Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Ingin Membeli Emas? Ini Yang Harus Anda Lakukan

Tidak bisa dipungkiri, emas hingga kini masih masih menjadi salah satu logam mulia yang paling diminati. Selain menjadi alat moneter, emas juga dapat digunakan untuk investasi dan dijadikan perhiasan untuk dipakai sehari-hari.

Membeli emas meskipun terbilang cukup mudah, namun masih banyak juga orang yang belum tau bagaimana membeli emas secara tepat agar apa yang didapatkan bisa sesuai dengan kebutuhan. Bagi orang yang mengetahui, beda jenis emas beda juga peruntukannya.

Emas yang saat ini beredar di pasaran memiliki banyak jenisnya, baik jumlah kadar emasnya, bentuk emas dan isi campuran emasnya. Masing-masing jenis juga memiliki kualitas sekaligus harga yang berbeda, untuk itulah membeli emas juga perlu strategi agar tidak kecewa dikemudian hari. (Baca Juga : Aneka Jenis Emas Untuk Investasi)

membeli emas untuk investasi masa depan CC
Membeli emas untuk investasi masa depan /CC/Bullion Vault

Berikut ini tips membeli emas :

1. Tentukan Tujuan Dalam Membeli Emas.

Menentukan tujuan yang jelas dalam membeli emas menjadi syarat pertama yang musti dipenuhi. Penetapan tujuan ini menjadi penting karena akan menyangkut fungsi emas yang akan dibeli. Jika ingin membeli emas untuk investasi, emas batangan atau koin bisa menjadi pilihan yang tepat karena nilai intrinsiknya lebih besar daripada emas perhiasan. Sedangkan jika ingin membeli emas untuk perhiasan sekaligus tabungan, maka bisa membeli yang memiliki kadar emas yang tinggi. (baca juga : Emas Murni Atau Campuran? Ini Bedanya)

2. Ketahui Harga Emas Terkini

Perubahan harga emas terjadi setiap hari, hal ini biasanya mengikuti kurs mata uang yang ada di masing-masing negara, untuk itulah wajib hukumnya mengecek harga emas hari ini di pasaran untuk mengetahui perkembangan harga yang terjadi. Berbagai media yang menyediakan informasi seputar harga emas saat ini juga mudah ditemukan, baik melalui koran, majalah dan juga situs online yang melayani jual-beli emas.

Situs online yang populer dijadikan referensi jual beli emas murni batangan (24 karat) saat ini adalah logammulia.com dan pegadaian.co.id. Kedua situs ini merupakan badan usaha milik pemerintah yang melayani jual beli emas secara offline maupun online. Dari situs inilah Anda bisa melihat langsung harga-harga emas sesuai jenisnya. Harga emas yang diumumkan oleh PT. Antam melalui logammulia.com seringkali menjadi patokan harga emas nasional.

3. Pilih Tempat Yang Tepat Untuk Membeli Emas

Ada banyak tempat untuk membeli emas, apalagi jika ingin membeli emas perhiasan, hampir di semua wilayah sudah ada toko-toko yang melayani jual beli emas. Pilihlah toko emas yang telah memiliki reputasi terbaik di wilayah Anda berada agar lebih aman dan bisa mendapatkan kualitas emas terbaik. Toko emas yang baik untuk membeli emas biasanya memberikan harga jual yang terpaut tidak terlalu besar dengan harga belinya. Demi keamanan, pastikan toko yang dikunjungi memiliki fasilitas transfer bank agar anda tidak perlu membawa uang cash hasil penjualan emas.

Berbeda dengan membeli emas perhiasan, jumlah penyedia jasa jual-beli emas batangan dan koin biasanya lebih sedikit jika dibandingkan dengan tempat jual beli emas perhiasan. Salah satu tempat yang menjadi rekomendasi jual-beli emas batangan dan koin yang terjamin kualitasnya dan bersertifikat adalah PT. Antam atau Pegadaian.

4. Periksa Dengan Teliti Keadaan Emas

Jika Anda membeli emas batangan di PT. Antam atau pegadaian, kualitas emas yang dijual bisa dijamin merupakan emas terbaik. Meski demikian usahakan memilih emas yang memiliki tampilan yang bersih tanpa noda. Adanya noda yang biasanya berwarna hijau menandakan pencucian emasnya belum benar-benar bersih dan masih meninggalkan sisa kimia yang dapat menyebabkan alergi.

Memeriksa keadaan emas batangan memang lebih mudah jika dibandingkan dengan memeriksa keadaan emas perhiasan yang memiliki motif tertentu. Semakin rumit motif pada emas perhiasan maka dalam memeriksa juga harus lebih teliti. Periksalah apakah emas perhiasan tersebut ada goresan, cekungan, lubang atau cacat lainnya. Jika Anda membeli emas yang sudah memiliki banyak kerusakan biasanya harga emas akan mengalami penurunan yang cukup drastis.

5. Ketahui Kadar kemurnian Emas

Standar internasional kadar kemurnian emas biasanya ditandai dengan satuan karat, semakin tinggi nilai karat emas secara otomatis semakin tinggi kemurnian emas tersebut. Emas yang memiliki kemurnian semakin tinggi biasanya memiliki sifat semakin lunak dan mudah rusak. Oleh karena itu pemilihan kadar karat emas ini penting dilakukan terkait fungsi emas ketika sudah dibeli. Berikut ini contoh kadar kemurnian emas :
– Emas 24 karat adalah emas murni (99.99%)
– Emas 22 karat memiliki komposisi 91.7% emas dan dicampur bahan lain 8.3% (biasanya bahan perak)
– Emas 20 karat memiliki kompoisis 83.3% emas
– dan seterusnya. (baca juga : Emas Murni Atau Campuran? Ini Bedanya)

Standar kadar emas di toko emas yang ada di Indonesia saat ini biasanya masing-masing wilayah memiliki ukuran yang berbeda. Bisa dibilang, sistem jual beli emas di pasar (tradisional–toko emas) memang cukup memprihatinkan karena tidak ada sistem dan standar yang menjadi konsistensi harga, berat maupun kadarnya. Untuk itulah pilihlah toko emas yang memang sudah benar-benar memiliki reputasi paling baik.

6. Menyimpan dan Menggunakan Emas

Setelah emas dapat dibeli, hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana menyimpan dan menggunakan emas. Untuk emas batangan atau koin biasanya memang dibeli hanya untuk disimpan, sedangkan emas perhiasan ada kalanya dipakai untuk kegiatan-kegiatan tertentu untuk mempercantik diri.

Untuk emas yang disimpan, apabila jumlahnya tidak terlalu banyak emas cukup disimpan di rumah dengan menggunakan kotak atau brankas pribadi. Jika emas tergolong banyak (batangan 1kg ke atas), maka perlu disimpan di kotak deposit di bank yang biasanya akan dikenakan biaya dalam jumlah tertentu.

7. Menyimpan Surat Emas

Ketika membeli emas, Anda akan mendapatkan beberapa lembar kelengkapan administrasi seperti kuitansi, sertifikat emas maupun nota pembelian. Simpanlah semua surat yang diperoleh dengan baik, karena akan diperlukan saat akan dijual kembali. Pentingnya menyimpan surat emas ini adalah jika surat-surat ini hilang, maka harga emas bisa jatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*