Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Kunci Sukses Berwirausaha Tak Hanya Nyali.!!

kunci sukses berwirausaha bagi pemula
Sukses menjadi wirausahawan

Kunci sukses berwirausaha jika ditelisik lebih jauh memang tak hanya sebatas nyali saja. Ada banyak elemen yang harus dipersiapkan agar jalannya usaha dapat berjalan dengan baik sehingga mampu mendatangkan keuntungan sesuai harapan.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk berwirausaha selain nyali yang besar?

Menurut ahli rencana bisnis Amerika Serikat, Rhonda Abrams, ada beberapa kunci sukses berwirausaha, menurutnya nyali saja tidak cukup untuk bisa sukses berwirausaha. “Tapi (juga) rencana dan aksi,” katanya.

Rhonda Abrams memberikan beberapa rincian kunci sukses berwirausaha. Beberapa kunci sukses tersebut merujuk dari berbagai pengalamannya dalam menggeluti perencanaan bisnis. Termasuk dari jasa dan berbagai saran-nya yang telah dibuktikan oleh jutaan perintis usaha.

Beberapa kunci sukses berwirausaha, menurut Rhonda Abrams terdiri dari :

1. Jeli menangkap peluang  usaha

Jeli menangkap peluang usaha secara tepat
Jeli menangkap peluang usaha secara tepat/CC/DS-Foto

Kunci sukses berwirausaha pertama yang harus didapatkan oleh seorang pebisnis adalah peluang usaha. Dalam hal ini mata pebisnis haruslah jeli agar dapat menangkap peluang usaha yang ada di segala segmen melalui pertimbangan tren industri, demografi, keunikan, dan keterbatasannya.

Setelah peluang usaha didapatkan, hal yang tidak kalah penting adalah menyusun rencana bisnis. Adapun tujuan dari penyususnan rencana bisnis ini adalah agar peluang yang telah didapatkan dapat dijalankan dengan baik, terukur dan terarah. Dengan perencanaan yang matang dan mendetil, maka usaha akan bisa dijalankan langkah demi langkah sehingga bisa mencapai tujuan yang ditargetkan.

“Rencana, rencana, dan rencanakan kembali. Tapi, jangan lupa untuk mengukur tujuan, lalu evaluasi kembali rencana yang telah dibangun. Kemudian, atur deadline,” ujar Abrams.

Tak ada gading yang tak retak, mungkin itulah yang bisa digambarkan dalam membuat sebuah rencana bisnis. Semua rencana mungkin saja tidak akan sesuai dengan realisasinya, oleh karena itu rencana yang telah dibuat harus diimplementasikan dalam kegiatan nyata agar semua yang telah dilakukan dapat diketahui berbagai kendala yang mungkin akan muncul.

Dengan belajar dari kendala selama proses menemukan peluang. Seorang pebisnis haruslah dapat melihat sesuatu dari beberapa sudut pandang sehingga dapat membentuk inovasi baru dari peluang yang telah didapatkan.

“Ada baiknya membuat catatan selama menjalani prosesnya. Catatan ini akan merekam seluruh ide Anda. Cek catatan tersebut secara berkala untuk mengumpulkan (lagi) inspirasi,” tutur Abrams.

2. Pemasaran yang sesuai dengan target pasar

Pemasaran yang sesuai dengan target pasar
Pemasaran yang sesuai dengan target pasar/CC/StockSnap

Dari sekian banyak peluang usaha yang telah didapatkan, segeralah memutuskan peluang usaha yang mana yang akan dieksekusi. Setelah semua dapat dipastikan dengan baik, kunci sukses berwirausaha selanjutnya adalah tentang pemasaran produk atau usaha yang akan dijalankan.

Dalam pemasaran ini, pebisnis harus memiliki perhatian yang lebih karena tanpa pemasaran yang baik, maka perjalanan bisnis juga tidak akan berjalan dengan baik, bahkan bisnis tak akan menjadi apa-apa.

Abrams mengatakan, pemasaran harus disesuaikan dengan segmen yang disasar. Media pemasaran pun harus sesuai segmen pilihan itu. (Baca juga : Strategi Segmentasi Pasar dan Manfaatnya Bagi Usaha)

Di zaman digital seperti saat ini, saran Abrams itu dapat lebih mudah dijalankan. Kalau dulu wirausahawan harus punya pos pembiayaan sendiri jasa pemasaran, kini era digital memberikan cara baru yang bisa menjadi alternatif tanpa banyak merogoh ongkos.

Gaya pemasaran digital memungkinkan pemasaran dilakukan lewat media sosial. Pemasaran juga dapat memanfaatkan situs-situs belanja selama belum punya online shop sendiri.

3. Mengembangkan dan memberdayakan jaringan

Mengembangkan dan memberdayakan jaringan
Mengembangkan dan memberdayakan jaringan/CC/Niekverlaan

Jaringan bisnis juga menjadi salah satu kunci sukses berwirausaha. Menurut Abrams, membangun bisnis tak bisa dilakukan sendirian. Meski bisnis lambat-laun berkembang, satu hal yang tetap mutlak dikembangkan adalah jaringan.

Jaringan dibutuhkan untuk mendapatkan saran dan kritik yang bisa menjadi kontrol atas perkembangan usaha. Mengembangkan jaringan, kata Abrams, bahkan sebaiknya sudah dilakuka jauh hari sebelum memulai berwirausaha.

“Jaringan rekan bisnis dan teman Anda kelak bisa menjadi orang yang berjasa untuk bisnis Anda,” ujar Abrams.

4. Kunci sukses berwirausaha terpenting, LAKUKAN SEKARANG juga!

kunci sukses berwirausaha bagi pemula
Sukses menjadi wirausahawan mulai dari sekarang/CC/Unsplash

 

Kini, jika semua tahapan sudah Anda penuhi, jangan ragu untuk beraksi. Jalankan semua rencana Anda.

“Setelah membuka akses, lakukan sekarang juga,” kata Abrams.

Salah satu kunci sukses berwirausaha yang sangat penting adalah tindakan nyata, tanpa sebuah tindakan, semua rencana, upaya pemasaran, dan jaringan yang dibangun akan menjadi sia-sia. Namun, jalankan usaha pelan-pelan dan mulai dari yang kecil. Meski dimulai dari skala kecil, bisnis akan membesar juga bilan dijalankan dengan benar.

Sumber bacaan : Kompas.com. dan berbagai sumber

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.