Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Cara Mudah Membuat Menu Di Blogger

Salam Sukses. Setelah kita dapat menggunakan akun Gmail untuk membuat blog di Blogger, tampilan beranda biasanya terlihat kosong. Untuk itu perlu membuat menu agar para pengunjung bisa mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan di blog kita. Ada dua jenis menu yang bisa dibuat dalam blogger, yaitu menu yang berupa halaman statis dan menu halaman dinamis.

Menu halaman statis biasanya berisi halaman profil, halaman kontak, halaman Privacy Policy, halaman Disclaimer atau lainnya. Sedangkan menu untuk halaman dinamis biasanya terdiri dari arsip blog berdasarkan kategori atau label. Dalam menu halaman dinamis ini apabila kita melakukan update blog pada kategori atau label tertentu secara otomatis pada halaman kategori tersebut akan ikut ter-update. (Baca Juga : Membuat Halaman Privacy Policy di Blogger)

A. Menu Halaman Statis

Untuk membuat menu halaman statis beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah :

1. Masuklah ke halaman blogger Anda, kemudian pilihlah menu “Tata letak”

menu tata letak blogger

2. Setelah masuk, Anda akan dibawa pada halaman pengaturan tata letak bloger. Disinilah Anda dapat dengan leluasa mengatur tampilan blog dengan menambahkan, menghapus, dan mengedit gadget blog hanya dengan meng-klik dan menyeret gadget yang sudah disediakan.

3. Pilihlah menu “Tambah Gadget” yang melintang di atas posting blog jika menu halaman statis ingin ditampilkan di atas postingan, atau bisa juga pilih menu di samping posting, atau dibawahnya, semua tergantung selera Anda.

tambahkan gadget

4. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan yang bisa dimasukkan ke dalam widget. Cari dan pilih ikon “Laman” untuk menampilkan daftar halaman mandiri di blog.

memilih menu halaman blogger

5. Lakukan konfigurasi daftar halaman yang akan ditampilkan di beranda depan blog dengan cara mencentangnya. Jika sudah kemudian tekan tombol “Simpan”

konfigurasikan daftar laman
Konfigurasi daftar halaman

6. Menu halaman statis pada blog sudah selesai. maka tampilan menu di halaman beranda akan seperti di bawah ini.

tampilan menu di blogger

B. Menu Halaman Dinamis

Untuk membuat menu dinamis pada blogger sebenarnya caranya hampir sama dengan cara di atas, perbedaanya hanya terletak pada proses mengganti ataupun melakukan penambahan link label saat konfigurasi halaman (poin 5). Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Siapkan dulu alamat URL label yang ingin ditampilkan. Untuk mendapatkan alamat URL tersebut, setidaknya Anda harus sudah membuat postingan terlebih dahulu dan memberikan label dalam artikel yang dibuat.

judul label isi artikel

2. Alamat URL label pada blogspot biasanya memiliki struktur yang sama, untuk itu Anda bisa menggunakan alamat ini dengan mengganti nama blog dan label yang sudah diberi tanda warna biru. http://situsdesa.blogspot.com/search/label/ternak

3. Masuklah ke halaman konfigurasi laman (sama degan poin nomor 5 membuat menu statis), kemudian pilih “+Tambahkan tautan eksternal”.

tambahkan tautan eksternal

4. Isikan nama menu dan alamat URL label pada kolom yang tersedia, kemudian simpan.

laman baru - alamat web

5, Simpan konfigurasi laman, maka menu dinamis sudah jadi. Jika langkah-langkah sudah dilakukann dengan benar maka penampakan halaman beranda blog akan seperti di bawah ini :

halaman beranda dengan menu

Tutorial membuat menu dinamis dan statis ini hanya merupakan teknis membuat menu saja, untuk masalah penempatan tata letak menu sangat tergantung pada selera masing-masing orang. Selamat berekplorasi, semoga sukses.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*