Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Go-Jek Indonesia, Model Bisnis Ojek Berbasis Aplikasi

Salah satu mode transportasi berbasis aplikasi yang saat ini tengah ngetren di masyarakat adalah Go-Jek, yakni sarana transportasi Ojek modern yang dipadukan dengan aplikasi sehingga mampu memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pengendaranya.

Go-Jek hingga saat ini telah bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman, beroperasi di area JABODETABEK, Bandung, Bali dan Surabaya. Tak hanya sekedar menjadi tukang ojek yang hanya melayani penumpang, Go-Jek juga menjadi solusi dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.

Nadiem makariem bersama rekan-rekannya mendirikan Go-jek pada tahun 2011 lalu. Go-Jek Indonesia didirikan sebagai salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di kota metropolitan seperti Jakarta. Hingga saat ini perusahaan Go-Jek telah menaungi ribuan pengojek yang tersebar di berbagai wilayah.

Awalnya Nadiem Makariem juga salah satu pengguna ojek, dari tukang ojek langganannya ini ia bisa mendapatkan banyak informasi tentang seluk beluk ojek. Dari sinilah ia mulai berpikir tentang bagaimana agar moda transportasi ini bisa bekerja lbih efisien dan efetif, mengingat sebagian besar waktu tukang ojek konvensional justru seringali dihabiskan untuk menunggu penumpang yang digilir dengan tukang ojek lainnya.

Perpaduan layanan ojek dengan tenologi yang ia ciptakan, Nadiem memberi kemudahan pelanggan untuk menggunakan layanan Go-jek dengan memakai aplikasi di smartphone. Setiap ojek yang tergabung dalam Go-Jek, kendaraannya telah dilengkapi dengan GPS sehingga posisi ojek bisa dipantau, tarif terukur, dan cara pembayarannya pun menggunakan credit (My Wallet).

Penghasilan Pengojek

Penghasilan pengojek yang bergabung dengan perusahaan Go-Jek ini rata-rata berpenghasilan sekitar 3 juta per bulan. Uang itu mereka terima setelah dipotong 20% dari perusahaan. Sistemnya adalah bagi hasil, dimana 80% untuk pengojek dan 20% untuk Gojek.

Berbekal ide kreatif dalam mengembangkan inovasi bisnisnya ini, Nadiem akhirnya menerima berbagai pengharaan. Dari sinilah Go-jek ahirnya bisa diliput oleh banyak media sehingga usahanya semakin dikenal masyarakat.

Sperti yang kami kutip dari SWA Online, Pria kelahiran 4 juli 1984 ini menjelaskan, sejak resmi berkibar dengan aplikasi Go-Jek pada bulan Maret 2014, pertumbuhan bisnisnya sangat signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya pengunduh aplikasi dan jumlah pengemudi atau driver Go-Jek yang berjumlah hingga 3000 driver di Jabodetabek dan semuanya terhubung ke sistem booking mobile. Kehadiran Go-Jek sudah menjadi solusi terpercaya bagi warga Jakarta untuk berpergian di tengah kemacetan, mengirim barang, dan juga berbelanja

“Kami bukan perusahaan logistik, atau transportasi, Kami adalah perusahaan aplikasi yang bermisi sosial membantu menyejahterakan profesi ojek, “ungkap pendiri sekaligus CEO Go-Jek, Nadiem Makarim ke pada SWA Online di Jakarta.

Bukan hanya bertujuan mencari laba semata, kehadiran Go-Jek ditengah masyaraat terdapat misi sosial yang lebih penting, yakni mensejahterakan tukang ojek.

“Yang jelas visi kami tidak hanya sekadar mengejar profit semata, tapi ikut serta mensejahterakan tukang ojek, itu yang menjadi kebanggaan dan kebahagiaan kami dalam berbisnis,” ungkap Nadiem

Untuk mengembangkan jangkauan bisnisnya ke berbagai wilayah di Indonesia, Nadiem dan tim Go-Jek terus bergerak mengajak para ojek untuk bergabung dan menyebarkan informasi positif lewat komunitas ojek.

