Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Panduan Google Webmaster untuk Pemula

Google Webmaster adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google untuk mengoptimalkan kinerja website maupun blog di mesin pencari Google. Jika Anda menginginkan blognya ingin cepat ke-index dan memantau kesehatan maupun perkembangan situs, alat ini wajib digunakan oleh blogger.

Memanfaatkan fasilitas Google Webmasters Tool untuk meningkatkan trafik di blog, memang butuh ketelitian dan perhatian yang cukup inten. Berbagai fitur disediakan google agar setiap halaman blog yang Anda miliki dapat terpantau dengan baik dan semakin ramah dengan mesin pencari.

Jika blog Anda ramah dengan mesin pencari, maka blog akan mudah terindex di mesin pencari, mudah nangkring di halaman pertama google, mudah mendapatkan pengunjung dan pada ujungnya akan dapat meningkatkan penghasilan Anda.

Google Webmaster Tool ini bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki website/blog. Baik blog yang gratis maupun yang berbayar, dan bisa digunakan untuk hampir semua platform blog, entah itu blogspot, wordpress, ataupu yang lainnya.

Setelah Anda membuat blog dan menulis artikel, segera saja daftarkan blog tersebut ke Google Webmaster Tool. Ini langkah-langkahnya :

1. Silahkan masuk ke situs Google Webmaster Tool dengan akun gmail Anda

mendaftar google webmaster

Jika Anda memang pengguna baru, maka harus memasukkan email dan password akun google Anda, Setelah itu akan dibawa masuk ke halaman Search Console Google.

2. Masukkan nama blog/website, kemudian klik “Add a Property”

memasukkan-blog-ke-google-webmaster
halaman search console

Setelah Anda memasukkan nama website yang didaftarkan, proses selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan website / blog Anda.

3. Verifikasi kepemilikan situs.

verifikasi situs di google webmaster
Halaman verifikasi situs

Untuk dapat memverifikasi kepemilikan situs, Anda disarankan untuk memasukkan kode HTML melalui beberapa pilihan cara.

Cara pertama yang disajikan oleh Google adalah dengan mendownload file HTML yang berisi kode verifikasi. Setelah didownload, Anda harus meng-upload-nya ke situs yang Anda miliki, kemudian klik tombol “Verify” yang terletak di bagian bawah.

Jika ingin mem-verifikasi dengan metode lain, silahkan masuk di bagian tab “Alternate methods”. Ada empat pilihan yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menggunakan tag HTML, Domain name provider, Google Analytica, dan Google Tag Manager. Bagi Google, apabila Anda hanya memilih satu cara verifikasi saja sudah bisa berhasil, dan Anda bisa langsung memanfaatkan semua fasilitas Google WEbmaster Tool.

Jika Anda menggunakan platform blogspot, verifikasi bisa dilakukan dengan menggunakan tag HTML. Silahkan copy kode HTMLnya, kemudian paste ke halaman html template blog dibawah kode <head>. Setelah itu kembali ke webmaster dan klik “Verify”.

4. Mendaftarkan Peta Situs ke Google Webmaster

Setelah website sudah diverifikasi, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan peta situs, yakni kumpulan url yang berguna untuk memberi tahu Google dan mesin telusur lain tentang organisasi konten situs. Perayap web mesin telusur (Googlebot) akan membaca file ini untuk merayapi situs Anda.

Untuk mendaftarkan peta situs, masuklah ke halaman Dashboard >> Klik Nama situs >> Crawl >> Sitemaps.

menambah peta situs

Kemudian masukkan peta situs padakolom yang tersedia. Alamat peta situs biasanya dalam format .xml.

memasukkan peta situs

Jika Anda memiliki website berbayar, maka wajib hukumnya membuat peta situs tersebut. Caranya dengan memanfaatkan plugin atau dengan membuat peta situs dengan bantuan Sitemap Generator yang banyak beredar di internet.

Jika Anda adalah pengguna blogger, Anda cukup menambahkan kode “feeds/posts/default?max-results=400” di akhir nama blog Anda.

Demikian tips singkat panduan sederhana Google Webmaster. Setelah Anda mendaftarkan peta situs, silahkan pantau terus perkembangan situs Anda di Google Webmaster.

Wajib Baca : Cara Bikin Blog di Blogspot untuk Pemula. Lengkap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*