Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Ini 9 Plugin WordPress Terbaik Yang Wajib Instal

Plugin Wordpress Terbaik
Plugin Wordpress Terbaik

Setelah Anda menginstal wordpress di Cpanel hosting dan mengatur semua konfigurasinya, menginstal plugin wordpress bisa Anda lakukan untuk mengopimalkan kinerja CMS WordPress agar lebih handal. Plugin wordpress yang akan kami bahas disini memiliki banyak manfaat untuk kinerja website, mulai dari untuk mempercepat loading web, mengoptimalkan SEO di mesin pencari hingga bagaimana website bisa memasang iklan dnegan mudah.

Memasang terlalu banyak plugin wordpress memang bagi sebagian pengelola web dipandang kurang baik, namun bagi mereka yang masih awam dengan pemprograman bisa menjadi cara cepat dan efektif untuk optimasi website berbasis CMS WordPress. (Baca juga : Cara Mudah Membuat Website Untuk Perusahaan)

Hingga saat ini mungkin sudah ada ribuan plugin wordpress yang tersedia di jagat maya ini. Masing-masing plugin memiliki kegunaan yang berbeda dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ada plugin wordpress yang selalu update secara berkala, namun ada juga plugin-plugin yang terbengkalai hingga akhirnya kadaluwarsa dan tidak mengikuti perkembangan teknologi CMS WordPress sendiri.

Mengingat ada banyaknya plugin wordpress yang bisa digunakan, dalam artikel ini akan kami bahas plugin-plugin yang dirasa penting saja.

Plugin WordPress Terbaik
Plugin WordPress Terbaik

Beberapa plugin tersebut diantaranya adalah :

1. Jetpack By WordPress.Com

Jetpack adalah salah satu plugin serbaguna (all-in-one) yang dikembangkan oleh developer CMS wordpress. Plugin ini memiliki banyak fungsi yang didalamanya memiliki berbagai fitur untuk situs wordpress Self hosted.

Hingga artikel ini diposting, dalam satu plugin Jetpack memiliki 37 fitur yang bisa dipilih dan diaktifkan. Masing-masing fitur tersebut memiliki fungsi yang berbeda sehingga tidak perlu membutuhkan plugin-plugin lain yang dapat memperberat loading website.

Salah satu syarat untuk bisa mengaktifkan plugin Jetpack ini Anda harus memiliki akun WordPress.com. Dengan menggunakan akun wordpress.com inilah Anda bisa menggunakan Jetpack dengan leluasa, bisa me-manage & menulis posting lewat akun wordpress.com, bisa berinteraksi dan saling follow antar pengguna blog wordpress, sehingga plugin ini secara otomatis terintegrasi dengan jaringan wordpress.com.

Dari sekian banyaknya fitur yang ada, tidak harus semua digunakan. Anda bisa memilih fitur mana saja yang akan dimanfaatkan. Beberapa fitur yang sering digunakan oleh para blogger dengan CMS Wordpdress ini misalnya fitur sitestats untuk mengetahui statistik pengunjung web, tombol otomatis share ke media sosial saat update posting, mobile theme, form kontak, edit CSS, dan lain-lain. ( unduh PLUGIN JETPACK)

2. WordPress SEO By Yoast

WordPress SEO by yoast adalah plugin wordpress terbaik yang digunakan untuk mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) website platform WordPress di mesin pencari. Seperti halnya dengan plugin Jetpack, plugin WordPress SEO by yoast ini juga memiliki berbagai fitur menarik untuk meningkatkan SEO website.

Dengan Plugin WordPress SEO by yoast Anda dapat membuat format judul, meta diskripsi dan kata kunci di setiap halaman, postingan, kategori, tag, dan beranda situs. Dengan plugin ini Anda juga dipermudah jika ingin memferifikasi situs di Webmaster Tool seperti di Bing Webmaster Tools, Alexa, Google Search Console, dan Yandex Webmaster Tools.

Selain beberapa fitur yang telah disebutkan tadi, dengan menggunakan WordPress SEO by yoast Anda juga akan dimudahkan saat membuat peta situs (sitemap) yang dikirim ke mesin pencari. Jika Anda update artike maka peta situs tersebut secara otomatis juga akan terupdate. Hampir semua teknik SEO on-page bisa anda lakukan dengan plugin ini. (unduh PLUGIN SEO BY YOAST)

3. Plugin WordPress Autoptimize

Untuk dapat memberi kenyamanan kepada para pembaca website, salah satunya adalah dengan menghadirkan situs yang mudah diakses dan ringan ketika loading halaman. Autoptimize merupakan salah satu plugin wordpress yang berfungsi untuk meringankan beban loading website dengan cara mengkompresi beberapa file HTML, CSS dan Java Script (JS).

