X
    Categories: Bisnis Online

Kerja Part Time yang Bisa Kamu Lakukan Secara Online

Kerja Part Time dengan bisnis online/Pixabay.com

Untuk bisa memiliki penghasilan labih disamping pendapatan pekerjaan utama, kerja part time secara online bisa dilakukan oleh siapa saja. Tentu saja hal ini berlaku bagi mereka yang memiliki sisa waktu luang diluar kesibukan pekerjaan rutin yang dilakukan sehari-hari.

Menjadi pengusaha, bagi banyak orang memang dirasa cukup berat, beberapa alasan seperti tidak punya modal, tidak ada jaminan pendapatan rutin, atau bahkan alasan terlanjur bekerja pada orang lain, merupakan sederetan alasan klasik banyak pekerja yang enggan meninggalkan pekerjaannya untuk menjadi pengusaha dan fokus menekuni bisnis.

Meninggalkan pekerjaannya memang beresiko besar bagi siapapun yang sudah berada di zona nyaman. Meski demikian, untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan menjadi pekerja lepas atau kerja part time bisa menjadi pilihan menarik.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha yang bisa dilakukan oleh karyawan yang ingin kerja part time secara online. Pekerjaan ini tidak terlalu banyak menyita waktu, dan dapat dimulai dengan modal kecil.

1. Kerja Part Time sebagai Penulis Artikel Lepas

Kerja Part Time sebagai Penulis Artikel Lepas/image

Menjadi penulis artikel bisa menjadi salah satu pilihan mudah kerja part time secara online. Hingga kini, semakin banyak blogger yang membutuhkan konten blog yang berkualitas, secara otomatis mereka juga banyak yang membutuhkan penulis-penulis berkualitas.

Memang tidak semua orang bisa membuat artikel berkualitas, namun dengan terus belajar, mencoba dan berproses, tentu apapun akan bisa dilakukan dengan baik.

Salah satu cara untuk bisa menghasilkan tulisan yang baik,  langkah awal yang bisa dilakukan Anda harus membuat blog sendiri dulu. Menulislah disitu sambil terus belajar, selain bisa dijadikan sebagai tempat belajar, blog Anda juga bisa dijadikan sebagai portofolio tulisan Anda. (Baca juga : Cara Bikin Blog di Blogspot untuk Pemula. Lengkap)

Setelah Anda merasa bisa menulis dengan baik langkah selanjutnya adalah dengan mencari job penulisan artikel di internet. Beberapa situs online yang bisa dimanfaatkan untuk berburu pekerjaan sampingan sebagai penulis artikel diantaranya adalah : SribulancerUpWork, dan TextBroker.

2. Menjadi Publisher Adsense

Salah satu kerja part time yang bisa dilakukan bagi yang hobi nulis adalah dengan menjadi publisher iklan. Cara menjadi publisher pun juga cukup mudah, syaratnya Anda punya blog yang berkualitas dan memiliki kunjungan (visitor) yang banyak. Dari banyaknya visitor inilah para biro iklan online akan melirik blog Anda sebagai tempat memajang iklannya.

Mendapatkan pengunjung yang banyak di blog syaratnya berupa artikel yang berkualitas, update konten secara rutin, dan banyak belajar tentang SEO (Search Engine Optimization). Setelah mendapat pengunjung blog banyak dari mesin pencari, langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan blog tersebut ke biro iklan online, misalnya Google Adsense. (Baca juga : Syarat Mendaftar Google Adsense Agar Diterima)

Bagaimana cara kerja dapat uang dari Adsense?

Ketika Anda punya blog atupun website dengan pengunjung banyak, pihak Google akan memberi kode iklan yang dipasang pada blog. Kode iklan tersebut akan menampilkan berbagai macam iklan milik Google, jika iklan tersebut di klik oleh pengunjung blog, maka Anda akan mendapatkan uang darinya.

Google untung bisa mendapatkan uang dari distribusi iklan, Anda untung bisa mendapatkan komisi pembayaran dari Google. Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog Anda, maka akan semakin besar peluang iklan yang bisa dilihat oleh pengunjung.

