Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Ini Caranya Membuat Email Dengan Gmail

langkah-forwarding-email-secara-otomatis-email-gmail

langkah-forwarding-email-secara-otomatis-email-gmail
langkah-forwarding-email-secara-otomatis-email-gmail

Salam Sukses… Kebutuhan manusia untuk bisa berhubungan dengan orang lain saat ini bisa melalui beragam cara, salah satunya melalui email. Selain dapat digunakan sebagai alat untuk berkirim pesan, membuat email juga dapat digunakan untuk mendaftar berbagai akun media sosial seperti facebook, twitter, dan yang lainnya. Dengan email seseorang juga dapat menggunakannya untuk membuat website, melakukan transaksi online, sebagai alat verifikasi dan masih banyak lagi.

Banyak sekali situs yang menyediakan email gratis saat ini, yang paling populer misalnya situs Yahoo.com dan produk milik Google yang bernama Gmail. Untuk kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana untuk bisa mendaftar akun email di Gmail. Kenapa Gmail?? Karena bagi saya gmail memiliki banyak keuntungan, selain bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang sudah disebutkan diatas, menggunakan akun Gmail secara otomatis juga akan dapat memanfaatkan berbagai layananan produk Google lainnya seperti Google Plus, Youtube, Blogger, Google Awords dan juga Google Adsense yang dapat dijadikan sebagai mesin pencari uang di dunia maya.

Beberapa langkah untuk membuat email dengan akun Gmail diantaranya seperti di bawah ini :

1. Masuklah ke halaman Gmail dengan mengetik gmail.com di browser. Setelah masuk ke halam tersebut maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.

halaman depan saat membuat gmail
Halaman depan saat membuat gmail

2. Pilihlah tombol warna biru dengan tlisan “Buat Akun” di sudut kanan atas halaman. Setelah itu akan muncul kotak-kotak isian yang harus diisi dengan lengkap.

membuat email dengan gmail

3. Isikan nama pada kolom paling atas. Untuk mendaftar akun email di Gmail saya sarankan menggunakan nama asli, baik untuk nama depan maupun belakangnya, hal ini penting jika suatu saat akun email ini akan digunakan untuk mendaftar Google Adsense.

4. Isi kolom “Pilih nama pengguna anda” dengan nama email yang akan digunakan. Nama ini kalau bisa mudah diingat, mudah dibaca, semakin pendek semakin baik, dapat berupa nama lembaga atau perusahaan, dan lebih baik lagi jika menggunakan nama asli. Menggunakan nama asli dalam akun email biasanya seseorang akan lebih dipercaya ketika melakukan berbagai transaksi online, selain itu seseorang akan lebih mudah untuk mengingatnya.

5. Buatlah kata sandi untuk email yang dibuat, usahakan kata sandi merupakan kata yang unik yang terdiri dari minimal 8 karakter. Agar tidak mudah dibajak oleh orang lain, gunakan campuran huruf, angka, dan simbol dalam sandi. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, misalnya nama anak, tanggal lahir dan informasi pribadi yang mudah dilacak lainnya. Setelah mendapatkan kata sandi yang cocok dan mudah diingat, kemudian konfirmasi ulang pada kolom berikutnya.

6. Isi kolom tanggal lahir yang sesuai dengan kartu identitas (KTP/SIM/dll), hal ini akan menjadi penting ketika suatu saat dibutuhkan untuk klaim akun jika terjadi sesuatu hal.

7. Pilihlah gender anda, laki-laki atau perempuan.

8. Isikan nomor ponsel anda untuk memperkuat kepemilikan akun, karena jika tidak diisi nantinya juga akan diminta lagi untuk konfirmasi kepemilikan akun melalui nomor ponsel.

9. Jika sudah punya akun email lainnya, isikan pada kolom “Alamat email Anda saat ini”, jika belum mempunyai email amak kosoongkan saja.

mendaftar email dengan gmail

10. Ketik teks pada kolom sesuai dengan gambar yang ada diatasnya, pilih lokasi negara, kemudian beri tanda centang pada persyaratan layanan dan kebijakan privasi google, Klik Langkah berikutnya dan Anda akan masuk di halaman verifikasi dengan nomor ponsel yang anda masukkan

verifikasi akun gmail

11. Pilih salah satu opsi pengiriman kode verifikasi, bisa melalui pesan SMS ataupun dengan panggilan suara. Untuk mempermudah pilih saja pesan teks (SMS) kemudian klik Lanjutkan dan akan tampil kotak bok seperti di bawah ini.

verifikasi akun anda

12. Setelah anda masuk di halaman ini secara otomatis anda akan mendapatkan pesan di ponsel berupa kode angka. Isikan nomor verifikasi 6 digit tersebut pada kolom kotak yang ada. Klik lanjutkan, dan Anda akan ditawari untuk membuat Google+, yakni salah satu media sosial milik Google.

buat profil gogle plus

13. Unggah foto Anda dengan cara klik “tambah foto”,  kemudian klik “buat profil anda”. Jika langkah-langkah ini sudah dilakukan secara lengkap, Anda akan mendapat ucapan sambutan “selamat datang” dari Google.

Tampilan laman selamat datang
Tampilan laman selamat datang

14. Klik “lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman depan email Gmail yang menjadi akun Anda saat ini.

halaman depan gmail

Demikian mudahnya membuat email dengan akun gmail. Dengan membuat email di Google ini, teman-teman dapat menggunakan akun Gmail untuk membuat blog dan sekaligus memanfaatkan Google Plus sebagai media promosi produk Anda. selamat mencoba, semoga sukses..

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*