Dengan plugin autoptimize, selain dapat mengompresi file yang mengblokir perenderan halaman ia juga bekerja menggabungkan kode CSS dan Javascript (inline CSS & JS) dan meletakkan kode tersebut agar tidak berada di paro atas halaman web, sehingga bisa mempercepat loading halaman.

Jika Anda menggunakan plugin wordpress ini bisa dipastikan kecepatan website bisa meningkat. Plugin ini cukup sensitif sehingga terkadang beberapa kode JS/CSS bisa tidak berfungsi. Untuk itu hati-hati ketika menyeting plugin ini. (unduh PLUGIN AUTOPTIMIZE)

4. WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin yang berfungsi untuk meningkatkan performa website agar lebih cepat ketika diakses oleh pengunjung. Plugin ini dirancang oleh Donncha O Caoimh, asal Blarney, Irlandia.

Plugin WP Super Cache ini bekerja dengan cara menciptakan file statis dalam bentuk html di dalam sub folder cache hosting. Dengan file statis tersebut ketika seseorang mengunjungi website Anda maka sistem akan menampilkan file html statisnya tanpa harus me-load ulang keseluruhan table dan query website sehingga kecepatan loading web dapat meningkat. (unduh WP SUPER CACHE)

5. WP Smush.it

Selain menggunakan plugin Autoptimize dan WP Super Cache, untuk menambah kecepatan loading website Anda juga harus menambahkan Plugin WP Smush.it. Plugin ini berfungsi untuk mengompres file gambar yang Anda upload secara otomatis sehingga ukuran bisa lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar.

Plugin WP Smush.it dibutuhkan ketika Anda tidak sempat mengkompresi gambar secara offline. Dengan file gambar ukuran kecil maka website bisa diakses lebih cepat. (unduh WP SMUSH.IT)

6. Optimize Database after Deleting Revisions (ODDR)

Ketika Anda sering melakukan revisi artikel pada postingan, atau sering nge-save artikel pada saat menulis maka sebenarnya Anda telah menyimpan sekian banyak sampah di database website. Sampah-sampah ini berdampak pada meningkatnya beban server sehingga bisa memperberat kecepatan loading halaman website.

Untuk dapat meringankan beban loading ini Anda bisa menghapus semua file revisions dengan menggunakan plugin Optimize Database after Deleting Revisions. Dengan plugin inilah Anda dapat menghapus seluruh file sampah revisions secara permanen. (unduh PLUGIN ODDR)

7. Akismet

Berbicara tentang sampah website, komentar spam juga menjadi salah satu sampah yang terkadang sangat menjengkelkan. Untuk itu aktifkan plugin Akismet bawaan CMS wordpress ini, dengan Akismet komentar spam yang dikirim oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang hanya mengejar backlink bisa diatasi.

Plugin Akismet ini dikembangkan oleh tim Automattic, sama dengan plugin Jetpac. Bahkan jika anda menginstall plugin jetpack, maka secara otomatis akismet akan menjadi satu bagian jecpack. Sebagaimana dengan plugin Jetpack, Akismet ini juga membutuhkan akun worpress.com untuk mendapatkan Api Key agar bisa aktif dan bekerja.

8. Captcha By Bestwebsoft

Plugin Captcha dibutuhkan untuk menyaring keterlibatan pihak luar dengan website kita. Pihak luar yang dimaksut bisa bot maupun manusia yang ingin berinteraksi dengan website kita. Dengan plugin ini Anda bisa menyaring dan memastikan bahwa yang berinteraksi adalah manusia, karena plugin ini akan memberi perintah untuk mengisi form berupa penambahan, perkalian, atau pengurangan yang dibuat secara acak.

Plugin Captcha akan aktif pada beberapa bagian yaitu pada Form Login WordPress, Form Pendaftaran WordPress, Form Komentar dan Pada Setelan Ulang Kata Kunci. Dengan captcha ini Anda bisa mengamankan wordpress dari sniffer, bot visitor dan lainnya. (unduh Plugin Captcha )

9. WP Content Copy Protection

WP Content Copy Protection adalah plugin yang dapat melindungi konten dari pencurian. Plugin ini bekerja dengan cara mematikan fitur klik kanan, copy, drag, menyimpan gambar, pemilihan teks, drop, melihat source code, baik melalui mouse, keyboard dan browser.

Plugin WordPress ini ringan dan sederhana namun sangat bermanfaat bagi pemilik situs yang serius untuk melindungi konten online-nya. Dengan plugin ini postingan artikel dan home page akan dilindungi oleh beberapa teknik (JavaScript + CSS). (unduh WP Content Copy Protection)

Tutorial lengkap tentang WordPress silahkan buka : Tutorial Membuat Website Dengan CMS WordPress

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.