Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Membuat Halaman Disclaimer Di Blog

Salam Sukses. Membuat halaman Disclaimer di blog ataupun website penting untuk dilakukan, hal ini sama pentingnya dengan  membuat halaman Privacy Policy yang dapat digunakan untuk memberikan aturan main antara pemilik web ataupun blog dengan para pengunjunganya.

Meski sama-sama berisi dokumen yang berisi aturan main, perbedaannya terletak pada fungsinya. Jika halaman Privacy Policy berisi dokumen berupa pernyataan yang mengungkapkan beberapa atau semua cara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola data pengunjung, sedangkan Disclaimer berisi dokumen yang menjelaskan tentang persetujuan antara kita dan pengunjung saat mereka mengakses website atau blog kita.

Dalam membuat halaman Privacy Policy dan halaman Disclaimer akan lebih baik jika ketentuan-ketentuan didalamnya dibuat sendiri sesuai dengan kebutuhan. Meski demikian namun tak sedikit pula para blogger yang menggunakan jasa di beberapa situs yang dapat membuat kontent Disclaimer secara otomatis.

Untuk blogger pemula (seperti saya) menyusun halaman Privacy Policy dan Disclaimer memang masih menggunakan situs pembuat teks Disclaimer otomatis. Hal ini  saya lakukan karena point-point yang terdapat didalamnya sudah cukup mewakili akan kebutuhan aturan main di situs yang saya buat. Mungkin saja kelak jika situs ini sudah membutuhkan aturan main yang lebih lengkap maka halaman Privacy Policy dan  Disclaimer bisa dibuat lebih lengkap dan detil.

Membuat halaman Disclaimer secara otomatis memang mudah, beberpa langkah yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

1. Kunjungi halaman situs http://www.easyriver.com/free_disclaimer.htm, maka akan muncul kotak-kotak isian seperti di bawah ini :

membuat halaman disclaimer

2. Isilah data situs Anda dalam kotak yang tersedia, data-data yang wajib Anda isikan diantaranya :

  • Site Name : yaitu nama situs yang akan diberi halaman Disclaimer
  • Company name : Beupa nama perusahaan ataupun lembaga yang mengelola situs
  • Country : Negara asal dimana situs tersebut dibuat
  • Email Adress : Alamat email situs ataupun pendaftar/pemilik situs.

3. Setelah semua sudah diisi dengan lengkap maka klik tombol “Make my disclaimer”, maka teks Disclaimer situs Anda sudah Jadi.

halaman disclaimer

4. Silahkan baca dengan teliti, jika ada hal-hal yang perlu dirubah silahkan dirubah sendiri.

5. Copy halaman tersebut dan paste di halaman Disclaimer di situs Anda.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*