3. Kerja Part Time dengan Ikut Program Affiliate Marketing

Program Affiliate Marketing/Ilustrasi

Affiliate Marketing secara sederhana bisa diartikan sebagai “tukang promosi”, artinya Anda harus merekomendasikan produk orang lain di blog Anda, ketika ada pengunjung yang membeli atas rekomendasi Anda, maka Anda bisa mendapatkan komisi.

Beberapa situs yang menyediakan program Affiliate Marketing misalnya Lazada.com, Amazon.com, MatahariMall.com, Blibli.com, dan lain sebagainya. Hampir semua pasar online di Indonesia, bisa dipastikan mempunyai program Afiliate Marketing.

Untuk bisa kerja par time dengan ikut program ini, syaratnya hampir sama dengan menjadi publisher iklan. Harus punya blog atau website, dan mempunyai trafik pengunjung yang banyak.

4. Jualan Online Menjadi Dropshipper

Kerja part time dengan menjadi Dropshipper/Image

Kerja part time dengan menjadi Dropshipper secara sederhana bisa diartikan sebagai menjadi “makelar” online.

Anda bisa menjadi penjual produk tanpa harus memiliki stok produk. Anda cukup melakukan promosi barang di jagat maya, setelah ada pembeli maka barang tersebut akan dikirim oleh suplier kepada pembeli Anda.

Kerja part time menjual produk dengan cara dropshipping memang tidak butuh banyak modal, tidak butuh stok barang, bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Namun kelemahannya biasanya keuntungannya sedikit dan harus rajin memonitor stok barang yang ada di suplier.

Untuk dapat memastikan kualitas barang milik suplier, usahakan untuk test dulu dengan membeli barangnya. Kalau sudah yakin, maka lakukan, karena tanggung jawab pada para calon pembeli adalah di tangan Anda.

5. Jualan di Marketplace

Sistem jual beli di marketplace

Berjualan di marketplace (pasar online) bisa menjadi salah satu cara untuk bisa kerja part time di internet. Caranya, tentukan produk yang akan dijual, daftarkan diri sebagai penjual di pasar online, upload gambar beserta keterangan produk yang akan dijual, kemudian promosikan.

Pilihlah pasar online yang sudah ramai dan terpercaya. Sebesar apapun marketplace yang ada saat ini, melakukan jual-beli disitu dijamin gratis. Keuntungan menjual produk di pasar online yang sudah ramai adalah Anda akan lebih mudah mendapatkan pembeli produk Anda.

Beberapa situs pasar online yang cukup terpercaya di Indonesia misalnya Tokopedia, Bukalapak, Olx.

6. Kerja Part Time dengan Menjual Produk di Website Sendiri

Menjual Produk di Website Sendiri/image

Jualan online di Marketplace memang mudah dan murah, namu sayang Anda tidak bisa membangun brand usaha secara maksimal. Jika Anda ingin usahanya makin berkembang, jangan ragu untuk membuat website sendiri untuk jualan.

Beberapa orang yang sukses jualan di website sendiri pada awalnya mereka menguji produknya di pasar online. Setelah dirasa konsumennya cukup banyak dan ingin berkembang lebih, maka banyak yang memutuskan untuk membuat toko online yang menjual produknya sendiri. (Baca juga : Membuat Toko Online Agar Optimal, Ini Caranya)

Jika Anda tertarik membuat toko online sendiri, Anda bisa menggunakan platform yang sudah ada, misalnya menggunakan WordPress + WooCommerce,  Jarvis Store,  ataupun bisa pesan toko online di WebPraktis.com.

Baca Juga : Tutorial Membuat Website Dengan CMS WordPress

Menjual produk sendiri dan di website sendiri memang akan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Jika Anda ingin tetap kerja part time, maka temukan suplier yang bisa diajak kerja sama untuk bisnis dropshipping.

7. Menjual Jasa Web Development

Menjadi web developer/image

Kerja part time dengan menjadi seorang web developer tidak kalah menarik dengan jualan online. Kemampuan dalam pengembangan situs, bisa menjadi modal awal untuk maju di lini bisnis ini. Dengan menjadi web developer profesional, Anda bisa memperoleh gaji cukup besar, bahkan bisa melebihi gaji bulanan Anda.

Sebagai kerja part time, Anda bisa memulai dengan menjadi freelancer di situs Projects.co.id. Di situs ini terdapat banyak peluang kerja pembuatan website mulai budget di bawah satu juta hingga ratusan juta.

