Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Cara Mudah Membuat Website Untuk Perusahaan

Salam Sukses. Di era teknologi informasi yang terus berkembang seperti saat ini, membuat website untuk perusahaan bisa dibilang sudah menjadi keharusan jika ingin kegiatan pemasaran usahanya bisa lebih maju dan berkembang.

Membuat website untuk perusahaan selain dapat digunakan sebagai media untuk memberikan berbagai informasi produk maupun layanan perusahaa, membuat website juga bisa digunakan sebagai media komunikasi dua arah antara pelanggan dan perusahaan. Komunikasi ini bisa dilakukan jika dalam website tersebut diberi kolom komentar, buku tamu ataupun halaman khusus untuk forum diskusi.

Ada banyak cara untuk bisa membuat website untuk perusahaan, jika ingin instan biasanya bisa langsung memesan ke penyedia jasa pembuatan website, namun bagi yang ingin membuat sendiri, berikut ini kami berikan gambaran cara mudah membuat website untuk perusahaan.

1. Menentukan nama domain

Domain merupakan nama unik di internet yang digunakan untuk mempermudah pengguna saat mengakses ke server kita. Dengan membuat nama domain unik ini siapapun dapat mengingat dan mengakses informasi usaha kita di internet tanpa harus susah payah menghafal deretan angka IP address. Nama domain biasanya juga disebut dengan URL, atau alamat website.

Pada umumnya para pemilik usaha akan membeli domain yang masuk dalam jajaran Top Level Domain (TLD). Selain harganya yang cukup murah, membeli top level domain juga sangat mudah diingat oleh konsumen karena sudah sangat populer. Salah satu TLD yang paling sering digunakan untuk kegiatan komersial adalah yang berakhiran .com (dot commercial), alternatif lain jika bisnis berada di Indonesia bisa menggunakan Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang berakhiran .co.id (dot corporate dot Indonesia).

Setiap nama domain memang unik, karena tak ada satupun nama domain di dunia maya ini yang persis sama. Untuk itulah silahkan cek dulu nama usaha Anda di name.com untuk memastikan ketersediaan nama domain usaha yang Anda miliki. Jika masih ada, segera selamatkan dengan membelinya sebelum dibeli oeh orang lain. (baca juga : Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Bagus)

2. Membeli Domain dan Hosting

Setelah yakin dengan nama domain yang dipilih, segeralah membeli domain sekaligus hosting-nya. Hosting merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menyimpan data-data di internet sehingga dapat diakses oleh konsumen. Membeli domain tanpa ada hosting tentu website tak akan bisa diakses karena tak ada data yang bisa dibaca.

Ada banyak sekali layanan jasa domain dan hosting di Indonesia, beragam layanan yang ada saat ini memberi kita keleluasaan untuk memilih sesuai kebutuhan web kita. Penyedia layanan web hosting yang populer dan cukup terjangkau harganya saat ini misalnya di masterweb.com dan idwebhost.com. Silahkan bandingkan sendiri harga dan layanannya, kalau situs triknya.com ini sewa hostingnya di mediaweb.co.id.

3. Instalasi CMS di Cpanel

Setelah domain dan hosting dibeli, biasanya penyedia jasa web tersebut akan mengirimkan email yang berisi username dan password akun Cpanel (Control Panel) website. Di Cpanel inilah Anda dapat menginstal berbagai aplikasi website atau yang sering disebut CMS.

Ada banyak sekali CMS yang bisa dipilih, jika web berisi informasi berupa artikel bisa menggunakan WordPress ataupun Jomla, jika ingin menggunakan web sebagai toko online bisa menggunakan Openchart atau yang lainnya. Dengan diinstalnya CMS di web Anda, maka website sudah bisa diakses dan tinggal mengisi kontent web serta mengatur tata letaknya. (Baca juga : Menginstal WordPress di Cpanel Itu Mudah. Ini Caranya..)

4. Membuat Kontent Website

Buatlah kontent website sesuai kebutuhan, kontent ini bisa berupa teks, gambar/foto ataupun video yang menjelaskan tentang perusahaan beserta produk/layanannya. Beberapa kontent web yang umum dibuat oleh perusahaan biasnya terdiri dari profil perusahaan beserta sejarah dan visi-misinya, jenis produk dan layanan, cara mendapatkan produk dan layanan, alamat dan kontak perusahaan dan juga berbagai kebijakan perusahaan yang terkait dengan penggunaan situs.

5. Mengatur Tata Letak Website

Mengatur tata letak dalam membuat website untuk perusahaan merupakan salah satu cara dalam memberi kemudahan navigasi website bagi para pengunjung. Selain mempermudah navigasi, pengaturan tata letak ini berguna untuk menyajikan tampilan web yang sesuai dengan perusahaan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengatur tata letak ini, misal dalam pemilihan warna sesuai ciri khas perusahaan, pengaturan jenis dan ukuran huruf, memasang logo perusahaan, membuat menu-menu di website dan lain-lain. (baca juga : Cara Membuat Logo Untuk Brand Perusahaan)

Dalam mengatur tata letak ini sangat berhubugan dengan desain tampilan website. Untuk mempermudah mengatur tampilan web, biasanya setiap CMS  telah menyediakan beragam template/theme/tema tampilan yang bisa diunduh secara gratis mmaupun berbayar.

6. Melakukan optimasi web

Setelah website sudah diatur tata letaknya dan diisi dengan kontent, langkah terakhir adalah dengan melakukan optimasi web tersebut. Optimasi web merupakan salah satu hal yang dilakukan agar website bisa diakses dengan mudah/ringan. Ada banyak cara yang bisa ditempuh, yakni dengan mengkompresi image/gambar, memampatkan Java Scrip dan CSS, meminimalkan HTML, dan lain sebagainya. Dengan melakukan optimasi web, hal ini akan memberi pengalaman yang bagus pada pengguna karena mereka semakin mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

****

Tertarik membuat website sendiri?? Silahkan buka Tutorial Membuat Website Dengan CMS WordPress

Memiliki usaha di zaman teknologi informasi saat ini, membuat website untuk perusahaan memang sangat diperlukan. Silahkan mencoba, semoga bermanfaat.

1 Comment on Cara Mudah Membuat Website Untuk Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*