Tertarik menggunakan layanan Go-Jek? Berikut berbagai ketentuan yang kami ambil dari situs www.go-jek.com

Bagaimana cara menggunakan GO-JEK?

Dengan menggunakan GO-JEK app; kamu dapat memesan GO-JEK Driver untuk mengakses semua layanan kami. Masukan alamat kamu untuk mengetahui biaya penggunaan layanan. Gunakan layanan ‘Use my location’ untuk mengarahkan Driver ke tempat kamu berada.

Setelah kamu mengkonfirmasi pesanan, teknologi location-based kami akan mencarikan mencarikan Driver yang posisinya paling dekat dengan kamu. Setelah seorang Driver ditugaskan, kamu dapat melihat foto Driver, mengirimkan sms dan juga meneleponnya.

Dimana bisa download aplikasi GO-JEK?

Aplikasi GO-JEK untuk iOS dan Android dapat diakses via go-jek.com/app

Apa keunggulan aplikasi GO-JEK?

Kami memproses pesanan kamu lebih cepat. Bisa live track Driver kamu dan membayar dengan GO-JEK Credit.

Area mana saja yang dilayani GO-JEK?

Layanan kami di Jakarta meliputi area JABODETABEK, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Bali.

Bagaimana cara memberikan rating untuk Driver?

Di akhir layanan, kamu dapat secara otomatis memberikan rating kepada Driver. Kami menangani customer service dengan sangat serius, kami mohon agar kamu memberikan rating yang adil dan sejujur-jujurnya. Kamu dapat meninggalkan pesan yang lebih detil di format isian comments.

Kalau hujan bagaimana?

Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan menyediakan layanan peminjaman jas hujan gratis untuk konsumen.

Apakah bisa Pre-Order GO-JEK?

Kami tidak lagi melayani pesanan Pre-Order.

Bagaimana cara mengganti alamat Email dan nomor telepon di aplikasi?

Buka fitur SETTINGS kemudian klik PROFILE. Di sini, kamu bisa mengubah nama, alamat email dan nomor telepon kamu. Apabila kamu telah mendaftarkan nomor kamu via Call Center dan ingin mulai membuat order via aplikasi, lalu masukkan nomor yang sama ke proses registrasi setelah melakukan download.

Bagaimana cara melaporkan masalah dengan aplikasi atau kesulitan order?

Untuk pelaporan dan kesulitan penggunaan aplikasi, silahkan kirim email ke [email protected] Mohon sertakan detail selengkap mungkin mengenai kendala kamu termasuk screenshot masalahnya agar tim kami dapat membantu secepatnya.

Apakah ada asuransinya?

GO-JEK Indonesia memberikan santunan musibah kecelakaan kepada seluruh pelanggan GO-JEK yang menggunakan layanan GO-RIDE. Konsumen akan menerima penggantian sampai dengan Rp. 10.000.000* dan untuk biaya rumah sakit sampai dengan Rp. 5.000.000*.

Syarat dan ketentuan claim adalah sebagai berikut:

  1. Bookingan harus dibuat via aplikasi untuk memastikan penggunaan layanan terdaftar di sistem kami
  2. Penerima santunan memiliki kartu identitas yang berlaku
  3. Dokumen yang diperlukan:
    • Kwitansi asli dari dokter/rumah sakit yang asli
    • Fotocopy asli pemeriksaan medis (x-ray, laboratorium, dll)
    • Resume medis pasien

GO-JEK juga memberikan ganti rugi untuk kehilangan barang sampai dengan Rp. 10.000.000** selama barang tersebut sesuai dengan informasi yang tertera dalam informasi booking. Nominal penggantian akan berdasarkan struk pembelian dan/atau mengacu kepada nilai wajar harga barang.

Sumber : SWA.co.id & Go-jek.com

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*