8. Membuka Jasa SEO

SEO (Search Engine Optimization)/Image

Membuka jasa SEO bagi banyak situs bisa menjadi pilihan menarik untuk bisa kerja part time. Semakin hari, kini semakin banyak orang membuat toko online maupun website yang membutuhkan optimasi di mesin pencari agar traffic pengunjungnya banyak.

Jasa SEO saat ini memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk optimasi situs mereka. Sayangnya untuk mendapatkan orang yang tepat dan terpecaya masih tergolong sulit.

Anda bisa menjadi penyedia jasa SEO jika sudah benar-benar paham dan sudah menekuni blog atau web. Beberapa kemampuan yang perlu Anda miliki diantaranya adalah optimasi struktur website, analisa website, riset kata kunci, dan lain sebagainya.

9. Menjual Template Blog

Template blog/Image

Jika Anda saat ini menekuni dunia pemprograman website, tak ada salahnya jika mencoba menekuni dan kerja part time dengan membuat dan menjual template blog. Baik template blogger, template WordPress, maupun CMS lainnya.

Setiap hari kebutuhan tampilan web semakin besar, dan pembeli biasanya tetap ingin tampil unik dan berbeda dengan yang lainnya. Meski banyak beredar template blog gratis, namun tidak semua orang puas dengan template gratisan yang sudah ada. Ini adalah peluang, Anda bisa menjual karya Anda di situs ThemeForest. Di situs ini tercatat dalam seminggu saja template terpopuler bisa terjual hampir 1.500 kopi. Jika harga templet $58, maka penghasilan mereka dalam seminggu bisa mencapai $ 84.564.

10. Jual Beli Nama Domain

Ilustrasi nama domain/pixabay.com

Meski bisnis ini tergolong bersifat jangka panjang, namun tidak ada salahnya jika dilakukan sebagai kerja sampingan. Jual beli domain banyak dilakukan orang dengan cara belanja domain-domain unik dan menjualnya kembali kepada mereka yang membutuhkan.

Belanja domain kepada penyedia layanan domain hosting harganya hanya sekitar $10/ domain. Jika Anda sedang beruntung, domain tersebut bisa Anda jual minimal $500. Nama domain yang bagus, bagi mereka yang membutuhkan bisa diibaratkan seperti toko yang berada di tempat sangat strategis.

11. Kerja Part Time dengan Menjadi YouTuber

YouTuber/image

Buat Anda yang tidak begitu tertarik dengan kegiatan tulis-menulis, kerja part time dengan menjadi seorang YouTuber bisa menjadi pilihan menarik. Untuk membuat video-pun juga tidak begitu ribet, dengan merekam menggunakan kamera smartphone, kemudian diedit sedikit, karya bisa langsung bisa diupload di YouTube.

Seorang YouTuber sukses asal swedia PiewDiePie (Felix Arvid Ulf Kjellberg), sempat tercatat bahwa pada tahun 2013 saja ia pernah mendapatkan penghasilan sebesar $4 juta dalam setahun. PewDiePie melakukan spesialisasi dalam permainan video bergenre horor dan aksi. Adapun jenis video yang hingga kini paling populer di YouTube adalah video lucu, video musik dan video tutorial.

Baca juga : Membuat Film Pendek, Ini Tahapan dan Prosesnya

Mendapatkan uang dari YouTube sebenarnya prinsipnya sama saja dengan menjadi publisher iklan. Bedanya, jika publisher menggunakan media blog/website, sedangkan youtube menggunakan media video.

Video yang Anda unggah ke Youtube, oleh pihak google akan ditempel berupa iklan banner ataupun tayangan video iklan. Dari tayangan dan klik iklan inilah Anda akan mendapatkan komisi sekitar 55% dari pihak Google.

12. Membuat Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile/image

Selain di blog dan Youtube, iklan Adsense juga bisa diterapkan pada aplikasi mobile. Untuk itulah, jika Anda memiliki kemampuan programming, Anda juga bisa kerja part time dengan membuat aplikasi mobile.

