Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Contoh Kop Surat Perusahaan Sebagai Referensi

Kop surat perusahaan meski kadang dipandang sepele namun pada kenyataanya benda ini mampu memberi efek yang besar bagi usaha, khususnya pada citra perusahaan dimata konsumen maupun relasi usaha.

Bagi perusahaan yang telah sadar akan pentingnya branding tentu hal ini tidak akan dipandang sebelah mata, mereka bisa dipastikan akan mencari desainer terbaik untuk merancang kop surat perusahaan dan berbagai corporate identity lainnya agar perusahaanya mampu berkembang lebih maju.

Ada banyak variasi desain kop surat perusahaan yang ada di dunia ini, semakin berkembangnya dunia desain tentu akan semakin memicu kreativitas para desainer untuk bisa menampilkan sesuatu yang beda pada kliennya.

Mereka dapat melakukan berbagai eksplorasi, mulai dari ekplorasi tata letak, eksplorasi bentuk, eksplorasi warna, maupun eksplorasi bahan kertas untuk membuat kop surat.

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh kop surat perusahaan yang dapat dijadikan sebagai referensi usaha Anda :

contoh-kop-surat-perusahaan-jorge-galvez-designmodocom
kop surat perusahaan Jorge Galvez (by: Eddy Ortiz)/designmodo.com

Contoh kop surat perusahaan dan kartu nama Jorge Galvez  di atas bisa menjadi satu gambaran sederhana namun elegan pada kop surat. Dengan menggunakan pilihan warna klasik, huruf yang lembut dan didukung dengan ilustrasi goresan tipis pada kop surat telah mampu memunculkan kesan eksklusif pada kop surat.

Berbeda dengan desain kop surat perusahaan konvensional lainnya, tata letak dari kop surat ini bisa dikatakan “berani” karena antara kepala surat dan teks isi surat dirancang tidak ada garis pemisah. Desain-desain seperti ini banyak ditemukan pada desain kop surat perusahaan yang moderen.

contoh-kop-surat-perusahaan-Valens-Energy-Drink-designmodocom
Contoh kop surat perusahaan Valens Energy Drink (by: Maxime Quoilin)/ designmodo.com

Kop surat perusahaan minuman berenergi Valens besutan Maxime Quoilin ini dari logonya saja telah mampu menunjukkan identitas perusahaan yang bergerak diwilayah “air”, yakni produk minuman.

Dengan bentuk tetesan dan gelembung air pada logo, desainer juga telah berhasil menciptakan kesan bersih, segar dan luas pada berbagai media yang ada. Tak hanya pada kop surat , namun juga pada stopmap, kartu nama dan iklan yang dibuat serasi dengan logo. (Baca juga : Membuat Logo Untuk Brand Perusahaan, Ini Caranya)

contoh-kop-surat-perusahaan-Gochisou-Identity-designmodocom
Contoh kop surat perusahaan Gochisou (by: Yaegerwerks)/designmodo.com

Perpaduan warna biru dan putih pada logo menjadi serasi ketika diaplikasikan pada berbagai media termasuk pada kop surat perusahaan. Logo akan tetap bisa terlihat menonjol ketika diletakkan pada latar belakang gelap maupun terang meski hanya merubah warna hitam menjadi putih pada tulisan nama perusahaan.

Lagi-lagi tentang kesederhanaan penggunaan warna dalam membuat desain, termasuk dalam desain kop surat karya Yaegerwerks ini. Meski hanya menggunakan komposisi warna merah hitam dan putih,  kop surat  Gochisou bisa tampil istimewa dengan warna merah yang memiliki kesan berani.

Gochisou sendiri merupakan salah satu usaha restoran yang ada di Jepang, dengan menggunakan elemen warna merah sebagai pusat perhatian, desainer telah berhasil menunjukkan kesan gairah dan nafsu makan pada berbagai elemen corporate identity Gochisou.

contoh-kop-surat-perusahaan-Creavisa-by-anagrama-designmodocom
Kop surat perusahaan Creavisa (by: anagrama)/anagrama.com

Anagrama adalah salah satu perusahaan biro jasa branding asal Mexico yang menciptakan desain corporate identity Creavisa.  Dengan menggunakan warna dominan ungu sebagai latar belakang logo huruf “C”, Anagrama mampu menonjolkan logo yang terdiri dari spektrum warna dingin ini sehingga mampu mencuri perhatian.

Warna ungu dipilih untuk mewakili karakter perusahaan Creavisa, membedakan dari pesaingnya, dan sekaligus menggambarkan visi perusahaan. Kesan kesederhanaan juga muncul dalam desain kop surat perusahaan Creavisa dimana tak ada elemen lain selain logo dan tulisan alamat yang terletak di bagian bawah kop.

Ciontoh-kop-surat-dan-kartu-nama-B-n-R-designmodocom
Contoh kop surat dan kartu nama B n R /designmodo.com

Anda tertarik menggunakan kertas daur ulang untuk membuat kop surat? Perusahaan B & R telah membuat kop surat perusahaan yang simpel namun elegan dengan menggunaka kertas daur ulang. Dengan tampilan sederhana tanpa ada elemen lain selain logo dan alamat kontak, desain ini sudah cukup bisa berbicara tentang sesuatu yang praktis namun eksklusif.

Contoh-kop-surat-perusahaan-ITI-designmodocom
Contoh kop surat perusahaan ITI/designmodo.com

Kesan ceria dan penuh warna bisa dilihat dari desain corporate identity perusahaan ITI. Dengan perpaduan bidang-bidang warna bentuk geometris, desainer telah mampu menembus kebekuan dari model desain yang biasanya kaku dan formal. Kesan kebebasan, kreatif, dan keceriaan melekat pada perusahaan ITI ini.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik dalam membuat kop surat, memang membutuhkan banyak referensi sebagai acuan. Dengan semakin banyak acuan maka kita akan bisa mendapatkan gambaran bagaimana nnanti kop surat akan dibuat, baik dari segi pilihan warna, tata letak, maupun elemen desain yang akan dimasukkan.

contohh-kop-surat-perusahaan-bounce-veronicasgraphicscom

contoh-kop-surat-interior-J-Lynne-phrizbie-designcom

contoh-kop-surat-perusahaan-konsultan-pinterestcom

contoh-kop-surat-perusahaan-jeffjacobs-thebusinesslogocom

contoh-kop-surat-perusahaan-greek-animal-welfare-comma-abccom

contoh-kop-surat-perusahaan-DTi-smartnetnyccom

contoh-kop-surat-perusahaan-dalcorp-mycroburstcom

contoh-kop-surat-perusahaan-crandall-mycroburstcom

contoh-kop-surat-perusahaan-bmzako-smarnetnyccom

contoh-kop-surat-perusahaan-kosmetik-codamodacom

contoh-kop-surat-perusahaan-oneamerica-naomiishisakacom

contoh-kop-surat-perusahaan-pertanian-mycroburstcom

contoh-kop-surat-perusahaan-utopia-smartnetnyccom

***

Beberapa contoh kop surat diatas sebenarnya hanya bagian (sangat) kecil dari sekian banyak desain yang bisa memberi inspirasi.

Meski demikian, penulis berharap yang sedikit ini bisa memberi gambaran bahwa dalam membuat kop surat tidaklah harus monoton hingga semua isi kop surat diletakkan di bagian atas kertas. Ada banyak gaya dan cara agar kop surat perusahaan bisa tampil istimewa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*