Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Kisah akik Garut Ijo Ohen yang langka dan melegenda

akik garut ijo

Batu akik Garut Ijo Ohen ini dikenal sebagai batu hijau Garut kelas super. Dinamakan Ohen karena batu ini ditemukan oleh Aki Ohen, seorang petani warga Bungbulang, Garut, tahun 1970-an lalu di sekitar area perswahan miliknya.

batu-garut-ijo

Temuan batu akik Aki Ohen itu langsung menjadi perbincangan karena batu tersebut berbeda dengan batu-batu lain yang ada di Garut. yang lainnya, yaitu berwarna hijau dan seperti menyala. Batu warna hijau Bongkahan batu yang cukup besar itu kemudian disimpan sang penemu di rumahnya. Di tahun 1970-an itu pula seorang kolektor batu mulia asal Bogor membeli batu Ohen seharga Rp 1,5 juta.

“Saat itu, sekitar tahun 70-an, Aki Ohen sedang mencangkul di sawah, lalu menemukan batu berwarna hijau dan menyala. Dari kisah Aki Ohen itu kemudian para pencari batu semakin ramai,”kata Asep Kuswara, pemilik Kencana Gemstone di Jl Sudirman, Garut, Jawa Barat seperti dikutip detikcom.

Menurut dia, kualitas Ijo Ohen lebih bagus dari batu Bacan sehingga banyak diburu kolektor. Namun, karena batu hijau Garut super ini sangat langka sehingga banyak kolektor yang gagal mendapatkannya.

“Kualitas nggak jauh dari bacan. Tapi memang lebih bagus. Yang punya kebanyakan kolektor lama. Batu ini ini hampir tidak ada pasaran. Kalau ada harganya sangat mahal, bisa sampai Rp 35 juta untuk seukuran kuku orang dewasa,” tambah Asep.

Bisa dibilang, akik Garut Ijo Ohen kini tinggal legenda. Batu tersebut kini sudah menyebar di tangan kolektor. Di area persawahan tempat lokasi ditemukannya batu itu pun sudah tidak ada lagi batu.

Henis batu hijau Garut ini memiliki tingkat kekerasan di atas 7 mohs. Salah satu ciri batu ijo ini adalah kejernihan batunya serta lapisan kapur di bongkahannya yang halus. Seperti batu Garut pada umumnya, batu hijau ini dari serat kayu dan super kristal.

“Kalau Ohen halus banget, kaya kaca, warna juga lebih adem dari bacan. Itu yang bikin mahal. Yang beli pengusaha-pengusaha. Sekarang sudah jarang, karena langka. Dari sananya (Garut-red) juga sudah sulitlah,” kata Ivan, pedagang akik di Rawa Bening, Jakarta.

Batu Ijo Ohen banyak dikoleksi pejabat dan politisi. Ada juga yang dibawa ke luar negeri dan dijual di sana. “Batu akik Ijo Ohen sekarang sudah nggak ada lagi yang ditambang. Semuanya di tangan kolektor. Harganya juga sudah mahal,” tambah Ivan.

Baca juga : Ini tiga jenis batu Garut yang banyak diburu



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*