X
    Categories: Manajemen

7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Produk UKM

Bisa meningkatkan omset penjualan merupakan dambaan semua pengusaha, tak terkecuali bagi mereka yang mengelola UKM. Dengan meningkatnya omset penjualan, hal ini berarti usaha yang dijalankan mengalami perkembangan.

Diakui maupun tidak, banyaknya angka penjualan merupakan realitas usaha yang mencerminkan seberapa besar keuntungan usaha yang ada didalamnya. Semakin banyak transaksi penjualan, harusnya juga makin banyak omset penjualan yang diterima perusahaan.

Salah satu faktor (dari banyak faktor) yang mempengaruhi kegagalan usaha adalah penjualan produk yang rendah. Oleh karena itu berbagai upaya akan dilakukan oleh pengusaha untuk meningkatkan omset penjualan. Pengusaha manapun tidak mungkin rela kehilangan modal yang telah ditanam, baik modal yang berupa waktu, tenaga, pikiran maupun uang.

Meningkatkan Penjualan/Ilustrasi/image

Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengelola UKM agar dapat meningkatkan omset penjualan produknya diantaranya adalah:

1. Meningkatkan omset penjualan dengan Inovasi Produk

Bertahan di zona nyaman dengan produk yang sudah ada seringkali menjadi bencana banyak pelaku UKM. Inovasi produk bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan omset penjualan. Inovasi produk bisa dilakukan dengan menambah beberapa elemen dalam produknya, meningkatkan kinerja produk, ataupun hanya sekedar memperbaiki kemasan produk agar bisa tampil lebih kekinian.

2. Lebih fokus pada target pasar potensial

Untuk dapat meningkatkan omset penjualan, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan kembali mengevaluasi dan memfokuskan penjualan produk pada target pasar yang paling potensial. Untuk dapat menentukan target pasar secara baik, lakukan segmentasi pasar terlebih dahulu, yakni dengan membagi pasar menjadi beberapa kelompok.

Baca juga :

3. Memperbanyak pintu penjualan

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, membuka pintu penjualan produk bisa dilakukan lebih banyak lagi. Jika selama ini produk UKM hanya dipasarkan melalui penjualan offline, maka bergegaslah untuk melakukan penjualan melalui media online. Penjualan online ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan media sosial, membuka toko online, atau melalui pasar online yang ada. (Baca juga : Tips Sukses Bisnis Online Bagi Pemula)

Selain melakukan penjualan secara online, kembangkanlah jaringan bisnis Anda dengan melakukan kerjasama penjualan dengan pihak lain. Kerjasama dengan pihak lain ini bisa dilakukan dengan cara kongsinyasi maupun jual putus. Jika Anda memiliki modal cukup, membuka cabang usaha khusus untuk penjualan produk juga bisa dilakukan.

4. Promosi dengan perencanaan yang matang

Untuk dapat meningkatkan omset penjualan produk, melakukan promosi dengan perencanaan yang baik bisa dilakukan oleh pelaku UMKM. Merencanakan promosi usaha bisa dilakukan secara sederhana, misalnya dengan menetapkan periode waktu promosi, menetapkan list strategi promosi serta target yang ingin dicapai.

5. Membuat paket penjualan

Salah satu cara agar konsumen bisa melakukan pembelian produk dalam jumlah besar adalah dengan membuat paket penjualan. Paket penjualan produk ini bertujuan agar konsumen membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa dan sebagainya).

6. Insentif untuk konsumen

Cara lain untuk meningkatkan omset penjualan yang bisa dilakukan oleh UKM adalah dengan memberi insentif kepada konsumen apabila konsumen tersebut telah membeli secara berulang-ulang maupun melakukan pembelian produk Anda dalam jumlah tertentu. Pemberian Insentif ini bisa berupa potongan harga, diskon, gimmick hadiah, bonus, dan lain-lain.

7. Menambah Varian produk

Selain melakukan inovasi produk, salah satu strategi untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan mengembangkan varian produk. Pengembangan varian produk ini menjadi satu hal yang penting agar bisa memenuhi kebutuhan pasar yang telah ditargetkan. Varian produk ini bisa ditambah melalui ukuran produk yang berbeda, fitur, tipe, serta variasi produk lainnya.

View Comments