Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Lomba 17 Agustus Agar Sukses, Ini Tipsnya

Menggelar lomba 17 Agustus banyak dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Acara tahunan ini biasanya diisi dengan berbagai perlombaan untuk mempererat kebersamaan warga masyarakat.

Meski kebanyakan lomba diadakan dalam skala kecil, namun apabila dikelola dengan baik maka acara akan dapat berjalan lebih baik dan lancar. Bahkan bagi beberapa Karang Taruna yang serius mengelola event ini, bisa menjadi ajang pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ada acara, ada banyak penonton, perputaran ekonomi pun berjalan.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar penyelenggaraan lomba 17 Agustus bisa berjalan sukses berikut ini tips-tipsnya.

Menggelar Lomba 17 Agustus
Lomba 17 Agustus/Tempo/Fully Syafi

>> Merencanakan dan Mengorganisir Lomba 17 Agustus

Mempersiapkan gelaran lomba 17 Agustus menjadi satu hal yang mutlak diperlukan agar acara bisa berjalan dengan lancar. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam persiapan ini diantaranya adalah;

1. Membentuk panitia penyelenggara.

Panitia penyelenggara lomba 17 agustus ini dibentuk untuk mengurus berbagai hal mengenai jalannya lomba, mulai dari perencanaan, menentukan materi lomba, waktu dan tempat penyelenggaraan, penggalangan dana, pelaksanaan lomba, penyerahan hadian dan evaluasi jalannya lomba.

Banyak sedikitnya panitia yang akan dilibatkan dalam penyelenggaraan lomba 17 Agustus sangat tergantung dari besar kecilnya lomba yang akan diadakan. Semakin besar skala lomba, maka akan semakin banyak pula panitia yang akan dilibatkan.

Struktur panitia penyelenggara biasanya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi lomba lainnya. Banyaknya lomba yang akan diadakan juga akan mempengaruhi banyaknya panitia yang akan dilibatkan. (Baca juga : Ingin Membuat Panitia Event? Ini Tugas Dan Tanggung Jawabnya)

2. Menentukan jenis lomba yang akan diselenggarakan

Ada banyak jenis lomba 17 Agustus yang sudah sering dilakukan masyarakat. Meski ada banyak pilihan lomba, namun tentukan jenis lomba tersebut berdasarkan kebutuhan masyarakat sekitar.

Konsultasikan dengan para tokoh masyarakat, karena pemilihan jenis lomba juga akan mempengaruhi kebutuhan pendanaan, usia dan jumlah calon peserta, dan juga tempat penyelenggaraan lomba. (Baca juga : Ide Lomba yang Unik dan Lucu)

3. Menentukan Waktu dan Tempat Perlombaan

Waktu penyelenggaraan lomba 17 Agustus akan lebih baik jika dilaksanakan sebelum tanggal Hari Kemerdekaan. Adapun waktu pelaksanaan adalah pada sore hari setelah anak-anak pulang sekolah ataupun memanfaatkan waktu libur sekolah.

Penyelenggaraan lomba yang dilaksanakan sebelum tanggal 17 Agustus dimaksudkan agar penyerahan hadiah bisa dilakukan disela-sela saat upacara bendera ataupun saat malam tirakatan.

Tempat untuk penyelenggaraan lomba 17 Agustus sebaiknya di tempat terbuka seperti lapangan atau pelataran balai desa/kelurahan. Jika tempat terbuka tidak ada bisa menggunakan jalan kampung, namun syaratnya harus ada jalur alternatif jika terpaksa penyelenggaraan lomba harus menutup jalan.

4. Menentukan Hadiah lomba 17 Agustus

Bukan rahasia lagi jika hadiah lomba adalah daya tarik paling ampuh untuk menarik minat peserta lomba. Semakin tinggi nailai hadiah yang disediakan, tentu akan semakin banyak peserta yang bersedia terlibat diacara tersebut.

Nilai sebuah hadiah sebenarnya tidak hanya seberapa banyak uang yang disediakan panitia. Namun jenis penghargaan tersebut bisa berbentuk macam-macam. Mulai dari hadiah berupa barang, marchandise, uang, piala, piagam, dan juga gengsi acara itu sendiri.

Menentukan besaran hadiah lomba biasanya ditentukan berdasarkan faktor kesulitan jenis lomba yang diselenggarakan, usia peserta yang dilibatkan, dan tentu jumlah dana yang tersedia.

5. Menentukan Sistem Promosi dan Registrasi Peserta Lomba

Sistem regristasi lomba 17 Agustus bisa dilakukan dengan beberapa cara yang bisa ditempuh. Panitia penyelenggara bisa mendata langsung siapa saja yang diperkirakan dapat mengikuti perlombaan, kemudian menghubungi orang bersangkutan untuk memastikan kesediaannya untuk mengikuti lomba. Cara kedua yaitu dengan membuat pengumuman yang ditempel di papan-papan informasi.  Cara ketiga yaitu dengan mengumumkan kegiatan lomba 17 Agustus di acara ibu-ibu PKK, acara kumpulan RT, dan acara-acara lainnya.

Tim khusus yang ditugaskan dibagian registrasi ini memiliki tanggung jawab untuk menentukan seberapa banyak peserta yang akan dilibatkan. Banyaknya peserta yang terlibat akan mempengaruhi lama tidaknya lomba berlangsung. Semakin sedikit peserta yang ikut, berarti penyelenggaraan lomba bisa semakin singkat.

