Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Ini Dia, Ukuran Kartu Nama Di Berbagai Negara

kartu nama mika doft

kartu nama mika doft
Kartu nama mika doft

Salah satu hal penting yang perlu diketahui sebelum membuat kartu nama merupakan ukuran kartu nama standar yang sering digunakan. Dengan mengetahui ukuran standar kartu nama, seseorang akan dimudahkan dalam merancang layout atau tata letak berbagai materi (teks dan gambar) yang akan dimasukkan dalam kartu nama tersebut. Selain itu, seseorang juga bisa menentukan ukuran paling sesuai dengan kondisi negara dimana ia berada, mengingat ukuran kartu nama di setiap negara memiliki perbedaan. (baca juga : Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Unik)

Sebagai salah satu benda yang collectible (dapat dikoleksi), ukuran kartu nama juga haru bisa disesuikan dengan media penyimpanannya, baik dalam bentuk buku katalog kartu nama, kotak box kartu nama ataupun tempat untuk mengoleksi lainnya. (baca juga : Kartu Nama, Sarana Promosi Murah Dalam Usaha)

Ada banyak cara untuk bisa menyesuaikan ukuran kartu nama agar cocok dengan tempat penyimpanannya. Adapun caranya adalah dengan membuat ukuran kartu nama yang standar, bisa dengan membuat ukuran kartu nama yang lebih kecil, dan jika membutuhkan bidang yang lebih luas, kartu nama bisa dirancang dengan cara dilipat.

ukuran kartu nama lipat
Contoh kartu nama lipat

Cara lain yang mudah untuk menentukan ukuran kartu nama agar bisa ditempatkan di media penyimpanannya adalah dengan membuat kartu nama tidak lebih besar dari ukuran Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun Surat Ijin Mengemudi (SIM), kedua kartu ini memiliki ukuran yang pas dengan kantong-kantong dompet sehingga bisa disimpan. (baca juga : Tampil Elegan Dengan Kartu Nama Transparan)

Seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa negara di dunia ini memiliki ukuran kartu nama yang berbeda, meski demikian secara umum ukuran kartu nama memiliki aspek rasio  (ukuran lebar/tinggi) antara 1,42 hingga 1,8. Berikut ini kami sajikan beberapa ukuran kartu nama di beberapa negara tersebut :

  • Negara Indonesia, Australia, Denmark, New Zealand, Norwegia, Taiwan, Swedia, Vietnam, India, dan Kolombia, menggunakan ukuran kartu nama 90 mm × 55 mm (3,54 × 2,165 inci) atau dengan aspek rasio 1,636.
  • Negara Irlandia, Italia, Inggris, Perancis, Jerman, Austria, Belanda, Spanyol, Swiss, Belgia, Slovenia, dan Portugal menggunakan ukuran kartu nama 85 mm × 55 mm (3,346 × 2,165 inci) atau dengan aspek rasio 1,545.
  • Negara Jepang menggunakan ukuran kartu nama 91 mm × 55 mm (3.582 × 2.165 inci) atau dengan aspek rasio 1,655.
  • Hong Kong, China, Singapura, dan Malaysia menggunakan ukuran kartu nama  90 mm × 54 mm (3,543 × 2,125 inci) dengan aspek rasio 1,667.
  • Amerika Serikat dan Kanada menggunakan ukuran kartu nama  88,9 mm × 50,8 mm (3,5 × 2 inci) dengan aspek rasio  1,75.
  • Negara Iran menggunakan ukuran kartu nama 85 mm × 48 mm (3,346 × 1,889 inci) dengan aspek rasio 1,771.
  • Sri Lanka, Argentina, India, Brazil, Bosnia Herzegovina, Costa Rica, Ceko, Kroasia, Estonia, Finlandia, Hungaria, Israel, Kazakhstan, Lithuania, Polandia, Rumania, Russia, Serbia, Montenegro, Slovakia, Ukraina, Uzbekistan, Bulgaria, Latvia, Mexico, Korea Selatan, dan Afrika Selatan biasanya menggunakan ukuran kartu nama 90 mm × 50 mm (3,543 × 1,968 inci) dengan aspek rasio 1,8.
  • Ukuran standar seluruh dunia 74 mm x 52 mm (2,913 x 2,047 inci), dengan aspek rasio 1,423, atau sama dengan ukuran kertas standar A8.
  • Kartu nama dengan standar ukuran SIM/KTP/kartu kredit (ISO 7810 ID-1) adalah 85,60 mm × 53,98 mm (3,370 in × 2,125 inci), dengan aspek rasio 1,586.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*