsikan sebagai pembungkus untuk melindungi produknya, padahal kemasan jika dibuat dengan lebih baik ia bisa memiliki fungsi lebih beragam.

Berikut ini beberapa beberapa fungsi kemasan produk yang dibuat dengan lebih baik :

  1. Kemasan berfungsi sebagai keamanan produk

Keamanan produk memang menjadi faktor utama yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam membuat kemasan. Demi keamanan biasanya kemasan dirancang dan dibuat menyesuaikan dengan produknya. Hal ini bertujuan agar produk bisa diterima dalam kondisi terbaik oleh konsumennya.

Produk-produk yang telah diberi kemasan biasanya bisa lebih tahan terhadap kerusakan, lebih bersih, lebih praktis dan mudah dibawa. Banyak contoh produk yang diberi kemasan yang cukup bagus, misalnya produk makanan dengan kemasan kaleng, produk elektronik yang diberi pengaman berlapis seperti sterofoam, plastik dan kardus, dan kemasan produk lainnya.

  1. Kemasan berfungsi sebagai faktor pembeda

Diferensiasi menjadi salah satu faktor penting dalam produk agar mampu dibedakan dengan produk pesaing. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk membedakan ini adalah dengan kemasannya. Semakin unik dan mampu dibedakan dengan kemasan produk-produk yang telah ada tentu akan menarik perhatian calon konsumen.

Banyak contoh kemasan produk yang dibuat dengan sengaja agar mampu menjadi berbeda dan mampu menonjolkan identitas produknya. Produk-produk yang memiliki kemasan unik ini biasanya banyak ditemukan pada produk yang memiliki tingkat persaingan tinggi di pasaran, misalpun tidak memiliki persaingan tinggi, biasanya kemasan unik dibuat dengan desain khusus agar bisa menjadi berang layak koleksi (biasanya produk dengan segmen pasar tertentu).

Beberpa produk yang memiliki kemasan unik ini bisa ditemukan pada kemasan produk minyak wangi, produk minuman dalam kemasan, produk makanan ringan, produk pembersih dan lain-lain.

  1. Kemasan untuk meningkatkan penjualan

Selain sebagai pengaman dan faktor pembeda, kemasan produk dibuat dengan tujuan sebagai sarana promosi. Kemasan yang mampu mencuri perhatian konsumen ini sering disebut sebagai Silent Sales Promotion, karena dengan kemasan yang menarik produk tersebut telah dapat menjual dirinya sendiri.

Kemasan yang bagus memang harus dapat menarik perhatian sehingga dapat menumbuhkan minat konsumen yang selanjutnya akan meningkatkan menpenjualan produk. Untuk dapat menarik perhatian ini biasanya para produsen sangat mempertimbangkan desain kemasannya, baik dari sisi bentuk, pilihan warna, ilustrasi, huruf, layout grafisnya, penggunaan gambar, dan penempatan logo brand secara tepat.

Kesan pertama yang berbeda bisa dimunculkan dari kemasan, oleh karenanya tak ada salahnya apabila produk yang dibuat diberi kemasan yang lebih menarik meski harus mengeluarkan biaya tambahan. Biaya-biaya yang timbul dari pembuatan kemasan produk ini tentu akan sebanding dengan perolehan yang akan didapat, setidaknya untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.