Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Contoh Kemasan Kaos Unik Dan Kreatif

Kemasan Kaos Unik

kemasan kaos terbuat dari kayu
Kemasan kaos terbuat dari kayu bentuk tabung

Membuat kemasan kaos atau sering disebut T-shirt Packaging merupakan sebuah proses paling akhir (finishing) dari semua proses produksi kaos sehingga produk siap dipasarkan. Pengemasan kaos selain berfungsi sebagai pengaman produk, ada banyak fungsi lain yang tidak kalah penting sehingga tidak ada salahnya jika dalam membuat kemasan ini dipikirkan secara matang. Dengan membuat kemasan yang bagus, unik dan kreatif tentu akan lebih mampu menarik perhatian para konsumen sehingga  juga mampu meningkatkan nilai jual sebuah produk.

Kemasan  merupakan salah satu hal yang pertama kali akan dilihat oleh calon pembeli. Oleh karena itulah banyak perusahaan pakaian ataupun distro berlomba-lomba untuk membuat kemasan kaos yang “berbeda” dari yang lain sehingga mampu menjadi pusat perhatian. Bahkan untuk beberapa kemasan kaos yang kreatif dan unik, para pembeli tidak segan-segan untuk mengkoleksi kemasan tersebut sebagai barang pajangan. (Baca juga : Tips Membuat Kemasan Produk Yang Baik)

Ada banyak fungsi kemasan kaos selain hanya sekedar sebagai pembungkus produk, misalnya kemasan bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi, kemasan bisa dijadikan sebagai media promosi, bisa menunjukkan identitas perusahaan, dan lain segainya. Ada banyak contoh kemasan kaos yang dapat dijadikan sebagai referensi,  berikut ini kami sajikan beberapa contoh kemasan kaos terbuat dari berbagai macam bahan yang kami ambil dari beberapa sumber :

1. Kemasan kaos terbuat dari bahan kayu

kemasan kaos terbuat dari kayu bentuk kotak
Kemasan kayu bentuk kotak

Untuk memunculkan kemasan kaos yang eksklusif, bahan kayu bisa menjadi pilihan untuk mengemas. Bentuk kemasan bisa dieksplorasi sesuai dengan selera, bisa berbentuk kotak menggunakan kayu lapis, berupa tabung kayu yang dibuat dengan mesin bubut, atau dengan bentuk-bentuk lain sehingga bisa memunculkan kesan yang unik.

kemasan kaos terbuat dari kayu
Kemasan terbuat dari kayu bentuk tabung

Jenis kayu yang biasa dipakai untuk pengemasan pada umumnya adalah jenis kayu lunak (softwood) seperti Pinus atau Agathis. Meski demikian beberapa jenis kayu keras yang mendekati densitas kayu lunak juga dapat dipakai sebagai bahan kemasan kaos. Sampai saat ini diketahui terdapat400-an spesies kayu lunak yang bisa dibuat sebagai kemasan. 

2. Kemasan kaos terbuat dari bahan plastik

Bahan plastik merupakan salah satu bahan kemasan kaos yang paling umum digunakan. Ada banyak jenis bahan plastik yang bisa digunakan, misalnya jenis plastik Polyethylene terephthalate (PET), High Density PolyEthylene (HDPE), PolyVinyl Chloride (PVC), Low Density PolyEthylene (LDPE), polipropilen, polistiren, polikarbonat dan lain sebagainya. Agar kemasan kaos dengan bahan plastik bisa tampil lebih unik, dibutuhkan kreativitas dalam proses pembuatannya. Banyaknya jenis bahan plastik yang memiliki karakteristik berbeda-beda menjadikan plastik sebagai bahan pengemas yang bisa dieksplorasi menjadi berbagai macam bentuk kemasan.

kemasan kaos terbuat dari plastik
Contoh kemasan terbuat dari plastik berbentuk es krim, bisa untuk undangan pernikahan.
kemasan kaos terbuat dari bahan mika
Contoh kemasan terbuat dari bahan plastiik mika
kemasan kaos terbuat dari kaleng plastik
Contoh kemasan kaos terbuat dari kaleng plastik

Membuat kemasan kaos yang terbuat dari bahan plastik memang diperlukan banyak keahlian, mulai dari desain kemasan, proses cetak dan finishing-nya. Ekplorasi dalam membuat kemasan bisa dari bentuknya, ukuran, warna serta tata letak informasi yang akan disampaikan sehingga mampu memunculkan daya tarik yang kuat. Dalam sebuah desain kemasan, penampilan kemasan sangat mempengaruhi hampir 75% keputusan konsumen  untuk membeli suatu produk.

