Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Kartu Nama, Sarana Promosi Murah Dalam Usaha

Kartu nama (Business Card), meski hanya berupa benda kecil namun bagi banyak pengusaha telah menjadikannya sebagai sarana promosi murah sekaligus alat ampuh untuk membuka pintu gerbang peluang dalam bisnisnya. Dengan menggunakan benda kecil tersebut, para pengusaha tidak hanya menunggu peluang datang, namun mereka telah menciptakan banyak peluang dari orang-orang yang mereka beri.

Ketika seseorang merintis usaha baru, biasanya setelah ia mendapatkan nama usaha dan membuat logo, hal pertama yang dilakukan adalah mencetak kartu nama. Selain biayanya paling murah dibanding dengan media promosi lainnya, kartu tersebut bisa memberi jawaban secara cepat dan tepat saat orang lain bertanya tentang apa bisnisnya. Hanya dengan menyodorkannya pada lawan bicara, seorang pengusaha dapat menjelaskan tentang bisnisnya. (baca juga : Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Unik)

Ada banyak alasan kenapa kartu nama WAJIB dan SEGERA Anda buat jika ingin sukses dalam usaha, dibawah ini sedikit kami jabarkan alasanya :

1. Kartu nama berisi point penting identitas usaha

Kartu nama memang bentuknya kecil namun akan membawa dampak besar bagi usaha. Sebagai tanda pengenal, keberadaannya dapat merepresentasikan usaha, mencerminkan pemiliknya dan juga sebagai media informasi produk yang dijual.

kartu nama yang diberi peta
contoh business card
Dalam selembar kartu biasanya akan tercantum logo usaha, bidang usaha, nama, jabatan, alamat rumah dan usaha, nomor telpon/fax, nomor HP, PIN BBM, alamat E-Mail, dan website. Untuk mengoptimalkan ruang yang ada dalam kartu, beberapa pengusaha bahkan membubuhkan peta lokasi usaha dibalik selembar kartu nama tersebut.

2. Simple dan mudah dibawa

Kartu nama bisa difungsikan sebagai brosur mini sekaligus etalase bisnis yang dapat diisi dengan informasi produk ataupun jasa yang dipasarkan. Meskipun kaya informasi, kartu nama yang bagus haruslah tetap simple agar mudah dibaca, tidak terlalu banyak gambar, tidak banyak menggunakan jenis huruf, pengaturan warna yang harmonis, dan layout desain dibuat dengan menarik. (baca juga : Membuat Desain Kartu Nama Yang Baik)

contoh kartu nama keren
contoh desain simple
Bentuknya yang kecil justru menjadi kelebihan kartu nama sehingga benda ini sangat mudah dibawa kemana-mana. Ia bisa ditaruh dalam dompet, bisa dimasukkan saku, ataupun dalam wadah khusus.

3. Dapat disimpan sebagai koleksi

Berbeda dengan media promosi lain, kartu nama biasanya dibuat untuk jangka panjang yang isinya tak lekang oleh waktu. Benda ini dapat disimpan, sehingga juga bisa dijadikan sebagai koleksi dan direktori bisnis. Bagi mereka yang mengoleksi, biasanya tidak akan kesulitan jika membutuhkan informasi tentang perusahaan yang ia inginkan.

buku untuk menyimpan kartu nama
Direktori bisnis

Membuat kartu nama unik yang dicetak sebanyak-banyaknya akan memperbesar peluang untuk dikoleksi. Makin banyak kartu nama dibagikan, nama usaha akan ada dalam daftar kartu nama orang lain dan ini membuka peluang untuk semakin dikenal dan bisa dijadikan sarana untuk memulai hubungan bisnis.

4. Mudah didistribusikan

Tak ada batasan tempat, waktu, maupun usia dalam mendistribusikan kartu nama. Ia bisa diberikan pada orang lain tanpa pandang bulu, tak hanya pada calon konsumen, kartu ini juga bisa dibagikan kepada rekan bisnis, teman sekolah, bahkan orang-orang baru yang sebelumnya tidak dikenal. Kartu ini juga bisa dibagikan di berbagai kesempatan, saat acara bisnis, acara pesta, dalam perjalanan, ataupun di momen penting lainnya.

Kartu nama bisa menghubungkan banyak orang, semakin banyak yang disebar, maka akan semakin banyak peluang yang datang. Oleh karena itu ia bisa dijadikan sebagai media promosi yang mudah dan murah dalam penggunaanya.

5. Miningkatkan Citra

Kartu nama bisa mencerminkan pemilik dan usahanya, dengan membuat kartu nama yang baik tentu akan dapat meningkatkan citra pribaddi maupun badan usaha yang diwakilinya. Membuat kesan yang baik melalui kartu nama bisa dilakukan dengan cara mendesainnya dengan unik dan menarik, informatif, karena apabila kartu nama dibuat dengan tampilan biasa-biasa saja maka citra yang ditimbulkan-pun juga akan biasa saja. (baca juga : Tampil Elegan Dengan Kartu Nama Transparan)

kartu nama unik multi fungsi
Bagaiimana jika kartu namamu seperti ini?
Mengemas pribadi dan lembaga bisnis agar mampu menarik perhatian memang butuh ide-ide segar, begitu juga dalam kartu nama. Untuk itu, sekali lagi jangan segan untuk membuat desain yang menarik, karena hal ini akan mampu memberikan daya dorong bagi orang lain untuk menjadi pelanggan atau mitra bisnis.

6. Menumbuhkan kepercayaan

Citra pribadi maupun usaha yang bagus tentu secara otomatis akan dapat menumbuhkan kepercayaan orang lain. Dari kepercayaan inilah biasanya sebuah bisnis dapat berkembang lebih cepat daripada mereka yang tidak dipercaya oleh masyarakat.

7. Harga Murah

Murah ataupun mahal kartu nama sebenarnya juga tergantung dari media yang digunakan, namun jika dibanding dengan jenis promosi lain, kartu nama masih tergolong paling murah. Hanya dengan membawa uang tidak sampai Rp. 50.000,- ke percetakan, Anda sudah bisa membawa kartunama 1 box isi 100.

***

Kartu nama hanya sebuah pintu gerbang, apapun jenis usahanya, jangan segan untuk memberikan kartu nama pada orang lain. Dengan ini Anda akan membangun sekaligus menumbuhkan kepercayaan banyak orang, akan membangun jaringan yang luas, dan tentu juga akan mendapatkan hasil yang setimpal dari usaha yang telah dilakukan. Semoga sukses..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*