Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Fire opal manggal Wonogiri yang menawan hati

Fire Opal Manggal, batu mulia khas Wonogiri, sedang baik daun. Batu mulia ini memiliki karakteristik unik karena kristal di dalamnya mampu membiaskan cahaya menyerupai nyala api atau barjad api.

Batul ini hanya bisa ditemukan di Bukit Manggal yang merupakan pegunungan purba di Tirtomoyo –sekitar 50 km meter arah timur Wonogiri. Pegunungan purba di Dusun Simpangan, Desa Hargantoro tersebut belum banyak mengalami erosi sehingga lapisan tanahnya masih dalam formasi utuh.

Material penyusun batu dari Bukit Manggal ini terdiri dari silika dan H2O. Banyak penggemar dan kolektor batu mulia menganggap kualitas Fire Opal Manggal dari Wonogiri ini merupakan terbaik di dunia dengan tingkat kekerasannya mencapai 5,2-5,7 skala Mohs.

Baru dengan cahaya yang memikat ini juga tergolong langka karena sulitnya melakukan penambangan. Sebab batu-batu opal ini hanya bisa ditambang dari tebing-tebing curam Bukit Manggal dengan jurang menganga di bawahnya. Untuk naik ke titik penggalian, para penambang harus menggunakan tiga tangga yang masing-masing setinggio 20 meter.

Tak heran jika harganya fire opal manggal ini menjadi mahal, terutama untuk warna merah. Sebelum booming batu mulia, fire opal manggal hanya dihargai pilihan ribu per biji. Itu pun sudah jadi batu cincin. Kini, harganya satu biji bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski mahal, fire opal manggal tetap diburu dan dicari oleh penggemar dan kolektor.

Ada beberapa varian warna dari batu mulia khas Wonogiri ini, antara lain kuning teh, hijau cincau, putih, biru, dan paling mahal adalah warna merah cerah.

“Fire opal sedang ngetren sekarang, terutama yang dari Dusun Manggal, Tirtomoyo. Untuk bahan saja, yang terendah harganya mencapai Rp 300.000,” kata Bambang, seorang penggemar fire opal manggal.

Bambang melanjutkan, “Kalau fire opal yang besar, bagus, dan jernih harganya berkisar Rp 750.000  sampai Rp 2,5 juta juta per biji,” ujarnya.

Menurut praktisi pertambangan asal Kecamatan Tirtomoyo, Waluyo, pegunungan purba di Wonogiri selatan itu merupakan salah satu penghasil batu akik terbaik karena usia bebatuan di daerah itu sudah terbilang tua. “Sehingga sebagian unsur mineral di alam sudah bermetamorfosis menjadi batu mulia,” katanya.

Baca juga : 4 Cara mudah memunculkan jarong black opal

Berikut ini foto-foto Fire Opal Manggal:

Fire-opal-manggal-Wonogiri

Fire-opal-manggal-Wonogiri-emban-naga

Fire-opal-manggal-Wonogiri-emban-perak

Fire-opal-manggal-Wonogiri-empat-foto

Fire-opal-manggal-Wonogiri-ukuran-besar

Fire opal manggal Wonogiri warna kuning

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*