Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Jangan Buang Ampas Kopi, Ini Gunanya!

Ampas kopi ternyata juga memiliki banyak manfaat lho. Mulai sekarang, jangan buang ampas kopi Anda. Sebab, meski hanya ampas, ternyata masih ada gunanya. Entah itu ampas kopi dari mesin espresso, kopi tubruk, ataupun hasil manual brewing yang lain dari berbagai cara penyeduhan.

Berikut ini beberapa manfaat dari ampas kopi:

ampas kopi

Menyuburkan Rambut

Merawat rambut dengan sisa seduhan kopi dapat membuat rambut menjadi terlihat lebih sehat berkilau. Sisa seduhan kopi juga mampu membantu agar rambut tumbuh menjadi lebih cepat. Ampas kopi akan merangsang folikel rambut agar fungsinya menjadi maksimal. Dengan demikian rambut dapat tumbuh lebih cepat dan lebih subur.

Cara menggunakannya sangat mudah. Sebelum melakukan keramas, tabur dan balurkan ampas kopi secara merata pada rambut. Kemudian beri pijatan ringan dengan kedua jari.

Lulur Kopi

Manfaat lain adalah untuk dijadikan scrub atau lulur yang mampu membersihkan kulit dari sel kulit mati. Dari hasil penelitian, zat yang terkandung pada kopi mampu menjadikan kulit sehat. Jadi, jangan buru-buru buang sisa seduhan kopi Anda.

Pupuk Kompos

Sisa seduhan kopi sangat baik dijadikan pupuk kompos. Zat dalam kandungan kopi mampu melunakkan kekerasan tanah yang otomatis menyuburkan tanaman.

Membersihkan Alat Makan

Karena teksturnya yang kasar, ampas kopi bisa digunakan untuk memcuci piring, gelas, atau peralatan dapur lainnya. Dengan menggunakan sponge ambil ampas kopi sedikit dan letakkan pada bagian yang sulit dibersihkan. Gosok perlahan dan dijamin tak akan ada lagi sisa makanan yang menempel pada piring Anda.

Membersihkan Furniture

Tak hanya peralatan dapur, sisa seduhan kopi anda juga bisa digunakan untuk membersihkan furniture dari noda dan goresan. caranya, campurkan ampas kopi, air hangat dan cuka. Lalu oleskan ke bagian yang tergores atau terkena, dijamin furniture kamu akan terlihat seperti baru kembali.

Penyegar Aroma Kulkas

Kulkas yang berbau tak sedap bisa diatasi dengan sisa seduhan kopi. Cukup dengan meletakkan ampas kopi pada sebuah mangkuk dan masukkan ke dalam kulkas. Ampas pada kopi akan menyerap semua aroma bau tak sedap dan menjadikan kulkas kamu segar kembali.

baca juga :

Serba-serbi Kopi, Kafein, Rasa dan Cara Menikmatinya

Cita Rasa Kopi, dari Aroma Hingga Sweetness

Mengurangi Selulit

Manfaat lain dapat digunakan untuk mengurangi selulit. Selulit pada wanita tentu akan sangat mengganggu penampilannya. Cara pemanfaatannya cukup dicampur dengan minyak zaitun, oles dan gosokkan ampas kopi pada daerah munculnya selulit. Biarkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Cuci dengan air bersih dan lakukan dengan rutin.

Menghilangkan Bau Amis

Tangan yang amis setelah memasak ikan ataupun memakan beraroma menyengat kadang susah dihilangkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memanfaatkan sisa seduhan kopi untuk menghilangkannya.

Caranya cukup dengan menggosokan sisa seduhan kopi pada tangan secara merata, kemudian dilanjutkan dengan mencuci tangan dengan sabun seperti biasa. Hasilnya tangan akan terbebas dari bau amis

Silakan mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*