Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Ingin Mendapatkan Uang Dari Internet? Ini Caranya

Salam Sukses. Jika ada seribu jalan menuju Roma, maka dalam mencari penghasilan-pun juga ada banyak cara dan gaya, termasuk mendapatkan uang dari internet. Terbukti dari teman-teman saya yang fokus menggeluti pekerjaan online-nya mereka bisa meraup dolar, mulai dari yang berpenghasilan 500USD/bulan hingga yang sudah pay out sekitar 14.000USD/bulan. Memang menggiurkan namun proses dan tetap fokus pada tujuan tetap menjadi resep utama.

Bisa mendapatkan uang dari internet dapat dilakaukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga sekalipun yang digunakan sebagai pekerjaan sampingan di sela-sela aktivitas sehari-hari. Maka tak heran apabila hingga saat ini bisnis online masih menjadi peluang yang cukup menggiurkan bagi beberapa kalangan.

Ada banyak macam cara untuk mendapatkan uang dari internat, masing-masing cara tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dan juga strategi yang berbeda pula. Beberapa bisnis online yang akan saya utarakan disini mungkin hanya beberapa saja, yang kesemuanya saat ini saya ketahui dari proses teman-teman saya yang sukses di bisnis online.

1. Publisher Google Adsense

Menjadi pulisher di Google Adsense merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling populer yang saya ketahui. Bisa dibilang populer karena sebagian besar pelakunya adalah mereka yang suka menulis di blog/website, yang suka bikin aplikasi, maupun yang mempunyai hobi membuat video.

Sistem kerja dari Google Adsense ini adalah para publisher menyediakan ruang iklan untuk pihak Google, ruang iklan tersebut bisa berupa artikel-artikel dalam blog/web, bisa berupa video di Youtube, maupun dengann membuat aplikasi tertentu yang support untuk diberi iklan.

Dengan iklan yang ditampilkan dalam halaman blog/website, video ataupun aplikasi tertentu, Google akan membayar para publisher apabila iklan yang ditayangkan di-klik atau dilihat oleh para pengunjungnya, oleh karena itu banyak-sedikitnya pengunjung akan sangat berpengaruh terhadap penghasilan para publisher. Semakin banyak pengunjung yang datang di web/blog-nya biasanya akan semakin banyak penghasilannya. Begitu juga dengan video di Youtube, semakin banyak orang yang menonton dan meng-klik iklannya maka juga akan semakin banyak mendapatkan penghasilan.

Sirkulasi jumlah pengunjung blog/web atau yang sering disebut trafik website akan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti jumlah artikel yanng ditulis, kualitas tulisan, desain web, dan juga optimasi web agar mudah diakses. Keseuaian tema website (niche) dengan pembaca yang dituju juga menjadi faktor penting, karena hal ini menyangkut minat seseorang dalam membaca.

2. Membuat Toko Online

Membuat toko online menjadi salah satu bisnis online yang saat  ini tidak kalah ngetrend dengan menjadi publisher google adsense, beberapa teman saya yang sebelunya menjalankan bisnis secara offline kini sudah mulai merambah ke bisnis online dengan cara membuka toko online. Beberapa barang dagangan teman saya yang laris manis di jualan online ini biasanya berupa jualan pakaian, mulai dari pakaian bayi hingga dewasa, ada yang berjualan racikan jamu tradisional, dan beberapa teman juga lumayan penghasilannya dari jualan hardware komputer mulai dari flashdisc hingga laptop.

Dalam membuat toko online beberapa teman saya biasanya menggunakan website berbasis wordpress dan openchart. Model transaksinya apabila barang yang dipajang di internet sudah dibeli dan dibayarkan uangnya melalui transfer rekening, baru kemudian barang dikirim ke alamat tujuan. Untuk mendapatkan stok barang, biasanya mereka bekerjasama dengan beberapa toko di pasar, sedangkan teman sayayang jualan hardware dia memiliki toko komputer.