3. Kemasan kaos terbuat dari bahan kaca

Tak hanya terbatas pada produk-produk makanan dan minuman, kemasan yang terbuat dari bahan kaca juga bisa digunakan untuk mengemas produk kaos. Beberapa kemasan yang terbuat dari kaca ini misalnya toples, botol, gelas dan lain sebagainya.

contoh kemasan kaos terbuat dari bahan botol kaca
Contoh kemasan kaos terbuat dari bahan botol kaca

 

kemasan kaos terbuat dari toples kaca
Kemasan terbuat dari toples kaca

 

kemasan kaos terbuat dari toples
Toples bening untuk kemasan

 

kemasan kaos terbuat dari toples kaca panjang
Kemasan dari toples kaca panjang

 

Aneka macam bentuk kemasan kaca
Aneka macam bentuk kemasan kaca

Kemasan kaos yang menggunakan bahan dari kaca memang akan terlihat elegan dan mewah, meski demikian menggunakan kemasan ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi dan juga sifat bahannya yang mudah pecah. Untuk mensiasati agar lebih irit dan tidak mudah pecah, kemasan kaca bisa juga diganti dengan bahan-bahan yang terbuat dari mika atau plastik.

4. Kemasan kaos terbuat dari bahan kertas

Bahan kemasan yang terbuat dari kertas juga menjadi salah satu kemasan yang banyak digunakan oleh produsen kaos. Untuk menampilkan sesuatu yang unik dari kemasan kertas ini, biasanya para produsen melakukan berbagai ekplorasi desain, bentuk dan juga jenis material kertas yang digunakan. (Baca juga : Aneka Macam Jenis Kertas Dalam Percetakan)

mengemas kaos dari kertas daur ulang yang digulung
Mengemas kaos dari kertas daur ulang

 

kemasan kaos terbuat dari bahan kardus
Kemasan kaos terbuat dari bahan kardus

 

kemasan kaos terbuat dari kertas daur ulang
kemasan dari kertas daur ulang

 

kemasan kaos terbuat dari kertas daur ulang berbentuk es krim
kemasan dari kertas daur ulang berbentuk es krim

kemasan kaos terbuat dari bahan kardus bentuk kotak

kemasan terbuat dari kertas berbentuk kaos
kemasan terbuat dari kertas berbentuk kaos

Dari sebagian besar kemasan kaos yang terbuat dari kertas, kemasan yang memiliki kesan unik biasanya terbuat dari jenis kertas samson ataupun kertas daur ulang. Dengan menggunakan jenis kertas tersebut, kesan yang ditimbulkan adalah klasik, jadul namun tetap elegan.

5. Kemasan kaos terbuat dari bahan sterofoam

Sterofoam hingga saat ini masih tetap banyak digunakan sebagai kemasan produk meski jenis bahan ini tidak begitu ramah lingkungan. Dengan sifatnya yang mudah dibentuk, tahan lama, ringan dan murah harganya, sterofoam juga bisa dijadikan sebagai kemasan kaos.

kemasan kaos terbuat dari bahan sterofoam
Contoh kemasan kaos terbuat dari bahan sterofoam

 

kemasan terbuat dari bahan sterofoam bentuk gelas minuman
Contoh kemasan terbuat dari bahan sterofoam bentuk gelas minuman

5. Kemasan kaos terbuat dari bahan lain

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, masih banyak sekali bahan untuk membuat kemasan kaos yang bisa digunakan. Bahan-bahan tersebut misalnya dari kain, dari logam, dari bambu, gerabah, keramik dan lain sebagainya. Penggunaan bahan-bahan kemasan yang diluar kebiasaan tentu akan menjadikan kemasan kaos tersebut menjadi lebih unik.

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.