Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Membaca Peluang Usaha Dari Keluhan Banyak Orang

Membaca peluang usaha memang bisa dari mana saja, bahkan dengan menjadi pendengar yang baik-pun bisa menjadi satu cara untuk mendapatkan peluang usaha yang bagus. Apalagi saat ini, dimana semakin banyak orang yang selalu saja mengeluh dengan kondisinya masing-masing. Jika setiap keluhan bisa diakomodir dan dikelola dengan baik, bisa saja itu akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Tak dapat dipungkiri, jika seseorang akan selalu butuh bicara dengan orang lain, baik dalam kondisi senang meupun susah. Apabila ia sedang bersedih dan kesedihan tersebut diutarakan pada orang lain, maka kesedihan akan berkurang. Jika sedang gembira, dan kegembiraan tersebut dibicarakan dengan orang lain, maka kegembiraan tersebut semakin bertambah.

Keluh kesah memang menjadi satu hal yang lumrah dilakukan oleh setiap orang, keluh kesah tersebut bisa diutarakan melalui percakapan di dunia nyata maupun di dunia maya. Di dunia maya banyak orang memanfaatkan jejaring sosial, menulisnya di blog, ataupun sekedar berbagi di berbagai forum online. (Baca juga : 7 Cara Ampuh Mendapatkan Ide Bisnis)

Menjadi pendengar dan pembaca yang baik memang bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan kekuatan mental untuk menerima “sesuatu yang negatif” dari orang lain. Bahkan pada umumnya manusia, tidak akan mau menerima keluhan orang lain yang seringkali justru bisa menambah beban pemikiran.

Membaca peluang usaha dari keluh kesah

Menjadi wirausahawan yang sukses memang dibutuhkan pikiran yang terbuka, kreativitas yang tinggi, serta inovasi dalam menghadapi berbagai kondisi.

Dengan pikiran yang terbuka, ia akan mampu menjadi “penampung” dari sekian banyak keluhan yang diutarakan banyak orang, dengan kreativitasnya pengusaha dapat memunculkan solusi terhadap berbagai permasalahan yang muncul, dan dengan inovasinya ia bisa menciptakan produk-produk yang dijual untuk bisa mengatasi berbagai permasalahan tersebut.

Peluang usaha memang akan selalu ada hingga kapanpun juga, selama masih banyak orang yang mengeluh maka semakin banyak peluang yang bisa diciptakan. Hanya saja untuk bisa membaca peluang usaha dari keluh-kesah orang lain memang membutuhkan kejelian dan kecermatan.

Setiap masalah adalah peluang usaha

Jika dicermati secara seksama, sebagian besar produk yang ada saat ini sebenarnya lahir dari keluhan banyak orang. Misalnya saja munculnya produk mie instan untuk mengatasi permasalahan orang yang tidak punya waktu atau malas untuk memasak, munculnya produk pemutih wajah untuk mengatasi permasalahan mereka yang tidak percaya diri dengan kulitnya yang hitam, munculnya obat nyamuk untuk mengatasi mereka yang rumahnya banyak nyamuknya.

Munculnya Grab bike dan Go Jek misalnya, ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi berbagai keluhan masyarakat kota besar yang sering menghadapi permasalahan kemacetan, dan minimnya transportasi umum yang nyaman dan memadai.

Hampir di semua permasalahan di kehidupan ini adalah peluang usaha. Biro jodoh dibuat untuk mereka yang kesulitan mencari pasangan hidup, Wedding organizer lahir untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang tak ingin repot mengurus pernikahan, ada usaha tempat penitipan bayi, penjualan barang-barang bekas mainan anak, bisnis antar-jemput anak sekolah, dan masih banyak contoh lainnya. (Baca juga : Wedding Organizer, Cari Untung Dari Indahnya Pernikahan)

Dari beberapa contoh kasus diatas, maka dapat diambil hikmahnya bahwa dari setiap permasalahan pasti ada solusinya. Ibaratnya, hampir semua penyakit bisa dipastikan ada obatnya, tinggal siapa dan kapan obat tersebut ditemukan dan diperjual-belikan dipasaran.

Bersiaplah menangkap peluang usaha dari masalah disekitarmu

Datang tak diundang, pergi tak diantar… Itulah masalah hidup yang juga bisa menjadi satu peluang usaha bagi mereka yang “siap”. Tanpa kesiapan, kesempatan biasanya juga akan lewat begitu saja.

Untuk bisa menangkap peluang usaha dari sekian banyaknya masalah dan keluhan yang ada, berikut beberapa tips yang kami kutip dari Kompas.com :

  • Identifikasikan besarnya potensi atau peluang dibalik setiap keluhan. Serta bagaimana mengenali keluhan apa yang paling besar kemungkinannya untuk diubah menjadi peluang. Keluhan yang memiliki potensi paling besar untuk menunjang pertumbuhan dan kemajuan kita adalah keluhan yang memiliki karakteristik paling sering diungkapkan atau memiliki frekuensi yang tinggi disampaikan di ruang publik. Oleh sebab itu rajinlah kita mencermati di dunia maya, khususnya di Media Sosial, ocehan serta kicauan apa yang paling sering diungkapkan oleh rakyat.
  • Lihatlah volume atau besarnya keluhan tersebut. Jika keluhan tersebut memiliki ukuran yang sangat masif atau besar, maka inilah “Tambang emas” itu. Ciri kedua ini bisa dilihat apakah keluhan tersebut terjadi hampir di kota besar misalnya, atau secara dominan terjadi di seluruh kota, nasional, atau bahkan sekala global.
  • Ketahui apakah keluhan tersebut secara nyata berhubungan dengan hajat hidup orang banyak? Jika jawabannya adalah ya, maka ini berarti keluhan tersebut pantas untuk kita tangkap dan secepatnya  kita olah menjadi peluang.

Pandai membaca peluang usaha dari berbagai keluhan orang disekitar kita memang sangat diperlukan, siapa tau dari keluhan tersebut bisa menjadi jalan rejeki yang tidak terduga-duga. Untuk itu segeralah menangkap peluang yang ada kemudian mengembangkannya menjadi sebuah usaha.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*