Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Membeli Domain Website Untuk Perusahaan, Ini Tipsnya

Membeli domain untuk website perusahaan meski bisa dibilang cukup mudah namun bagaimanapun juga harus dipertimbangkan secara matang. Berbagai pertimbangan harus dilakukan karena domain website yang sudah dibeli bisa dipastikan akan digunakan untuk jangka panjang, sehingga domain akan benar-benar secara efektif dapat menjadi cerminan dan mewakili brand image perusahaan.

Memilih dan membeli domain secara tepat akan memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan, beberapa keuntungan tersebut misalnya untuk membangun brand awareness perusahaan, untuk meningkatkan optimasi website dan juga memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung situs (user experience). 

Untuk membeli domain yang bagus sebenarnya tidak ada aturan-aturan baku, siapapun bisa membeli domain sesuai dengan keinginannya. Namun meski demikian agar kedepan tidak bergonta-ganti nama domain website untuk perusahaan berikut kami sajikan beberapa tips untuk membeli domain :

1. Pilih ekstensi domain yang paling relevan

Secara sederhana, ekstensi domain adalah bentuk Identitas atau klasifikasi domain berdasar fungsinya. Fungsi dari masing-masing ekstensi biasanya juga berbeda-beda, misalnya “com” untuk web komersial, “org” untuk web organisasi, “co.id” untuk web korporate di Indonesia, “go.id” untuk web pemerintah Indonesia, dan lain sebagainya.

Ekstensi domain hingga kini semakin berkembang dan semakin banyak pilihan. Para penyedia layanan web hosting biasanya menyediakan beragam ekstensi domain yang dijual. Masing-masing ekstensi biasanya juga memiliki harga yang beragam, bahkan untuk beberapa ekstensi seperti go.id, sch.id, ac.id, dan co.id membutuhkan beberapa persyaratan-persyaratan tambahan.

Jika Anda ingin membeli domain untuk perusahaan, akan lebih baik jika memilih ekstensi domain yang relevan dengan kegiatan perusahaan. Sebagai sebuah korporasi tentu ekstensi yang paling relevan adalah “com”, “co”, atau jika perusahaan di Indonesia bisa menggunakan “co.id”.

Ketika akan membeli nama domain perusahaan, usahakan untuk memilih ekstensi “com” sebagai prioritas pertama. Ekstensi ini paling penting dijadikan prioritas karena masyarakat kita sebagian besar telah mendefinisikan website adalah yang berakhiran “com”. Jika ekstensi tersebut tidak ada maka bisa dipilih prioritas berikutnya yaitu “id”, “co”, dan “co.id”. (Baca juga : Cara Mudah Membuat Website Untuk Perusahaan)

2. Nama domain sependek mungkin

Seperti halnya dalam membuat nama perusahaan, dalam membuat nama domain usahakan menggunakan kata yang pendek, semakin pendek maka semakin bagus. Sebisa mungkin tidak lebih dari 10 karakter, lebih baik lagi nama domain bisa diucapkan dalam sekali ucap. Nama domain yang ideal memang hanya terdiri satu kata, jika terpaksa bisa menggunakan dua kata.

Agar nama mudah diingat dan relevan dengan perusahaan, gunakan saja nama perusahaan. Jika nama perusahaan terlalu panjang maka bisa dilakukan dengan membuat singkatan. (Baca juga : Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Bagus)

3. Nama domain yang mudah dibaca, diingat dan unik

Saat membeli domain untuk web perusahaan usahakan nama domain tersebut mudah diucapkan, mudah dieja, mudah ditulis dan mudah diingat agar pengunjung dapat dengan mudah menuliskannya di browser.

Kata-kata untuk nama domain sebaiknya disesuaikan dengan target pembacanya, misalnya jika web berbahasa indonesia akan lebih baik membeli domain menggunakan nama ejaan bahasa Indonesia, jika web untuk segmen internasional maka nama domain bisa menggunakan bahasa inggris.

Mempertahankan nama perusahaan sebagai nama domain memang lebih bagus, apalagi jika nama perusahaan tersebut telah memiliki brand (merk) yang unik. Dengan menggunakan nama perusahaan menjadi nama domain website, maka brand awareness bisa diciptakan seiring sejalan dengan usaha branding perusahaan.

5. Jenis Karakter Pada Nama Domain

Saat membeli domain, usahakan untuk memilih nama yang hanya menggunakan karakter huruf (letter/alphabet). Nama domain yang hanya menggunakan karakter huruf biasanya akan lebih mudah diketikkan di dekstop maupun mobile. Selain itu dengan cara ini akan lebih dapat meminimalkan kekeliruan penulisan dan penyebutan.

6. Membeli domain yang telah ada

Membuat usaha baru terkadang memang harus mempertimbangkan nama usaha sekaligus nama domain website perusahaan. Apabila nama usaha telah digunakan pada domain orang lain, maka mau tidak mau Anda harus membeli domain tersebut dengan harga yang cukup mahal.

Mahalnya harga domain yang telah digunakan tersebut karena ada beberapa alasan, misalnya karena website tersebut telah banyak pengunjung sehingga memiliki pagerank yang bagus, nama domain merupakan nama yang umum dan menjadi perburuan banyak orang, atau memang terkadang domain tersebut sudah dibeli orang lain untuk dijual kembali (domain flipping).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*