Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Membuat Iklan Yang Efektif, Berikut Ini Caranya

Cara membuat iklan

membuat iklan yang efektif harus unik
Iklan Adidas Bridge Munich /CC/Arturo de Albornoz

Membuat iklan yang efektif bisa menjadi satu cara perusahaan untuk mengenalkan atau memberitahukan produk-produknya kepada publik yang lebih luas. Selain untuk memberitahukan, iklan yang efektif juga bisa digunakan sebagai media untuk meyakinkan, mengingatkan dan juga menguatkan keyakinan konsumen tentang produk yang telah ia pilih.

Berbicara tentang iklan, memang tak bisa dilepaskan dari berbagai ilmu komunikasi. Dalam membuat iklan yang efektif secara otomatis harus mampu berkomunikasi secara efektif, baik itu menggunakan bahasa gambar, teks, audio, video. (Baca juga : Kreativitas Tanpa Batas di Usaha Periklanan)

Jika mengacu pada pendapat  Scoot M Cultip dan Allen dalam bukunya “Effective Public Relations”, untuk dapat menciptakan komunikasi yang efektif maka dibutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat tersebut ia namakan “The Seven Communication” atau yang sering disingkat dengan 7C, yaitu :

1. Credibility (keterpercayaan iklan)

membuat iklan yang efektif harus unik
Iklan Adidas Bridge Munich /CC/Arturo de Albornoz

Kredibilitas atau keterpercayaan pengiklan menjadi salah satu faktor penting untuk membuat iklan yang efektif. Untuk itu membangun kepercayaan antara pengiklan da target audience-nya penting untuk dilakukan agar masing-masing terdapat rasa saling percaya. Kepercayaan dapat dibangun dengan berbagai cara, misalnya adanya ketersediaan produk, kesesuaian iklan dengan produk yang diiklankan, dan kejujuran dalam iklan sehingga iklan tersebut bukanlah tipu-tipu belaka.

2. Context (kesesuaian/pertalian iklan)

Membuat iklan yang efektif memang harus disesuaikan dengan banyak hal, masing-masing elemen harus saling terhubung dan terdapat pertalian yang erat. Misalnya kesesuaian antara produk dan iklan yang dibuat, kesesuaian produk yang diiklankan dengan segmen pasarnya, kesesuaian iklan dengan target konsumennya, kesesuaian media yang digunakan, dan kesesuaian dengan situasi dan kondisi. (Baca juga : Contoh Iklan Mobil Unik dan Kreatif)

3. Content (isi iklan)

Isi iklan yang berupa berbagai materi iklan menjadi salah satu faktor yang menentukan efektif dan tidaknya sebuah iklan. Untuk membuat iklan yang efektif memang harus mempertimbangkan berbagai isi materi yang ada dalam iklan tersebut, mulai dari penggunaan gambar, teks, suara, maupun video. (Baca juga : 7 Alasan Kenapa Harus Membuat Iklan yang Baik)

4. Clarity (kejelasan iklan)

Menyampaikan pesan dalam iklan secara jelas, merupakan satu cara untuk membuat iklan yang efektif. Orang harus tau dan paham tentang apa yang ditawarkan, dan audience pun harus secara jelas mengetahui keuntungan yang akan diperoleh dari produk yang diiklankan.

Kejelasan dalam iklan dapat diciptakan melalui berbagai cara, misalnya dengan membuat layout iklan yang bagus, penggunaan kata dan gambar secara tepat, media penempatan yang sesuai, dan lain sebagainya. Iklan yang dibuat dengan lebih jelas, biasanya akan lebih menonjol dari iklan-iklan lainnya sehingga lebih mampu menarik perhatian. (baca juga : Ini Cara Membuat Iklan Yang Baik)

5. Continuity and consistency (kesinambungan dan konsistensi iklan)

Agar iklan dapat bekerja secara efektif, maka ia harus dibuat secara konsisten dan berkesinambungan. Iklan sebisa mungkin dilakukan secara terus menerus, dengan penampilan yang tidak berubah-ubah dari media satu dengan media lainnya. Iklan yang tidak konsisten akan membuat konsumen bingung, jika tidak dibuat secara kontinyu maka konsumen akan cepat lupa.

6. Capability of Audience (kemampuan pihak penerima iklan)

Mempertimbangkan kemampuan audience dalam menerima pesan iklan juga perlu dilakukan, mengingat setiap segmen pasar biasanya memiliki kemampuan yang berbeda dalam mencerna sebuah iklan. Untuk itu perlu penyesuaian anatara iklan dengan target marketnya.

Iklan-iklan yang dibuat untuk anak-anak harus dibedakan dengan iklan untuk dewasa, iklan untuk mereka yang berpendidikan tinggi bisa dibedakan dengan iklan yang dibuat untuk segmen pasar yang berpendidikan rendah, iklan dengan target konsumen masyarakat perkotaan bisa dibedakan dengan iklan untuk konsumen pedesaan,dan lain-lain.

7. Channels of Distribution (saluran penerimaan berita iklan)

Untuk saat ini, produk yang baik biasanya akan menembak pangsa pasar yang telah disesuaikan dengan segmennya. Untuk itu dibutuhkan saluran distribusi iklan yang telah disesuaikan pula dengan pasarnya. (Baca juga : Macam-Macam Media Iklan Untuk Promosi)

Produk-produk yang akan dijual di pasar nasional, maka iklan dapat didistribusikan melalui media nasional, misalnya televisi nasional, koran nasional, dan lain-lain. Jika produk untuk pasar lokal maka saluran distribusi iklan akan lebih efektif apabila menggunakan media lokal.

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.