Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Membuat Halaman Privacy Policy di Blogger

Salam Sukses. Privacy Policy atau yang sering disebut dengan Kebijakan Privasi merupakan salah satu halaman di sebuah situs web ataupun blog yang berisi dokumen untuk menjelaskan berbagai ketentuan yang dibuat oleh pemilik web untuk para pengunjung. Dalam halaman Privacy Policy tersebut biasanya juga berisi berbagai pernyataan terkait cara dan bagaimana pemilik situs mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola data pengunjung.

(Bagi yang belum memiliki blog bisa mebuat dengan cara-cara di artikel : Menggunakan Akun Gmail Untuk Membuat Blog)

Membuat Privacy Policy memang sangat penting jika ingin menekuni dunia website khususnya yang terkait langsung dengan penyebaran informasi dan bisnis online ataupun internet marketing. Situs periklanan seperti Google Adsense-pun sangat membutuhkan privacy policy ini sebagai acuan bahwa web/blog yang dibuat tersebut benar-benar terjamin dan akan dikelola dengan baik sehingga dapat berkesinambungan.

Dengan membuat halaman Privacy Policy pemilik web juga membuka peluang untuk dapat berkomunikasi denngan visitornya terkait kontent web yang dibuatnya, siapa admin yang dapat dihubungi, melalui alamat email mana, dan hal-hal lainnya misalnya terkait penggunaan kokie dan iklan di web.

Untuk membuat halaman Privacy Policy di Blogger.com, kawan-kawan bisa membuat dengan langkah-langkah berikut :

1. Masuklah ke halaman blogger dan pilih “Laman”

2. Pilih “Laman Baru” pada menu yang tersedia.

3. Buatlah judul halaman Privacy Policy

4. Buatlah ketentuan-ketentuan yang ingin disampaikan kepada para pengunjung web/blog dalam halaman tersebut. Jika ingin membuat secara mudah berbagai kebijakan privasi yang secara umum terdapat di jagat maya, teman-teman dapat memanfaatkan situs penyedia Privacy Policy Generator di web privacypolicyonline.com.  

5. Isilah Kolom-kolom yang terdapat padda Privacy Policy generator tersebut sesuai dengan data-data web yang Anda miliki. Keterangan Kolom yang diminta adalah :

  • Your Site Title : Isilah dengan Judul Situs web/blog milik Anda
  • Your Site Url : Isilah alamat situs web/blog yang biasanya dimulai dengan Http maupun www.
  • Caontact Link : Merupakan alamat tautan berupa alamat email yang bisa dihubungi
  • Email Adress : Alamat email yang bisa dihubungi
  • Info Cookies : Pilih Yes atau No, kalau pengalaman saya biasanya pake Yes.
  • Info Advertiser on Your Site : Isikan pihak-pihak pengiklan yang melakukan kerjasama dengan situs Anda, silahkan centang pada checkbox yang tersedia. Kalau penulis sendiri hanya menggunakan Google Adsense dan Other

6. Pilih tombol “Generate Policy” jika teks privacy policy akan dipastekan ke halaman web kita, atau pilih Generate HTML jika ingin mengkopi teks dalam bentuk kode HTML. Kalau saya sendiri biasanya menggunakan pilihan kedua karena didalmnya sudah terdapat pengaturan-pengaturan seperti besar-kecilnya font, tanda miring, bold dan lain-lain.

7. Setelah kode HTML sudah didapatkan silahkan di copy, kembalilah ke halaman Blogger Anda, dan pilihlah mode halaman menjadi HTML. Kemudia kode html di-paste-kan dalam halaman blog.

8. Langkah terakhir klik tombol Publikasikan di sebelah kanan atas halaman blog Anda. Apabila langkah-;angkah tersebut sudah dilakukan maka saat ini Anda sudah mempunya halaman Privacy Policy di blogger.

Untuk melengkapi berbagai data-data website, selain halaman privacy policy juga masih diperlukan halaman lain yang tidak kalah penting untuk dibuat, yakni membuat halaman Disclaimer di blog, Halaman Kontak, Halaman Profil dan Daftar Isi situs atau yang sering dikenal dengan nama Sitemap.

Baca juga : Cara Bikin Blog di Blogspot untuk Pemula. Lengkap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*