Selain menggunakan cara diatas, jika acara lomba memang dibuat semeriah mungkin, jangan ragu untuk membuka kerjasama promosi dengan pihak lain. Kerjasama promosi bisa dilakukan dengan koran lokal, radio lokal, dan juga memanfaatkan medi promosi  di sosial media. (Baca juga : Macam-Macam Media Iklan Untuk Promosi)

6. Perizinan Acara Lomba.

Meski hanya sebatas acara lomba 17 Agustus, akan lebih baik jika acara tersebut memiliki izin resmi dari pemangku kebijakan dilingkungan sekitar. Bisa dimulai dari izin RT/RW, lurah/Kepala Desa, ataupun kepolisian setempat.

Perizinan kalau bisa tidak hanya berupa lisan, namun juga tertulis berupa surat izin penyelenggaraan acara. Hal ini penting, karena selain berguna untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, perizinan ini berguna untuk lampiran proposal kegiatan jika ingin mengajukan pendanaan ke pihak sponsor.

7. Sarana Informasi

Setelah semua persiapan sudah ditentukan, satu hal yang tidak kalah penting adalah membuat sejumlah sarana informasi kegiatan lomba 17 Agustus.

Sarana informasi lomba ini bisa berupa tulisan maupun tanda-tanda untuk menjelaskan berbagai hal yang menyangkut kebutuhan lomba, misalnya papan penunjuk tempat parkir, tempat registrasi ulang, toilet, lokasi lomba, nomor peserta, ID card panitia, dan lain sebagainya. Informasi ini berguna untuk mempermudah semua orang yang terlibat dalam lomba tersebut.

8. Penggalangan Dana

Sekecil apapun lomba 17 Agustus yang akan diselenggarakan, pasti tidak akan terlepas dari urusan dana. Setelah semua hal tentang perlombaan ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan besaran dana yang dibutuhkan dan bagaimana cara untuk mendapatkan dana tersebut.

Beberapa sumber dana yang bisa diakses untuk mensukseskan acara lomba 17 Agustus diantaranya : Iuran warga, registrasi peserta, donatur, dana pemerintah, dan sponsorship. Usahakan semua jalur ditempuh agar acara lomba bisa berjalan dengan lancar. Jangan enggan untuk membuat proposal. (Baca juga : Mencari Sponsor Untuk Event? Ikuti 9 Langkah Ini)

>> Pelaksanaan Lomba 17 Agustus

Setelah semua persiapan penyelenggaraan lomba sudah dilakukan, proses selanjutnya dalah melaksanakan perencanaan lomba tersebut di lapangan. Beberapa hal umum yang harus dilakukan saat pelaksanaan lomba diantaranya adalah :

1. Persiapan tempat Perlombaan.

Sediakan semua fasilitas lomba di sekitar area perlombaan sesuai dengan rencana. Jika perlombaan diadakan di jalan raya maka jalan-jalan harus sudah bebas dari kendaraan, penunjuk jalan sudah ada pada tempatnya masing-masing, tempat registrasi ulang, dan untuk acara sederhana panitia lomba sudah siap satu-dua jam sebelum acara lomba dimulai.

2. Pelaksanaan Lomba

Sebelum lomba dilaksanakan, cobalah untuk membuat acaraa pembukaan, acara bisa dimulai dari sambutan tokoh masyarakat yang sekaligus sebagai pembuka acara lomba. Untuk menghangatkan suasana, hadirkan MC yang memiliki selera humor tinggi agar dapat lebih memeriahkan suasana acara dan memicu semangat para peserta. Pastikan juga semua panitia benar-benar terlibat.

3. Dokumentasikan

Untuk mendokumentasikan acara, sediakan seksi dokumentasi di beberapa titik agar dapat mengabadikan momen-momen penting dan unik dari tiap peserta lomba, terutama pada saat mulai dan penyelesaian lomba. Peserta yang sangat suka berfoto akan bergaya dengan sendirinya di depan kamera.

4. Jaga Kebersihan dan Ketertiban

Arena lomba biasanya akan dipadati oleh banyak orang, apalagi jika disekitar arena lomba terdapat pedagang kaki lima ataupun bazar. Usahakan untuk menyediakan tempat sampah di beberapa titik. Setelah acara lomba selesai, panitia bersegeralah membersihkan sampah.

5. Penyerahan Hadiah Lomba 17 Agustus

Setelah acara lomba dilaksanakan dan sudah ditentukan pemenangnya, maka sesi pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh peserta.

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel, penyerahan lomba 17 Agustus bisa dilakukan saat malam tirakatan, bisa juga di sela-sela upacara bendera, atau bahkan bisa juga dilakukan dengan membuat acara khusus beserta pentas seni.

>> Evaluasi dan Laporan Lomba

Setelah semua berakhir, satu hal yang harus dilakukan setiap membuat acara adalah evaluasi dan membuat laporan pelaksanaan kegiatan.

Tujuan dari evaluasi ini adalah sebagai alat untuk memperbaiki dan merencanakan acara lomba 17 Agustus tahun depan, untuk mengoreksi dana yang telah digunakan, memperbaiki alokasi suber daya manusia yang terlibat, memperbaiki manajemen saat ini serta dimasa yang akan datang, dan mengkoreksi semua pelaksanaan kegiatan sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Upayakan hasil dokumentasi seperti foto dan video diunggah secara online agar dapat dilihat oleh masyarakat umum sebagai laporan kegiatan.

Baca juga : Bisnis Event Organizer, Meraup Laba Dari Kelola Acara

Semoga panduan singkat Sukses Menggelar Lomba 17 Agustus ini dapat bermanfaat. Selamat berlomba ria..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*