Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Kop Surat, Ini Fungsinya Bagi Usaha

Kop Surat atau yang sering disebut dengan kepala surat merupakan identitas usaha ataupun lembaga yang tertera pada bagian atas surat. Identitas ini biasanya terdiri dari logo, nama usaha atau instansi, alamat, nomor telepon, email, website dan lain sebagainya.

Kop Surat bagi perusahaan banyak digunakan untuk penulisan surat-surat resmi yang ditujukan kepada pihak lain yang memiliki kepentingan bagi perusahaan tersebut. Bagi banyak instansi, kop surat menjadi satu persyaratan sebagai surat resmi yang dapat mewakili perusahaan ataupun instansi yang mengirim surat.

Sebagi identitas usaha, kepala surat seringkali dibuat semenarik mungkin agar mampu mencuri perhatian pembacanya sekaligus dapat menunjukkan identitas perusahaan secara jelas. Oleh karena itulah tak sedikit perusahaan yang memanfaatkan kop surat sebagai sarana branding perusahaan.

Adapun beberapa fungsi kop surat bagi usaha diantaranya adalah :

Kop Surat sebagai tanda pengenal perusahaan

fungsi Kop Surat Bagi Usaha desainlogonet
Kop surat disertai dengan logo sebagai upaya pengenalan perusahaan/desainlogo.net

Fungsi utama kop surat dibuat oleh perusahaan adalah sebagai tanda pengenal dan untuk memperkuat identitas perusahaan melalui surat. Kop ini biasanya tidak hanya dicetak pada kertas surat saja namun juga pada amplop yang membungkus surat.

Sebagai salah satu upaya agar perusahaan mudah dikenali, kop surat dibuat lebih mencolok dari segi warna maupun bentuknya. Bagi beberapa perusahaan bahkan dibuat dengan eksklusif agar tampil elegan dengan menggunakan teknik kertas timbul (embos), dilapisi warna khusus seperti warna emas atau silver, dan lain sebagainya.

Kop Surat sebagai alat informasi perusahaan

Tak hanya berfungsi sebagai alat pengenal perusahaan, dengan adanya kop surat pihak perusahaan juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana untuk memberi informasi penting bagi pembaca surat. Informasi ini bisa berupa bidang usaha, alamat lengkap, nomor telpon/fax, email, website, bahkan jam buka dan tutupnya perusahaan. Banyak hal ditulis dengan tujuan untuk memberi kemudahan pada relasi usaha jika ingin menghubungi.

Kop Surat berfungsi sebagai sarana promosi

Kop surat yang dibuat sebagai tanda pengenal secara tidak langsung juga bisa dijadikan seagai media promosi. Sebagai fungsi promosi, kepala surat sering kali dibuat dengan desain yang lebih dinamis, tata letak yang tidak kaku, serta menggunakan komposisi bentuk dan warna yang enak dilihat.

Selain dibuat dengan desain yang menarik, untuk menunjang kegiatan promosi biasanya kop surat dibuat dengan kertas khusus agar bisa dibedakan dengan jenis kertas yang digunakan oleh perusahaan lain. Jenis kertas ini bisa dipilih berdasarkan warna ataupun tekstur kertas. (Baca juga : Aneka Macam Jenis Kertas Dalam Percetakan)

Kop Surat berfungsi sebagai sarana branding

Branding perusahaan penting dilakukan agar produk maupun perusahaan mampu berada di benak konsumen dengan baik. Ada banyak cara untuk melakukan branding usaha, salah satunya adalah dengan memanfaatkan kop surat sebagai salah satu media untuk membuat corporate identiity.

contoh-Corporate-Identity-perusahaan-faizanishtiaqcom
Contoh Corporate Identity perusahaan dimana kop surat menjadi salah satu elemennya/faizanishtiaq.com

Corporate identity adalah bentuk audio ataupun visual identitas perusahaan yang menampilkan simbol agar dapat mencerminkan image perusahaan dimata publik. Lewat corporate identity inilah usaha branding perusahaan akan lebih mudah dilakukan karena semua elemen-elemen identitas perusahaan dapat diaplikasikan dalam berbagai media, baik melalui kop surat, kartu nama, seragam karyawan, ID Card, gedung, kendaraan dan lain sebagainya.

Seperti yang ada pada ambar di atas, logo dan nama perusahaan dapat diaplikasikan pada berbagai media, mulai dari amplop, kertas surat, gadget, map dan lain-lain. Dengan cara inilah perusahaan bisa lebih mudah dikenal oleh pubik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*