Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Macam-Macam Sendok Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Katering

Sendok merupakan salah satu alat makan yang sangat dibutuhkan untuk merintis udaha katering. Alat ini dibutuhkan bukan hanya digunakan untuk saat makan saja, namun juga digunakan untuk alat penyaji makanan, mengingat ada berbagai macam bentuk sendok yang bisa digunakan.

Sendok memiliki banyak bentuk dan ukuran, masing-masing bentuk dan ukuran ini memiliki fungsi yang berbeda. Bentuk-bentuk ini bisa dibedakan berdasar besar kecilnya, panjang pendeknya bagian pegangan, maupun lebar sempitnya ujung sendok. Jika dilihat dari segi fungsi, sendok yang digunakan untuk menyantap soup tentu berbeda dengan yang digunakan untuk makan es krim, makan nasi, ataupun yang digunakan untuk menikmati minuman kopi atau teh.

Sendok memang memiliki banyak ragam, selain dibedakan dari bentuk dan ukurannya, alat makan ini juga bisa dibedakan berdasarkan bahan untuk membuatnya. Ada yang terbuat dari Stainless steel, ada yang terbuat dari bahan kuningan, bahkan ada yang terbuat dari plasik. Dari banyaknya jenis sendok yang beredar di pasaran, bahan yang paling banyak digunakan adalah dari stainless steel.

Berikut ini kami sajikan beberapa macam sendok yang umum dan sering digunakan untuk usaha katering pernikahan :

1. Dinner Spoon

sendok-makan-yang-digunakan-untuk-katering-wikipediaorg

Merupakan sendok makan yang paling umum digunakan untuk menyantap hidangan nasi. Pada bagian ujung sendok berbentuk bulat lonjong, ukuran panjang rata-rata 18 cm, dan pada umumnya terbuat dari bahan stainless steel. Ada banyak variasi dari jenis dinner spoon ini, khususnya pada bagian gagang sendok dimana terdapat berbagai motif hiasan untuk mempercantik tampilan. (Baca juga : Kiat Sukses Merintis Usaha Katering Pernikahan)

2. Soup Spoon

sendok-soup-untuk-katering-gaya-eropa-wikipediaorg

Soup spoon merupakan salah satu sendok yang dirancang untuk menikmati hidangan soup. Pada ujungnya berbentuk bulat dan lebih cekung, memiliki tangkai lebih pendek daripada dinner spoon, dan sebagian besar juga terbuat dari bahan stainless steel.

3. Tea Spoon

sendok-teh-berbentuk-kecil-untuk-mengaduk-minuman-teh-atau-kopi

Tea Spoon memiliki bentuk seperti dinner spoon namun ukurannya lebih kecil, alat makan ini dibuat untuk menikmati berbagai minuman panas, misalnya minuman teh, kopi, kopi susu ataupun cokelat. Dalam usaha katering pernikahan, tea Spoon digunakan untuk menyajikan minuman saat prasmanan.

4. Ice Cream Spoon

sendok-es-krim-atau-ice-cream-spoon

Ice Cream Spoon merupakan salah satu alat makan yang digunakan untuk menikmati hidangan es krim. Sendok ini biasanya memiliki bentuk yang beragam, ada yang berbentuk bulat, ada yang datar, bahkan ada yang berbentuk menyerupai skop pasir. Selain dari bentuknya yang beragam, Ice Cream Spoon ini juga memiliki banyak ragam bahan yang digunakan, mulai dari bahan stainles steel, bahan kayu (ice cream stick), maupun plastik.

5. Ladle (Sendok sayur) 

sendok-sayur-untuk-mengambil-sayur-dari-baskom

Ladle bertangkai panjang ini dibuat untuk mengambil sayur berkuah dari panci atau dari wadah sayur lainnya. Adapun sayur yang membutuhkan sendok ini misalnya sayur sup dan kaldu. Selain digunakan untuk mengambil sayur berkuah, sendok ini juga sering digunakan pengukur porsi makanan. Dalam katering pernikahan Ladle digunakan untuk menyajikan makanan prasmanan.

6. Serving Spoon

sendok-pemindah-makanan-atau-serving-spoon

Serving spoon digunakan untuk memindah makanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Bentuknya memang miri dengan dinner spoon, namun ukuran sendok ini biasanya lebih besar dengan tangkai yang lebih tebal sehingga juga lebih kuat. Serving spoon ini dalam katering pernikahan banyak digunakan saat penyajian makanan menggunakan prasmanan.

7. Rice Spoon

sendok-nasi-untuk-mengambil-nasi-dari-ricecooker

Rice Spoon atau yang sering disebut dengan Centong ini merupakan alat makan yang digunakan untuk mengambil nasi dari periuk atau rice cooker. Memeiliki bentuk agak lonjong, tungkai pendek dengan ujung yang lebar. Sendok nasi ini memiliki banyak variasi juga, mulai dari bentuk, ukuran, maupun bahan baku yang digunakan. Beberapa bahan Rice Spoon yang banyak beredar di pasaran diantaranya terbuat dari plastik, stainless steel dan kayu.

8. Garpu

garpu-untuk-makan

Sendok dan garpu bisa dibilang sebagai satu pasangan yang tak terpisahkan. Garpu ini merupakan peralatan makan yang biasanya digunakan untuk menyantap lauk atau hidangan padat lainnya. Berbentuk menyerupai sendok makan biasa namun memiliki ujung bergigi tipis dengan jumlah 2, 3 atau 4 gigi. Garpu memang sangat populer sebagai salah satu peralatan makan di negara-negara Barat, meski demikian saat ini garpu sudah menyebar ke semua penjuru, bahkan Asia Timur yang dulunya lebih populer menggunakan alat berupa sumpit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*