Jual beli secara online sebenarnya tidak hanya terbatas pada penjualan produk-produk baru, beberapa orang yang juga sukses berjualan online mereka juga ada yang menjual berbagai produk second seperti mainan untuk bayi, perlengkapan bayi dan anak maupun barang-barang elektronik lainnya.

Inti dari bisnis online ini sebenarnya hampir sama dengan bisnis offline, kuncinya terletak pada kesungguhan dalam berusaha, tetap fokus pada bidang yang digeluti dan mampu membangun kepercayaan orang lain.

3. Jasa Menulis Artikel

Tak semua orang yang menekuni publisher google adsense adalah penulis, biasanya mereka yang sudah bergelut di dunia publisher sangat membutuhkan rekan kerja seorang penulis. Hal ini dilakukan karena pada dasarnya para publisher ini basanya tidak hanya memilliki satu blog/web. Bisa saja seorang publisher memiliki lebih dari 5 web/blog yang semuanya membutuhkan update artikel setiap harinya.

Nilai rupiah yang dibayarkan kepada penulis artikel ini juga beragam, hal ini biasanya tergantung dari kualitas tulisan, banyaknya karakter tulisan dan tematik tulisan. Untuk di Indonesia sendiri jual-beli artikel untuk blog/web yang saya ketahui terendah sekitar Rp.3000,- hingga Rp. 30.000. Namun pada umumnya satu artikel yang cukup baik dengan panjang 1000 karakter biasanya dihargai dengan nominal Rp. 10.000 – Rp. 15.000,-. Besar kecilnya nominal ini selain beberapa faktor diatas juga tergantung dari perjanjian antara penulis dan publisher (pemilik situs). Jika Anda ingin berpenghasilan Rp.100.000,-/hari maka harus memiliki kemampuan menulis 10 artikel/hari untuk harga 10ribu.

4. Kompetisi Online

Banyak orang bisa mendapatkan uang dari internet salah satunya dari hasil kompetisi online. Ada banyak ragam kompetisi yang digelar setiap hari di jagat maya ini, mulai dari kompetisi game, kompetisi desain, kompetsi blog/web dan lain sebagainya.

Salah satu kompetisi yang diikuti teman saya dan hingga saat ini masih diikuti adalah kompetisi desain logo di 99designs.com. Di situs tersebut Anda dapat mengikuti kontest logo dimana logo tersebut merupakan pesanan dari perusahaan-perusahaan di dunia pada 99designs.com. Jika Anda beruntung logo anda terpilih menjadi yang terbaik, maka akan mendapatkan uang yang akan ditrasfer melalui PayPal, harganyapun beragam, hal ini tergantung pihak pemesan.

5. Web Desainer dan Developer

Dari waktu ke waktu hingga hari ini dimana Anda membaca tulisan ini, dunia maya selalu mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini berarti sebuah peluang bagi siapapun untuk bisa mendapatkan uang dari internet, apalagi bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk pengembangan dan desain website.

Banyak perusahaan besar maupun UMKM yang saat ini tidak mau kalah dalam persaingan bisnis, sebagian besar dari mereka akan merambah ke pemasaran online untuk produk-produknya. Untuk itulah peluang ini bisa menjadi sangat berharga jika ditinggalkan, apalagi jika Anda memiliki ketertarikan di bidang ini.

Menjadi web desainer selain dapat bekerja membuat website bagi perusahaan juga dapat bekerja sebagai pembuat Theme CMS seperti WordPress, membuat Template di Blogger, ataupun CMS lainnya. Apabila karya desain Anda banyak diminati tentu ini akan menjaadi sebuah alat untuk mendapatkan uang dari internet.

****

Mendapatkan uang dari internet ada banyak sekali cara dan jalan selain yang disebutkan diatas. Silahkan melihat ke diri Anda sendiri kira-kira bisnis online mana yang sekiranya sesuai dengan minat dan kemampuan. Jika Anda tertarik dengan bisnis online, jangan sungkan untuk mampir di Kumpulan Artikel Tentang Website dan Internet. Jangan takut salah, Jangan takut kalah…Semoga Sukses..

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*