Jika belum atau tidak punya skill programming, sebenarnya juga masih bisa menekuni kerja mengembangkan kerja aplikasi dan game sederhana untuk mobile. Rahasianya adalah dengan reskinning, yakni hanya membeli template/source code aplikasi, kemudian mengembangkannya dengan cara mengganti tampilan berupa teks dan gambar/desainnya.

Untuk bisa membeli source code aplikasi mobile, Anda bisa berkunjung ke situs Chupamobile dan CodeCanyon. Setelah aplikasi mobile berhasil dibuat, Anda tinggal upload ke  akun Google Play dengan biaya sekitar $25.

Sebelum Game diupload, jangan lupa pasangi dulu kode iklan dari AdMob agar punya penghasilan dari iklan Adsense.

13. Membuat Informasi Digital

Trend membaca ebook/image

Blog ataupun website sebenarnya sudah termasuk informasi digital. Namun kedalaman isi dan kelengkapannya masih kalah dengan produk buku.

Di era digital saat ini, produk ebook sudah banyak beredar di pasaran. Para penulis selain menjual produk berupa buku fisik, mereka biasanya juga akan menjual karyanya dalam bentuk ebook.

Semakin mudahnya menjual produk digital, tak ada salahnya jika Anda juga menjual tulisan yang mendalam di media ebook. Kerja part time dengan cara ini, biaya produksi bisa lebih murah jika dibanding dengan produk cetak, karena tidak bersinggungan dengan penerbit/percetakan. Andapun bisa menjualnya sendiri di Marketplace, media sosial, ataupun blog/web sendiri.

Situs Indonesia yang sering digunakan untuk menjual produk informasi ini adalah di Ratakan.com dan Jualio.com. Disini Anda tidak hanya bisa menjual ebook saja, namun juga bisa karya informasi berupa video dan audio.

Agar sukses menjual produk informasi digital produk Anda, buatlah karya tersebut benar-benar berkualitas sehingga bisa meningkatkan reputasi Anda. Produk berkualitas dan reputasi yang bagus adalah kekuatan dahsyat untuk bisa dukses di bisnis ini.

14. Jasa desain grafis

Kerja Part Time Jasa desain grafis/Image

Membuka jasa desain grafis saat ini tidak hanya bisa dilakukan secara offline saja. Seiring dengan perkembangan jaman, para desainer kini semakin mudah untuk mendapatkan kliennya. Tak terbatas pada klien dalam negeri, uang pun bisa mengalir deras dari luar negeri dari jasa desain grafis. (Baca juga : Usaha Jasa Desain Grafis, Ini Tips Suksesnya)

Adapun situs yang bisa dijadikan sebagai ajang untuk jual jasa desain grafis misalnya di Sribu.com dan 99designs.com. Banyak desainer pemula yang mencoba peruntungan di kedua situs tersebut. Misalpun karya Anda belum terjual dengan lancar, setidaknya sudah bisa dijadikan sebagai protofolio Anda.

15. Jual Template Desain

Selain bisa menjual jasa desain online di internet, Anda juga bisa menjual template desain di jagat maya ini. Menjual stock desain yang siap dikustomisasi dan siap pakai bisa menjadi pilihan kerja part time.

Beberapa template yang bisa Anda jual secara online bisa dalam bentuk file Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, template power point, template logo, favicon, dan lain sebagainya.

 

Beberapa situs untuk menjual template desain diantaranya adalah GraphicRiver.net, CreativeMarket.com dan IconFinder.com.

 

16. Menjadi Buzzer di Media Sosial

Optimalkan semua media sosial/Ilustrasi

Semakin besarnya kebutuhan promosi melalui dunia maya, saat ini kerja part time menjadi buzzer di media sosial sudah menjadi hal biasa. Sistem kerja ini hampir sama dengan penyedia jasa iklan online, perbedaannya hanya terletak pada media yang digunakan, yakni media sosial.

Pekerjaan buzzer sendiri sebenarnya juga tidak membutuhkan modal besar, hanya bermodalkan media sosial yang memiliki follower tinggi dan smartphone, Anda bisa mendapatkan uang dari sekali posting. Pihak pengiklan-pun bisa beragam, mulai dari para pengusaha UKM hingga perusahaan besar. Jika Anda beruntung, bahkan pihak perusahaan bisa mengontrak Anda untuk mengelola media sosialnya.

 

 

View Comments (1)